6+ Tips Agar Tidak Terkena Sambaran Petir Menurut BMKG

Tips Agar Tidak Terkena Sambaran Petir

Masirawan.com - Bagaimana cara agar terhindar dari sambaran petir? Nah, pada kesempatan kali ini kami memberikan tips agar tidak terkena sambaran petir. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi acuan Anda dalam melindungi diri agar tidak terkena petir.

Baru-baru ini wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan, Anda harus selalu waspada karena dengan adanya hujan lebat pasti disertai dengan angin dan petir. Hujan yang deras disertai petir bisa membahayakan seseorang apabila terkena sambarannya.

Dilansir dari media sosial BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang membagikan tips menghindari petir yang bisa dilakukan agar Anda terselamatkan.

7 Tips agar tidak terkena sambaran petir


1. Menjauh dari kolam renang

Anda jangan melakukan aktivitas berendam atau berenang di kolam renang saat turun hujan deras disertai petir. Jika memang Anda sedang berada dikolam renang segeralah menjauh. Saat Anda didalam kolam renang sangat berbahaya karena petir dapat menghantar energi lewat air.

2. Segera masuk ruangan saat mendengar guntur

Ketika Anda beraktivitas diluar ruangan dan secara tiba-tiba mendengar suara guntur, sebaiknya langsung cari tempat berlindung. Tempat yang bisa melindungi Anda dari sambaran petir ialah didalam ruangan atau dalam mobil.

3. Jauhi obyek tinggi

Obyek tinggi biasanya berpotensi terkena sambaran petir, seperti menara, pohon ataupun tiang listrik. Sebaiknya Anda menjauhi obyek-obyek tersebut ketika melihat kilatan petir.

4. Jangan berdekatan dengan orang lain

Saat Anda berteduh diluar ruangan agar terhindar dari hujan dan petir. Saat berdiri, alangkah baiknya Anda jangan terlalu dekat dengan orang lain. Atur jarak kurang lebih 3-5 meter dengan orang lain agar Anda bisa terhindar dari sambaran petir.

5. Jangan mengendarai sepeda motor

Apabila hujan turun disertai sambaran petir alangkah baiknya Anda berhenti untuk mengendarai sepeda motor. Untuk menghindari besarnya resiko terkena petir.

6. Hindari lapangan

Saat Anda melakukan aktivitas seperti sepak bola, menanam di sawah dan lain sebagainya, segera mencari tempat aman agar terhindar dari hujan dan petir. Selain beberapa tempat diatas, ternyata petir juga sering menyambar di tanah lapang.

7. Jangan berteduh dibawah pohon

Jangan pernah berteduh dibawah pohon saat hujan turun disertai petir. Berteduh dibawah pohon sangat berbahaya karena pohon yang tersambar petir energinya bisa memantul ke tubuh Anda.


Tidak ada komentar untuk "6+ Tips Agar Tidak Terkena Sambaran Petir Menurut BMKG"

Berlangganan via Email