Pengertian XAMPP, Fungsi dan Bagiannya Lengkap 2019

Pengertian XAMPP, Fungsi dan Bagian-bagiannya Lengkap 2019- Pada kesempatan kali ini MASIRAWAN akan membagikan tentang XAMPP, mungkin istilah tersebut hanya dikenali sebagian orang saja. Namun bagi yang menyukai di dunia pemograman atau kuliah dijurusan teknik informatika pasti sudah mengetahui istilah XAMPP. Aplikasi Xampp merupakan aplikasi pertama kali yang digunakan sebagai media pembelajaran di kampus ataupun smk.

Pengertian XAMPP, Fungsi dan Bagiannya Lengkap 2019

Fungsi XAMPP sebagai server pribadi. Server tersebut bisa digunakan sebagai latihan bagi developer ataupun mahasiswa untuk melakukan demo dari hasil progammer. Oleh karena itu, aplikasi ini wajib diinstall di laptop masing-masing untuk mahasiswa/siswa gunannya untuk menunjang kinerja sehari-hari.

Pengertian XAMPP

Pengertian Xampp adalah sebuah software atau perangkat lunak bebas yang mendukung bermacam-macam sistem operasi yang merupakan gabungan dari berbagai program. XAMPP dibuat oleh Apache Friends yang berkolaborasi dengan Tim Inti (Core Team), Tim Pendukung (Support Team) dan Tim Pengembang (Development Team). Sedangkan istilah kata XAMPP memiliki arti sebagai berikut :

X : Aplikasi ini bisa di install dan dijalankan diberbagai sistem operasi seperti liux, mac os, solaris dan windows.
A : Apache adalah aplikasi web server yang berupa halaman web dan berasalh dari kode PHP yang ditulis oleh developer.
M : MySQL adalah aplikasi database server dan biasanya dikenal sebagai SQL yang digunakan untuk menambah, mengelola, menghapus, mengubah data didalam database.
P : PHP adalah bahasa pemograman web yang digunakan untuk membuat halaman dinamis. Sistem manajemen database biasanya menggunakan bahasa PHP. Namun penggunaan bahasa PHP juga digunakan untuk microsoft access, interbase, database oracle, postgreSQL dan D-Base.
P : Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk segala keperluan pada mesin Unix. Perl ini terbagi dalam macam-macam sistem operasi Unix seperti DOS, Windows, BeOS, VMS, BSD, HP-UX, dan lain sebagainnya.

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP adalah sebagai server lokal yang berdiri sendiri (localhost) yang terdiri dari program MySQL database, Apache HTTP Server, Perl dan PHP. Aplikasi XAMPP disediakan secara gratis dan Anda bisa mendownloadnya di laman resminya apachefriends.org.

Xampp berfungsi sebagai demo atau tampilan website yang pada akhirnya website tersebut akan dirilis di publik secara online. Uji coba tersebut biasanya dilakukan oleh developer pada localhost sebelum akan diluncurkan pada server online.

Bagian-Bagian XAMPP

Xampp merupakan web server lokal memiliki berbagai bagian yang sama dengan webserver online misalnya hosting. Terdapat 3 bagian yang mendukung kinerja developer dalam menjalankan aplikasi XAMPP yaitu Phpmyadmin, Htdocs dan Control Panel.

1. Htdocs adalah sebuah folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti HTML, PHP dan script lain yang digunakan untuk halaman website. Secara kapasitasnya, XAMPP bergantung terhadap kapasitas hardisk laptop milik Anda. Sedangkan untuk menggunakan hosting online, maka tergantung pada pilihan waktu Anda membeli hosting.

2. phpMyAdmin adalah tempat untuk mengelola database MySQL yang ada dikomputer atau laptop. Untuk mengakses phpMyAdmin Anda harus membuka browser terlebih dahulu, lalu ketik http://localhost/phpmyadmin nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

3. Control Panel adalah layanan untuk mengelola XAMPP baik untuk mengontrol mulai atau berhentinya program dan layanan servis lainnya. Jika secara online didalam VPS atau hosting dikenal sebagai CPanel.

Penutup

Mungkin hanya itu yang bisa MASIRAWAN sampaikan tentang pengertian XAMPP, fungsi dan bagian-bagiannya secara lengkap. Dengan adanya aplikasi XAMPP bertujuan untuk mahasiswa/siswa membuat demo web yang nantinya akan diluncurkan secara online menggunakan hosting berbayar. XAMPP bisa Anda download gratis. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ke media sosial Anda.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian XAMPP, Fungsi dan Bagiannya Lengkap 2019"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel