Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit yang Benar (+Gambar)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit yang Benar (+Gambar) - Sakit memang tidak bisa terjadi kapan saja, meski sudah menjaga kesehatan secara baik. Biasanya orang yang mengalami sakit pasti tubuhnya akan merasa lemas dan bisa mengganggu kegiatan belajar disekolah ataupun bagi seseorang yang sudah bekerja dan masih banyak lagi.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit yang Benar (+Gambar)

Anak yang sedang mengalami sakit panas, flu ataupun yang lainya, pasti tidak bisa berangkat menuju ke sekolah apalagi mengikuti pelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu, orang tua harus membuat surat keterangan sakit, apabila anak Anda mengalami sakit parah dan berada di rumah sakit, maka Anda bisa meminta surat keterangan sakit dari dokter.

Apabila anak Anda tidak dibuatkan surat keterangan sakit, maka dianggap oleh guru bolos sekolah atau dicatat alpa. Kebanyakan orang tua menulis surat izin yang salah, alangkah baiknya surat izin dengan penulisan yang benar. Dibawah ini merupakan beberapa faktornya.

Penulisan Surat Izin yang Benar

1. Bahasa yang digunakan

Karena anak sedang sakit sehingga tidak masuk sekolah, Anda sebagai orang tua harus membuat surat izin resmi yang ditujukan ke sekolah ataupun pada instansi tertentu, sehingga Anda harus menggunakan bahasa yang efektif dan baku. Hindari kata-kata yang susah dipahami.

2. Tanda Baca

Tanda baca sering di sepelekan, namun penggunaan tanda baca pada surat izin sakit sangat penting sekali. Karena dengan adanya tanda baca yang benar bisa membuat surat lebih rapi, mudah dipahami dan mudah dibaca oleh guru. Bukan hanya itu saja, tanda baca berguna untuk penyambung kata dan bisa mempengaruhi susunan kata tersebut.

3. Kerapihan dalam penulisan

Surat keterangan sakit harus ditulis menggunakan tulisan tangan, bukan menggunakan prinoout. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menulis jangan sampai ada coretan yang bisa membuat tulisan dalam surat izin menjadi tidak rapi.

Apabila anda sudah memahami beberapa aspek penting dalam menulis surat keterangan tidak masuk sekolah karena sakit, sekarang Anda harus memahami susunan surat izin secara umum yang baik dan benar sebagai berikut ini :
  1. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  2. Yang dituju menggunakan "Kepada Yth."
  3. Gunakan salam pembuka pada umumnya "Dengan Hormat"
  4. Isi surat harus berisi identitas anak serta apa tujuan buat surat keterangan tersebut
  5. Penutup yang berisi permintaan maaf dan terimakasih sudah menerima surat (diterima guru). sebagai contoh "Terimakasih atas bapak/ibu guru"
  6. Tanda tangan orang tua (wali murid).
Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dibawah ini dan Anda bisa menulis dengan tulisan tangan:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Dibawah ini merupakan contoh dalam bentuk penulisannya.

Lamongan, 28 April 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A
SMK N 2 Lamongan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Rizky Andrea
Siswa : Kelas X-A. SMK N 2 Lamongan
Alamat : Jl. Lamongrejo ndapur

Memberitahukan bahwa anaka saya diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat 28 April 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, Kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Antok

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit yang Benar dengan gambar, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk dishare ke media sosial dibawah ini.

1 Komentar untuk "Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit yang Benar (+Gambar)"

  1. Makasih mas atas contoh suratnya, soalnya saya sering sakit dan bingung bikin surat yang benar bagaiamana, eh disini ada

    BalasHapus

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel