Skip to main content

Pengertian Benefit dalam Ekonomi dan Menurut Para Ahli

Pengertian Benefit dalam Ekonomi dan Menurut Para Ahli - Pengertian Benefit adalah sebuah imbalan jasa atau kebutuhan yang berguna untuk melancarkan proses kerja, sebagai contoh seorang reseller suatu barang maka dia akan mendapatkan imbalan jasa (benefit) dari menawarkan barang tersebut. Namun sebenarnya benefit seperti kompensasi mengandung arti yang mencakup balas jasa finansial ataupun non-finansial. Kompensasi merupakan balas jasa baik secara tidak langsung berupa penghargaan (non-finansial) maupun secara langsung berupa uang (finansial).

Pengertian Benefit dalam Ekonomi dan Menurut Para Ahli

Dalam buku Principle of Personal Management, benefit atau kompensasi adalah harga yang diberikan oleh orang lain bagi kepentingan badan hukum atau seseorang. Sedangkan menurut Dessler dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia yang menyatakan bahwa kompensasi atau benefit adalah setiap imbalan atau pembayaran yang diberikan ke karyawan dan timbul dari dipekerjaannya karyawan itu.

Benefit atau kompensasi memiliki dua aspek yang pertama pembayaran keuangan secara langsung dalam bentuk bonus, upah gaji, komisi dan insentif. Sedangkan yang kedua berupa pembayaran tidak langsung dalam bentuk tunjangan keuangan seperti uang liburan, asuransi yang dibayarkan oleh perusahaan.

Dengan memberikan kompensasi atau benefit dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi kerja karyawan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan perusahaan terhadap pengaturan kompensasi secara adil dan rasional karena sangat diperlukan sekali. Apabila karyawan melihat pemberian benefit/kompensasi tidak memadai, motivasi, kepuasan kerja maupun prestasi kerja mereka cenderung menurun.

Benefit menurut para ahli, Drs. Malayu S.P. Hasibuan, benefit adalah semua pendapatan yang berupa uang, barang langsung ataupun tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.

Mungkin hanya itu saja tentang pengertian benefit menurut para ahli dalam ekonomi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di bagikan ke sosial media Anda. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar