Gejala Dari Penyakit Scabies Pada Anak

Gejala Dari Penyakit Scabies Pada Anak
penyakit scabies

Sudahkah anda mengenal penyakit yang satu ini? Penyakit scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena adanya kutu Sarcoptes Scabiei. Penyakit ini cukup berbahaya dan paling sering menyerang pada anak. Bahkan, termasuk pada salah satu penyakit yang menular dan membutuhkan pengobatan serius. Jika tidak diobati tentu sangatlah berbahaya.

Banyak dari para orang tua yang mungkin belum sadar mengenai gejala dari penyakit ini. Bahkan, untuk penularannya sendiri dapat dilakukan dengan begitu cepat. Jadi, sudah pasti akan sangat berbahaya. Sebelum muncul penyakit ini, tentu terdapat gejala dari terkena kutu Scabies. Apa saja gejala dari penyakit scabies? Simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Beberapa Gejala Dari Penyakit Scabies


Cukup banyak gejala yang timbul dari adanya penyakit ini pada tubuh anak-anak. Berikut beberapa gejalanya:

Kulit Menjadi Bersisik


Gejala pertama yang palin banyak terjadi yaitu adanya kulit menjadi sisik. Gejala ini sangat sering timbul pada beberapa anak. Terutama, mereka yang memang memiliki daya tahan tubuh rendah. Jadi, penularannya dan penyebaran akan menjadi begitu cepat. Biasanya, untuk kulit yang menjadi bersisik ini pada beberapa bagian saja.

Tentunya, bagian yang memang terkena gigitan dari kutu tersebut. Anak bisa saja kurang memahami masalah yang satu ini. Jadi, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Dalam penanganannya juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, sangat disarankan untuk bisa berkonsultasi langsung ke ahlinya jika masalah ini sudah muncul.

Rasa Gatal Berlebihan


Gejala selanjutnya yang terjadi pada anak yaitu rasa gatal berlebihan. Ya, rasa gatal yang berlebihan ternyata bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit ini. Keadaan ini bisa menjadi memburuk pada malam hari. Selain itu, bisa juga lebih buruk setelah mandi dengan menggunakan air panas. Sebaiknya, jangan pegang dan garuk kulit yang terasa gatal.

Karena, jika digaruk maka akan membuat infeksi pada kulit. Serta, membuat penyebaran penyakit menjadi semakin luas. Parahnya lagi, bisa membentuk luka yang sulit disembuhkan pada kulit. Gejala ini sangat jelas terjadi, maka bisa dilakukan penanganan dengan segera mungkin.

Muncul Banyak Ruam Kulit


Warna merah yang muncul pada kulit anak perlu anda waspadai! Jangan-jangan, itu merupakan gejala dari adanya penyakit scabies pada anak. Ruam ini muncul satu hari setelah anak terinfeksi penyakit tersebut. Namun, untuk penyebarannya memang tidak banyak secara langsung. Tetapi, akan dilakukan dengan perlahan.

Saat kulit terasa gatal, disinilah ruam akan semakin menyebar dengan lebih banyak. Penanganan khusus dan cepat sangat diperlukan dalam hal ini. Penanganan yang tepat akan membuat ruam kulit menjadi cepat terselesaikan. Jangan sampai menyebar, karena bisa sangat berbahaya.

Kulit Melepuh


Parahnya lagi, gejala yang bisa ditimbulkan yaitu kulit menjadi melepuh. Ya, anda mungkin tidak percaya mengenai hal ini. Faktanya, sudah banyak sekali kasus yang terjadi pada anak mengenai penyakit dari kutu ini. Kulit yang melepuh ini sangat berbahaya jika tidak dilakukan penanganan pada ahlinya.

Setelah terjadi hal ini, segera lakukan konsultasi ke dokter. Karena, dokter akan memberikan saran dan rekomendasi dalam penanganannya. Jangan biarkan masalah ini tanpa solusi, penyebarannya bis cepat dan resiko kesehatan menjadi taruhannya!

Begitulah ulasan lengkap mengenai beberapa gejala dari penyakit scabies. Jika sudah muncul gejala di atas, sebaiknya lakukan penanganan dengan segera. Setidaknya, bisa melakukan cek apakah benar anak terinfeksi kutu tersebut. Semoga bermanfaat! Informasi

2 Komentar untuk "Gejala Dari Penyakit Scabies Pada Anak"

  1. bahaya nih mas harus diperhatikan terus anak kita siapa tahu terkena penyakit ini

    BalasHapus
  2. Kasihan juga kalau anak-anak sakit ya mas, semangat jaga kesehatan dan kebersihan tiap hari.

    BalasHapus
Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...