Cara Tepat Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Awal Kecil untuk Pemula

Cara Tepat Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Awal Kecil untuk Pemula - Mencuci pakaian kotor merupakan aktivitas wajib setiap orang pada akhir pekan. Namun, tak sedikit orang yang memiliki waktu luang walaupun hanya untuk mencuci pakaian. Faktor tersebut bisa Anda ambil untuk memulai usaha laundry kiloan dari nol.

Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Awal Kecil untuk Pemula


Seseorang yang hidup diperkotaan cenderung memiliki aktivitas yang sangat padat sehingga mereka malas untuk melakukan kegiatan wajib dirumah. Bahkan, ada yang malas, menghemat tenaga, waktu dan tidak ingin repot dengan pekerjaan rumah tangga, sehingga pilihan utama mereka yaitu menggunakan jasa laundry terdekat.

Sebagai calon pengusaha laundry sukses Anda harus memastikan nama yang cocok agar mudah di ingat. Bukan hanya nama, Anda juga harus mempertimbangkan harga laundry kiloan, peralatan laundry dan cara mengelola usaha laundry tersebut. Dengan memiliki jasa ini pasti ada kelemahan dan keuntungan usaha laundry per bulannya. Intinya lakukan dengan niat yang kuat agar usaha Anda bisa berkembang dengan cepat.

Untuk Anda yang ingin membuka jasa cuci pakaian bisa menggunakan konsep laundry rumahan, hanya dengan modal 1 mesin cuci dan ruangan sempit bisa dimaksimalkan untuk tempat pelanggan menerima ataupun menyerahkan pakaiannya yang ingin di cuci menggunakan usaha milik Anda. Dibawah ini merupakan Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Awal Kecil untuk Pemula.

Persiapan sebelum membuka usaha laundry

Untuk menjalankan usaha agar bisa berjalan dengan maksimal, Anda harus memiliki sedikit pengetahuan tentang jenis noda, jenis kain dan masih banyak lagi. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha laundry kiloan.

  • Mengetahui macam-macam jenis kain
  • Cara mencuci pakaian yang baik dan benar
  • Mengeringkan pakaian yang tepat
  • Mengenali jenis noda
Sedangkan untuk membersihkan noda, sebaiknya kenali terlebih dahulu noda apa yang menempel pada kain tersebut. Gunakan sabun pembersih yang cocok agar bisa menghilangkan noda tanpa merusak warna pada kain.

Anda yang baru memulai usaha laundry gunakan peralatan yang seadannya saja, karena lebih baik mengutamakan kebersihan dan kerapian baju agar yang menggunakan jasa cuci Anda merasa puas. 

Jika usaha Anda sudah mengalami perkembangan yang signifikan, maka bisa menambah tenaga kerja yang rajin agar bisa membantu Anda dan bisa menghemat biaya operasional.

Selalu mempersiapkan biaya operasional 3 bulan kedepan yang meliputi biaya untuk membayar listrik, sewa tempat usaha, air, dan untuk membeli deterjen. Semua itu harus dihitung dengan baik agar Anda tidak mengalami kerugian.

Rintangan dalam usaha laundry

Inilah yang menjadi salah satu kelemahan, karena setiap menjalankan sebuah bisnis pasti ada hambatan yang bisa datang secara tiba-tiba. Kemungkinan rintangan ini bisa menimpa bisnis laudnry yang Anda jalankan. Beberapa halangan yang bisa menimpa usaha Anda sebagai berikut :
  • Banyaknya Kompetitor memiliki usaha yang sama. Persaingan dalam bisnis pasti akan terjadi. Oleh karena itu sebaiknya terus menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda agar tidak berpindah ke jasa orang lain.
  • Selalu memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan merasa puas dan ingin menggunakan jasa Anda kembali.
  • Setiap pelanggan memiliki sifat yang berbeda-beda. Pasti ada yang menginginkan pengerjaan dengan cepat. Terutama saat jasa laundry ramai dengan pelanggan. Maka sebaiknya Anda harus bisa mengatur waktu agar tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.
  • Masyarakat yang memiliki mesin cuci, menjadi rintangan paling berat karena bisa mengurangi pelanggan Anda.

Langkah-langkah membuka usaha laundry untuk pemula

Pilih lokasi yang tepat

Sebelum membuka jasa laundry sebaiknya Anda memilih lokasi yang tepat karena bisa menentukan ramai atau tidaknya pada usaha laundry yang Anda jalankan. Usaha laundry sangat tepat jika berdekatan dengan lokasi kontrakan, kost, kampus atau sekolah.

Kenapa harus berada didekat lokasi tersebut ? karena seseorang yang tinggal dilokasi itu memiliki aktivitas yang padat sehingga males untuk mencuci pakaian sendiri. Nah disitulah pasti ada yang menggunakan jasa laundry Anda.

Sesuaikan harga laundry

Langkah kedua, Anda harus melakukan riset untuk mengetahui harga cuci pakaian dari jasa kompetitor (saingan) yang dijalankan. Anda bisa melihat harga yang ditawarkan oleh pesaing . Setelah itu buatlah harga yang tepat dengan pelayanan yang Anda berikan ke pelanggan. Seseorang tidak akan merasa keberatan untuk membayar sedikit mahal asalkan mereka bisa puas dengan pelayanan jasa yang Anda jalankan.

Berikan layanan tambahan

Banyaknya kompetitor dengan memiliki usaha yang sama membuat Anda harus berfikir agar bisa berbeda dengan yang lain. Misalkan menambahkan pelayanan ekstra seperti memberi pilihan parfum/minyak wangi, antar jemput dan anti kusut.

Dalam bisnis jasa laundry ketepatan waktu merupakan hal yang utama. Jangan sampai pelanggan kecewa akibat pakaian yang di cuci menggunakan jasa Anda tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Buatlah pelanggan merasa nyaman dan cinta agar tidak berpindah ke kompetitor.

Utamakan kualitas

Sebagai calon pebisnis laundry sukses sebaiknya Anda mempelajari teknik mencuci agar pakaian, celana tidak luntur dan kusam. Hal tersebut bisa terjadi apabila hasil cucian bersih, wangi dan baik maka pelanggan akan ingin mencucian pakaiannya kembali ke tempat laundry Anda.

Rekrut tenaga kerja

Anda harus bisa mencari/menentukan karyawan yang sesuai dengan bidangnya. Pisahkan antara  karyawan bagian cuci dengan bagian administrasi, tujuannya agar pekerjaan mereka bisa berjalan secara efektif. Untuk menambah karyawan baru bisa dilakukan apabila usaha laundry kiloan milik Anda berkembang dengan baik. Sedangkan untuk pengusaha pemula bisa dilakukan satu orang saja.

Kesimpulan

Dalam menjalankan usaha laundry diperlukan ketekunan dan keuletan agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan secara maksimal. Awali dengan persiapan dan Anda harus sudah siap untuk  menghadapi rintangan yang ada. Langkah-langkah dalam membuka jasa laundry sangat mudah sekali apabila Anda bisa memahami yang saya jelaskan diatas. Seorang pebisnis harus selalu optimis untuk menghasilkan keuntungan perbulannya 

Semoga usaha laundry Anda menjadi jasa cuci pakaian yang terkemuka di kota Anda saat ini. Sekian dan terima kasih jangan lupa bagikan ke media sosial.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Awal Kecil untuk Pemula"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel