Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Nabi

Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Nabi
manfaat tidur miring ke kanan

Masirawan.com - Mungkin tak sedikit orang yang tau tentang posisi tidur bisa berdampak pada kesehatan organ tubuh. Bahkan, sudah ada media online internasional yang memuatnya yaitu New York Times yang menyebutkan bahwa posisi tidur hadap kanan lebih baik daripada hadap kiri.

Pada tahun 2003 lalu ada medis yang melakukan penelitian tentang tidur miring ke kanan dapat mengurangi resiko kegagalan pada fungsi jantung. Karena dengan tidur posisi ke kanan tidak menyebabkan jantung tertindih dengan organ lain.

Bukan hanya untuk jantung saja, ternyata tidur miring ke kanan juga bermanfaat untuk organ lain seperti, lambung, optak dan lain sebagainya. Lalu apa saja organ yang dapat merasakan manfaat dari posisi tidur hadap kanan? simak dibawah ini.

Manfaat tidur miring ke kanan


1. Mengurangi beban jantung

Posisi tidur miring ke kanan memungkinkan cairan darah mengalir secara rata dan terkonsentrasi pada sebelah kanan bawah. Hal inilah yang menyebabkan beban aliran darah yang masuk & keluar jantung lebih rendah, tekanan darah turun dan denyut jantung melambat yang bisa membantu kualitas tidur.

2. Otak kiri dapat beristirahat

Tidur hadap kanan dapat mengistirahatkan otak bagian sebelah kiri. Otak manusia terbagi jadi dua bagian, otak kanan dan otak kiri. Otak kanan adalah otak yang mempersarafi tubuh di bagian kiri begitupun sebaliknya. Semua syaraf tubuh sebelah kanan yang menggerakan ialah otak bagian kanan. Oleh karena itu posisi tidur kanan sangat bermanfaat untuk otak bagian kiri terhindar dari bahaya akibat terhambatnya aliran darah.

3. Mengistirahatkan kaki kiri

Dengan tidur hadap kanan dapat mengistirahatkan kaki kiri, karena ketika beraktifitas cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pembebannya. Oleh karena itu biasanya yang paling pegal ialah kaki kiri dari pada kaki kanan. Jika kamu tidur posisi hadap kanan maka bisa mengkosongkan vena kaki kiri sehingga rasa pegal cepat hilang.

4. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi

Saat seseorang tidur pergerakan usus dapat meningkat. Dengan posisi hadap kanan, makanan yang sudah tercerna dan siap diserap akan jadi lebih lama, karena posisi usus halus sampai usus besar berada dibawah. Hal tersebut memungkinkan penyerapan jadi semakin baik.

5. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu serta Pankreas

Pada organ tubuh terdapat yang namanya chime. Apabila aliran chime lancar dapat menyebabkan keluaran cairan empedu jadi meningkat. Hal tersebut dapat mencegah pembentukan batu kandung empedu. getah pankreas juga meningkat ketika tidur miring ke kanan.

6. Mengistirahatkan Lambung

Seseorang yang tidur posisi hadap kiri dapat menyebabkan proses pengeluaran chime akan sedikit terganggu, hal ini bisa memperlambat proses pengosongan pada lambung. Hal ini dapat meningkatkan asam yang bisa membuat erosi pada dinding lambung.

7. Merangsang BAB (Buang Air Besar)

Dengan tidur miring ke kanan menyebabkan proses pengisian usus besar akan cepat penuh, jika sudah penuh dapat merangsang gerak usus besar. Sehingga memudahkan kamu ketika ingin bab.

Sebelum medis menemukan pengetahuan ini ternyata jaman Nabi Muhammad SAW pada 1400 tahun silam sudah pernah diajarkan. Dalam HR. Bukhari dan Muslim, Nabi mengajarkan agar tidur diatas rusuh bagian kanan, dalam artian tidur miring ke kanan. Hadist riwayatnya sebagai berikut :

(HR. Bukhari.)“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan. ”


Lifestyle

Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan Sesuai Sunnah Nabi"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...