Kamu Sering Lupa? Lakukan Cara Ini Agar Daya Ingat Meningkat

Kamu Sering Lupa? Lakukan Cara Ini Agar Daya Ingat Meningkat
cara meningkatkan daya ingat

Masirawan.com - Lupa biasanya faktor usia yang bertambah, daya ingat biasanya ikut berkurang. Biasanya kondisi pikun atau mudah lupa dipengaruhi dari faktor genetik. Tapi tak sedikit penelitian yang menyimpulkan bahwa gaya hidup dan pola makan juga memberi efek besar terhadap daya ingat pada manusia.

Semua orang pasti tidak ingin mudah lupa, apalagi ketika kamu janjian untuk bertemu dengan dan teman, sedangkan kamu lupa kalau memiliki janji, pasti hal tersebut bisa membuat teman kamu menjadi kesal. Jika kamu sering lupa dan ingin meningkatkan daya ingat dengan cara alami, kamu bisa lakukan beberapa hal dibawah ini untuk meningkatkan daya ingat.

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat


1. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga berpengaruh dalam meningkatkan daya ingat manusia. Orang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas menyebabkan perubahan negatif di gen memori pada otak.

Obesitas juga mudah terserang penyakit seperti Alzheimer atau progresif yang dapat menyebabkan hancurnya fungsi memori otak.

2. Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Tak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat. Karena adanya kedua asam tersebut sangat penting untuk kesehatan otak.

3. Selalu Memperhatikan Kualitas Tidur

Tidur dapat meningkatkan daya ingan seperti yang dijelaskan penulis Matthew Walker, PhD yang menjabat direktur Sleep and Neuroimaging Laboratory BIDMC bahwa masa tidur dapat membantu meningkatkan kinerja dari tugas-tugas memori.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Untuk meningkatkan daya ingat, alangkah baiknya kurangi konsumsi gula. Gula menyebabkan penyakit diabetes yang mengakibatkan mudah lupa. Penelitian pun menunjukkan diet gula juga menurunkan daya ingat serta volume pada otak.

5. Meditasi

Meditasi dapat menenangkan pikiran, meningkatkan daya ingan dan mengurangi stres. Meditasi pun terbukti dalam meningkatkan materi abu-abu otak.

Materi abu-abu mengandung badan sel neuron. Dengan bertambahnya usia materi abu-abu pun akan menurun dan berdampak negatif pada daya ingat. Teknik relaksasi dan Meditasi dapat meningkatkan daya ingat janga pendek dari yang berusia 20 tahun sampai lansia.

6. Pilih Makanan Mengandung Antioksidan

Makanan yang kaya oksidan dapat membantu kamu dalam meningkatkan daya ingat. Makanan mengandung antioksidan bisa kamu temui dari berbagai macam buah, teh hijau dan sayuran. Lifestyle

Belum ada Komentar untuk "Kamu Sering Lupa? Lakukan Cara Ini Agar Daya Ingat Meningkat"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...