Inilah ! 6 Arti Kode yang Terdapat pada Botol Plastik

Inilah ! 6 Arti Kode yang Terdapat pada Botol Plastik
arti kode pada botol plastik

Masirawan.com - Apa maksud kode yang ada di botol plastik? Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas di fikiran kamu. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas 6 Arti Kode yang Terdapat di Botol Plastik Air Mineral. Kode tersebut memiliki arti yang berbeda dalam hal penggunakan botol dengan bahan plastik.

Biasanya kode-kode pada botol plastik minuman memiliki bentuk segitiga dengan simbol yang bermacam-macam. Kode tersebut dirilis oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi lembaga pengembang kode.

6 Arti Kode pada Botol Plastik


1. Kode HDPE (High-Density Polyethylene)

HDPE adalah plastik yang kaku biasanya digunakan untuk produk botol minuman susu, gallon air, deterjen ataupun minyak botol. Plastik yang disertai kode ini biasanya lebih keras, tahan suhu tinggi dan bahannya kuat.

HDPE menjadi salah satu bahan plastik digunakan untuk daur ulang. Hal tersebut dikarenakan bahan plastik ini dapat mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik dengan minuman atau makanan yang dimasukkan ke dalam kemasan tersebut. Namun, sebaiknya digunakan sekali pakai saja, jika sering digunakan maka senyawa antimony tri bisa terlepas.

2. Kode LDPE (Low Density Polyethylene)

Kode kedua ini yaitu LDPE, tipe plastik ini dibuat dari minyak bumi. LDPE ini digunakan untuk tempat makanan, botol lembek atau plastik kemasan. Jenis plastik ini sangat tepat untuk menyimpan makanan karena daya mencegah uap airnya maksimal. Akan tetapi tidak baik untuk menyimpan bahan jenis gas misalnya oksigen.

3. Kode PETE atau PET (Polyethylene Etilen Terephalate)

Kode ini memiliki bentuk segitiga disertai angka 1 dan terdapat tulisan PETE atau PET. Botol ini biasanya digunakan untuk tempat air mineral. Fisik botol ini mudah di lihat dari warnanya yang transparan atau jernih. Arti dari kode tersebut yaitu hanya bisa digunakan sekali saja. Secara garis besar tidak boleh digunakan berulang kali atau didaur ulang.

4. Kode PVC (Polyvinyl Chloride)

Kode keempat yaitu PVC. Biasanya kode ini memiliki warna merah disertai angka 3 ditengahnya dan terdapat simbol huruf V. Kode ini memiliki arti bahan plastik yang sulit untuk di daur ulang.

Kode ini biasanya terdapat pada plastik pembungkus dan botol. Reaksi botol PVC dengan minuman yang didalamnya dapat menimbulkan hal yang membahayakan pada bagian organ tubuh pada ginjal, berat badan dan hati. Alangkah baiknya jangan gunakan botol plastik ini untuk menyimpan air minuman ataupun makanan.

5. Kode PS (Polystrene)

Kode botol PS harus kamu hindari karena dapat membahayakan kesehatan pada otak, mengganggu hormon estrogen pada pertumbuhan tubuh dan sistem syaraf. Sedangkan untuk mendaur ulang bahan plastik ini sangat lama sekali. Biasanya bahan ini terdapat pada kemasan untuk tempat makanan styrofoam.

6. Kode PP (Polyproylene)

Kode terakhir yaitu PP, karakteristik botol ini transparan atau berawan. Botol ini tergolong paling baik untuk menyimpan makanan ataupun minuman.

Mungkin hanya itu saja tentang 6 Arti Kode yang Terdapat di Botol Plastik, semoga dapat menambah pengetahuan kamu agar ketika menyimpan makanan atau minuman agar lebih berhati-hati. Sekian dan terima kasih Informasi

Belum ada Komentar untuk "Inilah ! 6 Arti Kode yang Terdapat pada Botol Plastik"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...