Widget HTML Atas

Dewatering Metode Predrainage

Dewatering Metode Predrainage

Masirawan.com - Dewatering merupakan sebuah proses pengeringan secara disengaja, pekerjaan sipil ini memiliki tujuan yaitu untuk mengendalikan air (air tanah ataupun permukaan) agar proyek konstruksi tidak terhambat.

Dewatering bertujuan untuk pelaksanaan pekerjaan bagian struktur yang ada dalam tanah dan dibawah muka air tanah. Tujuan utama dari dewatering ialah untuk menjaga area galian proyek agar tetap kering dan menjaga kestabilan lereng galian, dengan begitu proses penyelesaian pekerjaan konstruksi bisa cepat.

Ada manfaat tersendiri dari dewatering seperti mencegah pengembungan tanah, memperbaiki kestabilan tanah, mencegah sand boil, mencegah perembesan dan mencegah terjadinya erosi. Dewatering bisa dikerjakan dengan 3 metode yaitu:

  1. Metode predrainage
  2. Metode open pumping
  3. Metode cut off
Metode predrainage berguna untuk menurunkan muka air terlebih dahulu sebelum dilakukan penggalian dengan menggunakan wellpoints dan wells. Metode predrainage akan dilakukan apabila tanah berupa tanah lepas, cadas lunak berbutir, banyak celah dan tanah yang sensitif dengan erosi.

Metode predrainage sangat cocok untuk area tanah yang memiliki saluran pembuangan air dan debet air cukup besar. Metode ini tidak memiliki efek yang mengganggu bangunan di sekitar, namun sangat mengganggu bagi warga karena metode ini mengeluarkan polusi udara dan suara bising akibat terjadinya proses predrainage.

Ada dua proses predrainage yaitu dengan metode well points dan metode pompa dalam. Metode well points cara kerjannya menggunakan pompa atau vacum, sedangkan metode pompa dalam (deep well) mialah metode yang memanfaatkan gaya gravitasi untuk proses pengeringannya.

Anda bisa menggunakan jasa dewatering tambang yang sudah memiliki tim sangat berpengalaman dan ahli dibidangnya. Tidak hanya jasa dewatering tambang saja, https:sewatama.com/id/ juga sangat berpengalaman dalam urusan menangani dewatering industri petrokimia, properti, pertambangan, kelautan dan konstruksi.

Tidak ada komentar untuk "Dewatering Metode Predrainage"

Berlangganan via Email