Tips Memilih Mainan untuk Anak Bailta

Daftar Isi [Tampil]
permainan anak yang mendidik

Masirawan.com - Bermain merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Dengan memilih permainan anak yang mendidik, selain dapat mengisi waktu luang anak, juga bisa membantu melatih perkembangan mental dan fisik anak.

Sebagai orang tua, Anda harus bisa memilihkan mainan yang sesuai dengan umurnya. Banyak sekali mainan yang sesuai untuk balita. Bukan hanya mainan saja, Anda juga harus bisa memahami beberapa perilaku anak yang berusia 1 tahun.

Beberapa perilaku Balita/Anak usia 1 tahun



  1. Suka menirukan apa yang dilakukan orang tua, misalnya berpura-pura merias diri.
  2. Anak usia 1 tahun memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sering kali memainkan permainan yang berbeda. Maka tak heran, ada orang tua yang membelikan berbagai macam mainan untuk anaknya.
  3. Anak sudah memahami apa yang orang tua ucapkan. Jadi berhati-hatilah ketika mengucapkan sesuatu di depan anak.
  4. Mengucapkan kata-kata atau suara dalam bahasa yang hanya dia tahu saja.
  5. Sudah bisa menunjukan perasaannya seperti tersenyum, mencium, memeluk dan bertepuk.
  6. Ketika orang tua ingin memakaikan baju, maka anak mengantisipasi apa yang akan Anda lakukan, seperti mengulurkan tangannya agar dipakaikan baju.

Memilih mainan yang sesuai untuk anak

Dalam memilihkan mainan untuk anak, sebaiknya Anda bisa memahami mainan apa saja yang cocok untuk anak usia 1 tahun misalnya sebagai berikut:

1. Mainan Rumah-rumahan

Mainan jenis ini dapat membantu perkembangan fisik anak dan merangsang rasa ingin tahunya yang tinggi, karena anak dapat berjalan ataupun merangkan agar bisa masuk ke mainan rumah-rumahan tersebut.

2. Walker (mainan yang membantu anak untuk berjalan)

Anda juga bisa memberikan walker yang merupakan mainan untuk membantu anak berjalan. Walker memiliki tombol suara atau musik, biasanya akan bersuara apabila tombolnya ditekan, dengan adanya tombol-tombol dan suara yang berbeda maka anak dapat menghafal tombol mana mengeluarkan suara yang dia suka.

Ketika anak bermain menggunakan walker, sebaiknya orang tua harus selalu mengawasi setiap pergerakannya, karena walker bisa saja menabrak dinding ataupun terbalik. Bahkan, di beberapa negara maju mainan walker sudah tidak diperbolehkan.

Anda bisa memilih walker yang tidak ada rodanya, agar anak ketika belajar berjalan bisa dengan duduk ditempatnya dan bisa digeser kearah mana saja dengan aman.

3. Mainan motor atau mobil-mobilan

Anak biasanya menyukai jenis mainan ini, Mainan kendaraan itu seperti motor atau mobil-mobilan, dengan mainan jenis tersebut bisa digerakan dengan tangan dengan panduan Anda sebagai orang tua. 

Anak akan belajar mengucapkan kata kata seperti "maju","mundur","stop","belok kiri" dan "belok kanan". Nah, dengan membelikan mainan kendaraan anak dapat belajar mengucapkan kata-kata baru.

4. Mainan untuk mengenal huruf, bentuk dan warna

Mainan ke empat ini sangat penting untuk melatih daya ingat anak dalam berbagai hal. Mainan ini bisa digabung dengan mainan rumah-rumahan agar dapat melatih logika, fisik dan daya ingat.

5. Mainan dengan tema binatang

Mainan yang bertemakan binatang bisa dimainkan dengan duduk tanpa terlalu menggerak motorik kaki. Anda bisa mengajarkan untuk mengingat nama-nama dari berbagai macam jenis binatang hanya dengan melalui mainan.

Peran orang tua untuk menemani anak bermain sangatlah penting, dengan cara itu Anda bisa  memantau perkembangan anak. Bermain dengan Anda bisa melatih interaksi anak dengan orang tuanya serta berinteraksi dengan anak dengan barang dan lingkungan disekitarnya. Dengan adanya beberapa pilihan mainan yang sudah disebutkan tadi, semoga bisa membantu Anda dalam memilih mainan yang tepat untuk anak. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Mainan untuk Anak Bailta"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.
Dilarang berkomentar dengan memberi link dan akan di anggap spam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel