Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

10 Cara Mengajar Anak TK agar Tidak Bosan Berubah Jadi Menyenangkan

10 Cara Mengajar Anak TK agar Tidak Bosan Berubah Jadi Menyenangkan - Anak-anak yang masih umur 4-5 tahun dan sedang belajar di TK (Taman Kanak-kanak) pasti biasanya mengalami ngantuk, ngobrol dengan temannya maupun cepat bosan ketika mengikuti kegiatan di dalam kelas. Anda sebagai guru pasti harus memiliki cara tersendiri untuk mengatasi anak tk yang bosan diubah menjadi lebih menyenangkan.

10 Cara Mengajar Anak TK agar Tidak Bosan Berubah Jadi Menyenangkan


Cara mengajar anak tk agar tidak bosan sangat mudah sekali, Anda harus bisa memahami keinginan murid dengan baik tanpa harus memberikan suatu beban pada anak tk. Berikut merupakan Cara Mengajar Anak TK yang efektif dan menyenangkan agar tidak bosan :

9 Cara Mengajar Anak TK agar Tidak Bosan

1. Opening yang menyenangkan


Saat Anda berada di dalam kelas sebaiknya selalu memastikan bahwa keadaan sudah kondusif untuk belajar anak, Langkah selanjutnya Anda bisa memulai dengan membimbing anak tk untuk melakukan sebuah permainan edukatif atau berdoa sambil bernyanyi sebelum memasuki pelajaran yang akan Anda terangkan di dalam kelas.

2. Menggabungkan musik di tema belajar

Ketika Anda akan mengajar anak pada tema tertentu, sebaiknya menggunakan cara dengan menggabungkan musik atau permainan dengan tema yang akan Anda terangkan. Anda bisa menggunakan sistem kelompok maupun individu agar proses belajar lebih menyenangkan.

Contoh mudah, Anda saat melakukan pembelajaran tentang bermacam nama warna dalam bahasa inggris, Anda bisa sambil melakukan sebuah permainan dengan alat tertentu dan dikombinasi dengan tarian atau musik, cara ini bisa mengurangi kebosanan pada anak saat mengikuti pelajaran.

3. Tes kemampuan dengan cara menyenangkan

Anda sebagai orang tua maupun guru dan ingin mengetahui sejauh mana anak mengetahui pelajaran yang sudah diberikan, coba dengan melakukan tes namun tidak memberatkan fisik atau ingatan pada anak. Contoh, jika Anda ingin mengetahui apakah anak menguasai lagu yang sudah Anda ajarkan, Anda bisa mengajak anak menyanyi secara grup sambil menari ataupun bisa seperti dalam keadaan karaoke.

4. Berikan waktu luang

Anda sebagai guru atau orang tua, sebaiknya harus mengetahui gejala anak yang saat diajari ketrampilan lalu anak tersebut sudah mulai tidak fokus ataupun kelelahan. Sebaiknya berikan waktu luang agar anak bisa bermain dengan sesuatu hal yang dia sukai. Namun jangan pernah berikan gadget sebagai pengisi waktu luang, karena radiasi gadget bisa berpengaruh buruk pada perkembangan otak anak.

5. Tidak memforsir anak

Ketika Anda sebagai orang tua yang sedang mencarikan taman kanak-kanak untuk anak, tanyakan terlebih dahulu seperti sistem pembelajaran dan jam belajarnya. Pada umumnya jam ideal anak tk untuk belajar sekitar 4 sampai 5 jam tentunya dengan berbagai macam aktivitas serta tidak hanya belajar dengan menggunakan buku saja.

Waktu istirahat harus jelas yang tidak memforsir anak hanya untuk fokus terus dengan pelajaran. Hal tersebut sangat penting untuk perkembangan anak, karena anak yang disuruh untuk terus belajar pasti berdampak negatif pada psikisnya.

6. Belajar di luar ruangan

Anda sebagai guru tk ataupun orang tua, tidak cukup untuk mengandalkan sistem pelajaran di dalam kelas, karena anak perlu belajar diluar kelas/ruangan. Diluar ruangan misalnya mengajak anak ke taman, kebun binatang dan lain sebagainya yang ramah dengan anak.

Sangat banyak sekali pelajaran penting yang bisa didapatkan, karena Anda bisa mengenalkan secara langsung jenis hewan dan aneka tumbuhan. Belajar diluar kelas bisa membuat anak menjadi senang dan tidak mengalami bosan. Karena anak tersebut bisa sangat gembira mengenal lingkungan sekitar secara langsung.

7. Melatih percaya diri pada anak

Sebagai orang tua, Anda bisa melatih kepercayaan diri pada anak seperti mengajak untuk ikut membantu kegiatan didalam rumah seperti membersihkan meja, menyapu dan lain sebagainnya. Cara tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak dalam melakukan hal apapun.

Meski anak tidak bisa melakukannya secara benar, yang paling utama adalah anak diberikan kesempatan dalam melakukan suatu hal yang bisa menimbulkan kepercayaan diri. Cara belajar ini sangat penting. Karena anak sudah dilatih sejak usia dini agar berani bertindak dan berpengaruh besar pada rasa percaya diri saat anak sudah besar.

8. Menggunakan kata sederhana

Saat Anda berkomunikasi dengan anak, sebaiknya menggunakan kata/bahasa sederhana. Tujuannya agar anak lebih memahami dan menangkap pesan yang Anda sampaikan. Anda juga harus membantu anak untuk memperkaya kosa kata dengan mengenalkan kata-kata yang baru. Paling utamanya adalah kata yang Anda kenalkan tidak rumit untuk dipahami anak.

Ada manfaat yang bisa didapatkan, anak bisa menambah kosa kata dan bisa mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

9. Menghafal kata sambil tepuk tangan

Dengan melakukan tepuk tanga nbisa meningkatkan kecerdasa motorik pada anak serta bisa menambah ilmu. Contoh, ketika mengajak anak untuk menyebutkan kata-kata dengan sedikit suku kata. Selanjutnya ajak anak-anak untuk bertepuk tangan saat mengucapkan kata, seperti ma - kan, di ucapkan dengan 2 kali bertepuk tangan, berarti semakin banyak suku kata makan semakin banyak tepukan tangan.

10. Menggambar sambil belajar

Yang terakhir sangat mudah sekali, Anda bisa mengajak anak untuk menuliskan abjad dari A - Z di kertas gambar, lalu digambar di setiap bagian yang kosong selanjutnya bisa mewarnainnya. Apabila anak belum bisa menulis, sebaiknya Anda menyiapkan kopian gambar huruf, lalu Anda bisa meminta ke anak untuk mewarnainnya dan menggambar pada bagian kertas yang masih kosong,

Kesimpulan

Sangat mudah sekali dalam mengajari anak tk agar tidak cepat bosan dan bisa berubah menjadi menyenangkan dengan 10 cara yang sudah disebutkan diatas. Anak tidak suka dengan pelajaran yang secara monoton, karena lebih suka di iringi dengan permainan atau nyanyian, sesekali belajar diluar ruangan agar anak bisa mengenal lingkungan sekitar secara langsung.

Mungkin hanya itu saja tentang 10 cara mengajar anak agar tidak bosan dan menjadi menyenangkan, semoga bermanfaat untuk Anda sebagai orang tua maupun guru, jangan lupa di bagikan ke sosial media.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.
Dilarang berkomentar dengan memberi link dan akan di anggap spam!