Skip to main content

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer - Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data berupa foto, video, dokumen dan lain sebagainnya. Dengan bentuknya yang ringan, kecil, portabel dan bisa menyimpan data mencapai kapasitas terabytes sehingga tidak sedikit orang yang menggunakannya.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak yang Tidak Terbaca di Laptop/Komputer


Flashdisk memiliki fungsi yang banyak sekali dari pada drive penyimpanan yang lainnya. Namun, tempat penyimpanan ini biasanya mengalami error seperti flashdisk no media sehingga tidak bisa terbaca di komputer atau laptop. Kejadian error seperti ini sering terjadi pada pengguna flashdisk. Namun kebanyakan dari pengguna tersebut tidak tahu bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terbaca.

Sebelum memperbaiki flashdisk yang rusak sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Dibawah ini beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan flashdisk corrupt dan rusak:

  • Mencabut Flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Hal ini berakibat fatal karena saat flashdisk melakukan proses data dan tiba-tiba harus berhenti.
  • Umur Flashdisk yang sudah tua sehingga harus ganti yang baru.
  • Ada virus sehingga ketika Flashdisk di tancapkan ke laptop/komputer datanya tidak terbaca.
Mungkin ada banyak faktor yang menyebabkan flashdisk rusak. Namun beberapa kebiasaan buruk diataslah yang sering dilakukan oleh pengguna flashdisk yang mengakibatkan cepat rusak.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Flashdisk Anda tidak bisa terbaca di PC/laptop? sebaiknya lakukan beberapa cara dibawah ini:

Cara Pertama - Cek Port USB

Silahkan cek pada bagian port USB di komputer atau laptop milik Anda. Bisa saja yang rusak bukan flashdisk melainkan port USBnya, sehingga ketika flashdisk ditancapkan datanya tidak bisa terbaca. Anda bisa mencoba menancapkan flashdisk ke laptop lain apakah datanya terbaca atau tidak.

Cara Kedua - Cek Drive pada Komputer/Laptop

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara yang kedua dengan melakukan scan dan mendeteksi ketika ada sebuah perangkat yang disambungkan. Ikuti langkah-langkah mendeteksi secara manual sebagai berikut:
  1. Pasang Flashdisk ke port USB komputer atau laptop,
  2. Klik Start, Control Panel, lalu pilih Add Hardware/Add Device,
  3. Setelah itu komputer akan melakukan scanning secara otomatis untuk melihat apakah ada drive yang disambungkan. Pasti terlihat apabila flashdisk dalam keadaan tidak rusak.
  4. Jika flashdisk muncul dan terbaca, pilih kemudian tekan next.

Cara Ketiga - Periksa Flashdisk Menggunakan Fitur di Windows

Windows memiliki tool untuk memperbaiki flashdisk rusak dan tidak terbaca. Sangat mudah sekali menggunakan fitur ini dan terbukti bisa mengatasi masalah pada flashdisk. Ikuti langkah-langkahnya:
  1. Sambungkan flashdisk ke laptop,
  2. Selanjutnya buka windows explorer, klik kanan pada driver flashdisk, lalu pilih properties,
  3. Berikutnya akan muncul windows baru, pilih tab Tool, kemudian pilih yang atas dan klik Check Now.
  4. Jika sudah klik ceklist pada kedua opsi yang muncul dan klik start. laptop akan melakukan proses scanning dan apabila muncul bad sector atau masalah biasanya akan langsung diperbaiki.
  5. Sesudah proses pengecekannya selesai, coba pasang flashdisk ke laptop apakah sudah terbaca dan bisa dibuka kembali.

Cara Keempat - Format Flashdisk Lewat CMD

Jika sudah melakukan ketiga cara diatas namun masih belum juga berhasil mengatasi flashdisk  tidak terbaca. Mungkin ada masalah lain pada flashdisk tersebut. Anda bisa mencoba untuk melakukan format atau hapus semua data pada flashdisk. Cara ini bisa mengatasi flashdisk rusak dan tidak terbaca pada laptop. Ikuti langkah format flashdisk melalui CMD dibawah ini:
  1. Pasang flashdisk ke port USB pada laptop/komputer,
  2. Selanjutnya klik menu start, klik run dan tuliskan "CMD" lalu tekan Enter,
  3. Ketik FORMAT F:/FS:FAT lalu tekan Enter. F merupakan lokasi flashdisk Anda, jadi sesuaikan tempat menancapkan pada Port USB namun pada umumnya bertempat di F,
  4. Tunggu proses menghapus semua data selesai, jika sudah silahkan cek apakah cara keempat ini berhasil memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca atau belum.

Penutup

Mungkin hanya saja tentang cara memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terbaca di laptop atau komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan semoga bisa berhasil memperbaiki flashdisk yang rusak. Silahkan dibagikan ke sosial media Anda agar lebih bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar