Fungsi dan Harga Alat Pengukur Optical Power Meter (OPM)

Fungsi dan Harga Alat Pengukur Optical Power Meter (OPM) - Apakah Anda ingin menjadi Teknisi Komputer? Tentu harus memilki alat pengukur satu ini yang bernama Optical Power Meter atau OPM. Selain Optical Power Meter tentu ada peralatan yang lainnya. Namun pada kesempatan kali ini MAS IRAWAN hanya membahas tentang fungsi dan harga (OPM) Optical Power Meter.

Fungsi dan Harga Alat Pengukur Optical Power Meter (OPM)

Apa Fungsi Optical Power Meter?

Fungsi Optical Power Meter adalah alat untuk menentukan rugi (loss) daya cahaya pada alur serat optik. Optical Power Meter berfungsi sebagai alat mengukur kekuatan didalam sinyal optik. Atau dalam istilah lain perangkat untuk menguji daya rata-rata didalam sistem serat optik. Alat pengukur daya listrik tujuan umum lain biasanya disebut fotometer, radiometer, daya laser, lux meter dan lain sebagainnya.

Pengukur daya optik khas terdiri dari sensor yang telah dikalibrasi, tampilan dan penguat pengukuran. Sensornya terdiri dari fotodioda yang dipilih untuk tingkat daya yang sesuai dan rentang panjang gelombang.

Pengukur daya optik tradisional dapat merespon spektrum cahaya secara luas. Namun kalibrasinya bergantung pada panjang gelombang, hal ini bukan menjadi masalah karena panjang gelombang tes biasanya dapat dikenal. Namun ada beberapa kelemahan. Pertama, pengguna harus bisa mengatur meter ke panjang gelombang uji yang benar. Kedua, jika ada panjang gelombang palsu, maka hasil yang dihasilkan akan salah.

Terkadang Optical Power Meter digabungkan dengan Visual Fault Locator (VFL) atau Optical Light Source (OLS), atau bisa dengan sub sistem instrumen yang lebih besar. Saat dikombinasikan dengan sumber cahaya, maka instrumen ini bisa disebut sebagai Optical Loss Test Set (OLTS).

Harga Optical Power Meter

Untuk harga Optical Power Meter sangat beragam sekali ada yang Rp.800.000 hingga Rp.1.000.000. Itupun lengkap satu set toolkit. Harga Optical Power Meter pada toko online bisa Anda lihat seperti gambar dibawah ini.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang bisa MAS IRAWAN sampaikan tentang Fungsi dan Harga Alat Pengukur Optical Power Meter (OPM) secara lengkap. Namun, apabila ada kesalahan dalam penjelasan diatas. Silahkan isi formulir komentar dibawah, apabila bermanfaat Anda bisa bagikan ke sosial media milik Anda.

2 Komentar untuk "Fungsi dan Harga Alat Pengukur Optical Power Meter (OPM)"

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel