Bahayakah Menelan Permen Karet? Inilah Mitos dan Faktanya

Bahayakah Menelan Permen Karet? Inilah Mitos dan Faktanya
bahaya menelan permen karet

Masirawan.com - Sebagian orang menganggap bahwa mengunyah permen karet dapat menambah konsentrasi, menghilangkan rasa gelisah dan melawan stres. Sampai saat ini, banyak sekali mitos dan fakta yang beredar tentang efek mengunyah permen karet.

Apakah kamu pernah ketika mengunyah permen karet dan tidak disengaja kamu menelannya? Di masyarakat Indonesia ada mitos yang mengatakan bahwa menelan permen karet akan mengendap didalam tubuh selama 7 tahun. Apakah hal tersebut benar adanya? Simak fakta beserta mitosnya dibawah ini.

Bahayakah Menelan Permen Karet? Inilah Mitos dan Faktanya


Mitos

Dr Lisa Ganjhu dari NYU Langone Medical Center di New York menjelaskan tentang efek yang dialami oleh sistem pencernaan tubuh setelah tidak disengaja menelan permen karet. Permen karep sangat bisa melewati pencernaan ditubuh. hanya saja sedikit sulit untuk dicerna akibat dari teksturnya tersebut.

"Saluran GI (Gastrointestinal) adalah saluran panjang yang ada di tubuh dari mulut sampai anus. Saluran GI sangatlah kuat, jika kamu dapat mencerna daging yang alot, maka kamu pasti bisa mencerna permen karet," kata Gunjhu di The Sun.

Jadi dalam perut terdapat gerak peristaltik di lambung, enzim dan asam berguna untuk menghancurkan permen karet, kemungkinan tidak bisa tergerus habis apabila menempel pada usus kecil. Oleh karena itu mitos yang tersebar hingga saat ini tidak benar sama sekali.

Fakta

Salah satu ahli gastroenterologi di University of Chicago dan Associate Director of Adult Nutrition, Edwin McDonald memberikan penjelasan tentang mengunyah permen karet secara berulang kali.

"Menelan permen karet secara berulang kali bisa menyebabkan bezoar, atau sebagian kecil sisa dari permen tidak bisa dicerna dan dapat menyebabkan penyumbatan pada usus." ujar Edwin.

Melihat dari beberapa penjelasan diatas kamu tidak perlu khawatir apabila tak disengaja menelan permen karet, karena tidak berdampak apa-apa pada tubuh kamu. Semoga bermanfaat. Lifestyle

Belum ada Komentar untuk "Bahayakah Menelan Permen Karet? Inilah Mitos dan Faktanya"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...