Widget HTML Atas

5 Kebiasaan Sehari-hari yang dapat Mengganggu Kesehatan Otak

kebiasaan yang mengganggu kesehatan otak

Masirawan.com - Kebanyakan orang yang memperhatikan kesehatannya pasti melihat dari kondisi kulit, jantung, ginjal ataupun ukuran pinggangnya. Selain itu semua, otak juga harus diperhatikan, karena otak merupakan organ penting yang memainkan peran hampir semua fungsi pada tubuh.

Otak sangat sensitif dan kondisinya sangat di pengaruhi gaya hidup kita. Apa yang kita minum, makan, bahkan ketika berinteraksi dengan seseorang dapat meningkatkan kesehatan atau membahayakan bagi kesehatan otak kita. Berikut 5 kebiasaan yang berdampak buruk pada otak yang mengutip dari Medical Daily.

5. Kebiasaan Dapat Mengganggu Kesehatan Otak


1. Kualitas tidur buruk

Tidak cukup tidur malam dalam waktu yang lama bisa membahayakan otak kita serta meningkatkan gangguan neurologis. Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan racun dan produk sampingan lainnya dari otak. Kurang tidur dapat terjadi pembentukan zat berbahaya.

2. Stres

Stres menyebabkan produksi hormon steroid/kortisol. Memiliki kortisol yang berlebih di tubuh dihubungkan dengan ketidakseimbangan hormon, berat badan bertambah, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

3. Menutup kepala saat tidur

Tidur dengan menutup kepala menggunakan selimut ataupun bantal dapat membahayakan ptak karena kurangnya asupan oksigen. Karena saat menutup kepala Anda mengambil napas di udara yang baru saja dihembuskan. Kurangnya oksigen yang mengalir di otak bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

4. Latihan fisik dan mental yang buruk

Menjaga tubuh dan fikiran dapat meningkatkan kesehatan otak. Kurang melakukan aktifitas berolahraga menyebabkan daya ingat berkurang atau bisa disebut demensia. Kegiatan yang tepat untuk merangsang otak ialah bersosialisasi ataupun membaca.

5. Kurang minum

Ternyata kurang minum tidak hanya berakibat fatal bagi tubuh melainkan juga bagi otak. Dehidrasi bisa menyebabkan migran, cemas, marah, kelelahan dan suasana hati berubah. Otak mengandung air, saat tubuh mengalami dehidrasi maka volume orgak berkurang serta dapat mempengaruhi fungsi-fungsinya.

Tidak ada komentar untuk "5 Kebiasaan Sehari-hari yang dapat Mengganggu Kesehatan Otak"

Berlangganan via Email