Beberapa Masalah Google Chrome Yang Sering Muncul

masalah google chrome

Beberapa Masalah Google Chrome Yang Sering Muncul - Google chrome merupakah salah satu aplikasi yang digemari oleh banyak orang saat ini. Tak luput pengguna android juga memakai karena ketersediaan browser ini membawa sejuta manfaat. Tidak hanya pengguna android saja, melainkan mereka yang lebih menyukai memakai laptop dan komputer dekstop pun memakai juga.

Pengguna sudah semakin dimudahkan dengan adanya fitur extension yang disediakan oleh pengembang aplikasi tak lain adalah mesin pencari Google. Tetapi, kamu akan menjumpai berbagai macam masalah yang sangat mengecewakan ketika sedang memakai google chrome.

Permalahan tersebut diantaranya adalah tab sering ngefreeze atau ngadat istilahnya, masalah crash pada ekstensi dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan masalah pada google chrome ini yang membuat kita frustasi dan emosi.

Mengenal Masalah Google Chrome

Memang tampilan chrome sangat sederhana dan nyaman, selain tampilannya ternyata google chrome juga dimintasi penggunanya karena disebut sebagai browser tercepat dan paling stabil ketimbang browser - browser lainnya seperti mozila firefox dan opera browser.

Nah mengenai masalah yang sering terjadi pada google chrome, untuk menenangkan pikiran kamu semua. Saya akan membagikan sulusi untuk tiap masalah yang akan dibahas, langsung saja penjelasan selengkapnya.

1. Saat Membuka Tab Google Chrome Sering Freeze

Masalah pertama ini sering banget dijumpai oleh pengguna google chrome. Jadi, kamu bisa mengalami hal serupa di semua perangkat seperti android dan komputer desktop.Ketika kamu mengalami masalah ini, beberapa hal dibawah akan memberikan kamu solusinya.
  • Solusi pertamanya adalah kamu dapat menghilangkan tanda ceklis pada ekstensi chrome atau menonaktifkan ekstensi nya terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi apakah masalah tab freeze itu berasal dari ekstensinya.
  • Jika masalahnya belum kelar juga, kamu bisa melakukan reset pengaturan google chrome kamu. Caranya kamu bisa mengakses Settings > Show Advance Settings > Reset Settings, carilah opsi Reset untuk melakukan pemulihan data ke default.

2. Saat Buka Google Chrome Terjadi Crash

Masalah selanjutnya ialah browser chrome kamu sering mengalami crash saat ingin membukanya. Hal tersebut disebabkan oleh kamu kebanyakan membuka tab atau terdapat malware yang menginfeksi perangkat kamu, bisa juga semacam sistem lain yang memberatkan kinerja komputer dan laptop.

Kamu pasti tahu kan bahwa google chrome itu akan memakan RAM berlebihan ketika dijalankan. Oleh karena itu, keberadaan malware dan jumlah tab yang banyak justru membuat crash dan not responding pada browser chrome.

Kamu bisa mengatasinya kok, menggunakan cara berikut :

  • Kamu bisa restart terlebih dahulu browsernya.
  • Jika masih mengalami hal yang sama, lakukan pembersihan seperti hapus data dan cache browser.
  • Langkah terakhirnya adalah kalian tetap merelakan semua data - data yang tersimpan di chrome karena kamu harus melakukan cara re-install atau install ulang google chrome.
  • Namun sebelumnya, kamu bisa mengecek versi chrome kamu jika kamu tidak pernah melakukan update tentu bisa crash saat dipakai.
  • Jadi, kamu bisa memperbarui dulu sebelum install ulang.

3. Muncul Browser Chromium

Masalah selanjutnya di google chrome adalah terdapat sebuah aplikasi browser mirip chrome namun dengan tampilan ikon berwarna biru. Itu sebenarnya tidak apa – apa jika dibiarkan namun akan bermasalah jika kamu menggunakan kedua browser.

Karena chrome dan chromium itu dapat memakan space yang tak sedikit, oleh karenanya kamu harus menghilangkan chromium secepatnya untuk memperbaiki masalah google chrome ini.

4. Sering Membuat Tab Baru

Sangat menjengkelkan sekali apabila tab baru pada google chrome ini terus - terusan terbuka sendiri. Masalah ini umumnya diakibatkan oleh website yang kalian kunjungi terdapat banyak iklan. Tapi bisa juga ada virus yang menyelinap masuk ke dalam perangkat kamu.

Bagi yang ingin mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan solusi berikut :
  • Kamu dapat melakukan scanning virus menggunakan aplikasi antivirus yang ada di perangkat.
  • Bersihkan juga cache da data aplikasi browser.
  • Menggunakan ekstensi adblocker untuk mengatasi tab sering membuka sendiri, apapun jenisnya, selama adblocker, saya yakin masalah ini akan segera pulih.
Demikian ulasan ini saya sampaikan, dengan adanya pembahasan ini kamu tentu bisa mengatasi masalah – masalah yang akan timbul ketika menggunakan google chrome, semoga bermanfaat.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.