Skip to main content

Pengertian Access Point, Fungsi, Cara Kerja dan Macam-Macamnya

Pengertian Access Point, Fungsi, Cara Kerja dan Macam-Macamnya - Dulu internet bisa digunakan banyak pengguna hanya di perusahaan yang berhubungan dengan teknologi, mall, kantor dan lain sebagainnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi tak sedikit pengguna internet yang bisa terhubung dengan internet meski berada tempat umum, warung kopi, cafe, pinggir jalan pun sudah menggunakan wireless access point.

Pengertian Access Point, Fungsi, Cara Kerja dan Macam-Macamnya


Namun seperti taman, rumah sakit, perusahaan besar pasti memerlukan access point yang banyak. Dengan menempatkan access point yang berbeda, maka pengguna dapat tetap terhubung ke jaringan internet meski berpindah-pindah tempat. Secara otomatis perangkat (ponsel) yang digunakan user akan berpindah dari access point satu ke access point lainnya tanpa memutuskan koneksi internet.

Secara tidak disadari mungkin Anda sudah biasa menggunakan access point untuk menghubungkan smartphone, laptop, PDA ke jaringan internet. Namun Anda tidak mengetahui apa itu access point secara lengkap. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini MAS IRAWAN akan membagikan pengertian access point, cara kerja, fungsi dan macam-macamnya.

Pengertian Access Point

Access point adalah perangkan dalam jaringan komputer yang bisa menciptakan WLAN (Wireless Local Area Network atau jaringan lokal nirakabel. Access Point akan dihubungkan dengan hub/switch atau router melalui kabel Ethernet dan akan memancarkan sinyal wifi di area yang ditentukan. Agar dapat terhubung dengan jaringan lokal yang dikonfigurasikan, perangkat harus melalui access point terlebih dahulu.

Access point memiliki antenna dan transceiver yang bertindak sebagai pemancar dan penerima sinyal client server. Access point tidak bisa mengatur aliran data layaknya router. Access point hanya menyambung ataupun tidak pada perangkat yang mencoba untuk terhubung dengan jaringan internet. Berdasarkan benar atau salahnya password yang diberikan pemilik jaringan ke user perangkat.

Sebagai contoh Anda menyediakan akses wifi di warung namun router milik Anda berada di rumah tidak bisa menjangkau area tersebut karena lokasinya terlalu jauh. Maka solusinya dengan memasang access point. Karena dengan menggunakan access point jumlah user yang terhubung dengan jaringan internet pun bisa lebih banyak. Namun Anda juga bisa membatasi siapa saja yang bisa terhubung. Karena pengguna harus mengetahui password yang diminta oleh access point agar bisa masuk ke jaringan lokal milik Anda.

Fungsi Access Point

Fungsi Access point adalah untuk menolak atau mengizinkan perangkat yang ingin menggunakan akses wifi seperti perangkat smartphone, laptop dan lain sebagainya untuk bisa terhubung dengan. Lebih lengkapnya access point memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Mengirimkan atau memancarkan sinyal internet dan koneksi data melalui gelombang radio. Semakin bagus kekuatan sinyal access point, maka area jangkauan akan semakin luas dan biasanya ukuran sinyal ditulis dalam satuan Mw atau dBm.
  2. Untuk mengatur akses suatu perangkat. Akses tersebut diatur oleh Media Access Control (MAC Address) yang merupakan identifikasi serta dimiliki oleh network card perangkat.
  3. Access point sebagai Hub,  akan menghubungkan dengan jaringan lokal menggunakan kabel dengan wireless atau jaringan nirakabel.
  4. Sebagai pengaman dan menerapkan fitur keamanan WAP atau WEP yang biasanya disebut sebagai akses wifi dengan password tertentu (Shared Key-Autenthication).
  5. Sebagai penghubung jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirakabel seperti bluethoot, wireless dan wifi.
  6. Sebagai alat yang mengatur IP Address secara otomatis terhubung dengan perangkat, fungsi ini seperti DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

Cara Kerja Access Point

Cara Kerja Access Point sebagai gerbang penghubung antara perangkat nirakabel dengan jaringan lokal. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang telah dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Bukan hanya itu saja, access point  melakukan manajemen jaringan dan mengontrol akses enkripsi data.

Ketika ada perangkat yang ingin mengakses jaringan melalui access point, access point akan menentukan untuk mengijinkan atau tidaknya perangkat tersebut untuk terhubung dengan jaringan Access point akan menjalankan fitur kontrol yang dimilikinya. Maka fitur keamanan access point pun akan bekerja.

Access point akan mengenkripsi password dan memeriksa kecocokan password pada access point dengan password yang diberikan oleh perangkat. Perangkat akan diijinkan untuk terhubung dengan jaringan jika passwordnya cocok.

Berikutnya access point berfungsi sebagai DHCP dan memberikan alamat IP ke perangkat tersebut. Seperti Anda ingin mengakses internet lewat jaringan wireless di warung kopi. Maka jaringan nirakabel di perangkat Anda akan terkoneksi dengan access point pada warung kopi tersebut.

Setelah sudah terkoneksi dengan access point, browser yang Anda buka akan muncul laman berisi formulir untuk memasukkan kata sandi agar Anda bisa terhubung dengan jaringan internet. Jika kata sandi yang dimasukkan cocok, maka access point akan memberi ijin agar Anda bisa terhubung dengan jaringan. Access point akan memberi alamat IP ke perangkat Anda sehingga perangkat (ponsel) bisa melakukan komunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal. 

Macam-macam Access Point

Sangat banyak sekali macam merk access point di Indonesia. merknya antara lain sebagai berikut :
  1. TP-LINK Archer C7
  2. UBIQUITI Nanostation M2.
  3. TP-LINK TLWA701ND
  4. KexTech KX-AP309
  5. Asus RT-AC87U
  6. Netgear R7000 Nighthawk
  7. Linksys WAG54G
  8. TP-LINK Archer C9

Penutup

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan tentang pengertian access point, fungsi, cara kerja beserta macam-macamnya. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah ilmu manfaat tentang access point bagi Anda. Jangan lupa dibagikan ke sosial media. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar