Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah

Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah
Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah - Kucing memiliki taring untuk melawan musuhnya. Namun, bukan hanya taring saja kucing pun memiliki kuku sebagai alat perlindungan. Tetapi seseorang yang memiliki hewan menggemaskan sebagai peliharaannya pasti tidak menginginkan memiliki kucing yang kukunya panjang.

Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah


Kenapa tidak suka dengan kuku kucing yang panjang? Karena biasanya kucing suka mencakar perabotan misalnya di sofa pada kursi. Adapun alasan lain ketika kuku kucing di potong menjadi tumpul tujuannya ketika kucing diajak main agar tidak mencakar adik ataupun diri Anda.

Ketika memotong kuku kucing sebaiknya potong pada bagian ujung kukunya saja. Jangan dihabiskan sampai dekat dengan daging kaki/tangannya dan kukunya jangan dicabut. Karena kuku manusia kalau dicabut saja sakit apalagi kuku kucing hehe.

Lalu bagaimana Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah? ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah-Langkah Memotong Kuku Kucing


  1. Siapkan pemotong kuku/gunting kuku untuk kucing ataupun umum.
  2. Tekan telapak (bantalan) kaki kucing dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari tangan Anda.
  3. Perlu Anda ketahui potonglah kuku kucing hanya pada bagian ujungnya saja.
  4. Lalu potonglah kuku kucing dengan posisi memegang gunting kuku secara vertikal, lalu lakukan secara bertahap dan hati-hati.
Sangat mudah bukan memotong kuku kucing ? lakukan potong kukunya 2 minggu sekali atau jika kelihatan kukunya memanjang maka langsung saja potong kuku hewan peliharaan Anda tersebut.

Tips Memotong Kuku Kucing

1. Waktu Memotong Kuku Kucing

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa sebaiknya memotong kuku kucing ketika 2 minggu sekali dan sebaiknya dilakukan disiang hari. Jangan sampai kuku kucing yang panjang bisa mencakar sofa ataupun kursi Anda yang bantalannya terbuat dari busa.

2. Biasakan Kucing Sejak Kecil

Dalam artian, Anda harus membiasakan kucing dipotong kukunya sejak masih bayi(kecil). Tujuannya agar kucing tidak merasa takut/melawan ketika kukunya akan dipotong. Karena sangat sulit sekali untuk memotong kuku sedangkan kucingnya mengamuk ataupun tidak nyaman.

3. Jeda Pemotongan Kuku

Untuk kucing yang belum pernah dipotong kukunya, Anda bisa memberi jeda misal pagi memotong satu bagian kuku dan siangnya dilanjuk ke bagian kuku kucing yang lainnya.

4. Kenyamanan Kucing

Perhatikan kenyamanan kucing misalnya ketika ingin memotong kucing Anda bisa meminta bantuan ke teman untuk memegang kakinya dan Anda yang memotong kukunya. 

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang bisa MASIRAWAN sampaikan tentang Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki hewan menggemaskan yang satu ini. Silahkan dibagikan ke sosial media Anda.
Hewan

3 Komentar untuk "Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Bagi Pemula di Rumah"

  1. Selama ini ngilu sob nggak berani motong kuku kucing jadi dibiarkan saja takut kepotong sama daging nya 😃

    BalasHapus
  2. Nyentuh aja saya nggak berani apalagi harus motongin kukunya. Wadaaaw. Itulah kenapa meski saya suka lihatin kucing karena lucu tapi nggak berani pelihara >,<

    BalasHapus
  3. nggak berani saya bang sering kecakar kalau mau potong kuku kucing

    BalasHapus
Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...