Anak Suka Hujan-hujanan? Inilah Manfaat dan Tips agar Aman

Anak Suka Hujan-hujanan? Inilah Manfaat dan Tips agar Aman
manfaat air hujan bagi anak

Masirawan.com - Tidak sedikit orang tua ketika anaknya ingin main hujan-hujanan tidak diperbolehkan. Karena orang tua khawatir dengan kesehatan anaknya, biasanya alasan utama ialah air hujan bisa menyebabkan sang buah hati menjadi sakit demam dan lain sebagainya.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa dengan main hujan anak bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat untuk tubuh mereka. Bukan hanya itu, hujan tidak selalu membawa penyakit untuk anak. Lalu apa saja manfaat hujan-hujanan bagi anak? simak dibawah ini.

Manfaat Hujan-hujanan untuk Anak


1. Menambah kemampuan fisik dan motorik

Ketika buahhati bermain hujan-hujanan, dia akan menggerakan seluruh tubuh untuk berlari atau melompat dan menengok keatas untuk melihat sumber air hujan turun, menendang genangan air, menadah air di tangan dan merasakan perubahan sensor indra dari panas ke dingin.

Aktivitas diatas dapat merangsang stimulasi motorik dan kemampuan fisik secara optimal. Terutama kulit yang langsung terkena hujan.

2. Menambah pengetahuan Anak

Saat anak bermain hujan, Anda bisa ikut hujan-hujanan sambil menjaga anak. Anda bisa menjelaskan ke si kecil tentang hujan, dari manakah hujan turun, hujan-hujanan lama bisa menyebabkan apa, atau pertanyaan lainnya dari si kecil.

Anak sering bertanya karena itu hal tersebut sangat wajar karena rasa ingin tau yang sangat tinggi.


3. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas Anak

Tidak hanya orang dewasa saja ketika air hujan turun akan muncul imajinasi kreatif. Ternyata, saat anak bermain hujan, kreativitas dan imajinasi mereka akan muncul.

Misalnya, menyiram tanaman dengan air hujan, membuat perahu kertas dan dimainkan di genangan dan masih banyak lagi. Jadi bagaimana para orang tua apakah masih melarang anak untuk main hujan?.

Tips agar Aman Ketika Anak Main Hujan


1. Jangan di hujan pertama

Ketika ingin mengizinkan anak bermain hujan, sebaiknya hindari hujan pertama kali turun. Karena yang turun pertama kali selang beberapa waktu hujannya akan berhenti hal tersebut berfungsi membersihkan polusi udara.

Debu, kotoran dan polusi udara akan bersamaan dengan air hujan. Maka hal tersebutlah yang bisa menyebabkan anak menjadi sakit. Oleh karena itu agar buah hati terhindar dari sakit sebaiknya tunggu hingga hujan ke3 dalam beberapa hari.

2. Setelah main hujan langsung mandi air hangat

Setelah anak main hujan diluar rumah, segera lepas baju anak yang basah tersebut. Jika pakaiannya tidak dilepas maka kelembabannya bisa meresap ke paru-paru anak Anda.

Jangan lupa membersihkan tubuhnya karena ditemani dengan air hangat agar anak tidak kedinginan. Disarankan untuk orangtua agar menggosok dan merendam kaki anak dengan air garam hangat atau bisa menggunakan sabun antiseptik, gunanya mencegah bakteri yang terbawa dari air hujan.

3. Beri makanan hangat dan segera tidur

Suhu udara saat hujan turun memang sangat dingin dan tidak bisa dihindari. Setelah anak selesai main hujan dan membersihkan tubuhnya, alangkah baiknya Anda memberikan makan atau minuman hangat seperti teh, susu ataupun sup.

Setelah kenyang, jangan lupa untuk beristirahat, karena fisik dan tenaga anak pasti terkuras habis saat main hujan-hujanan dengan teman sebelumnya. Dengan beristirahat cukup juga bisa menghindari anak dari sakit.

Mungkin hanya itu saja tentang pembahasan manfaat dan tips aman saat anak main hujan. Semoga bermanfaat bagi orangtua. Sekian dan terima kasih. Informasi

Belum ada Komentar untuk "Anak Suka Hujan-hujanan? Inilah Manfaat dan Tips agar Aman"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...