Skip to main content

6 Cara Ampuh Membersihkan Keyboard Laptop, Komputer dan Tips Merawatnya

Masirawan.Com - Membersihkan keyboard laptop atau komputer merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar keyboard bisa awet dan tidak mengalami kerusakan yang fatal. Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk multitasking, sehingga Anda sebagai pemilik harus bisa merawat agar terhindar dari benda cair dan debu.

6 Cara Ampuh Membersihkan Keyboard Laptop, Komputer dan Tips Merawatnya


Tidak sedikit orang yang tahu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop atau pc dan tips merawatnya. Papan ketik (keyboard) sangat sensitif sekali terhadap kotoran terutama debu. Selain itu, secara tidak sadar saat menggunakan keyboard tangan Anda berdebu ataupun kotor. Secara tidak langsung debu dan kotoran tersebut langsung masuk ke cela kecil pada keyboard. Hal inilah yang menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi bahkan mengalami kerusakan. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan apalagi Anda seorang pelupa bisa menggunakan keyboard cover. Jika sudah terlanjur kotor akibat debu maka Anda bisa menggunakan alat pembersih keyboard laptop ataupun pc.

Langkah-langkah Membersihkan Keyboard Laptop/PC

1. Matikan Laptop

Matikan Anda dan lepaskan semua colokan yang terpasang seperti USB, headset dan colokan charger.

2. Cari Tempat Bercahaya

Carilah tempat yang memiliki cahaya terang, siapkan alat pembersih seperti kuas kecil, kompresor angin ataupun penyedot debu.

3. Miringkan Keyboard Laptop

Miringkan laptop dari sisi manapun dan silahkan mulai untuk membersihkan keyboard menggunakan alat pembersih yang sudah disiapkan tadi. Untuk membersihkannya lakukan secara satu arah seperti dari atas kebawah dan lakukan secara berulang.

4. Cek Keyboard Laptop

Apabila sudah selesai membersihkan keyboard laptop. Sebaiknya lakukan pengecekan dengan cara menekan tombolnya satu persatu apakah masih ada kotoran yang mengganjal atau tidak.  Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui tombol papan ketik mana yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

5. Siapkan Bahan Tambahan

Siapkan alkohol berkadar rendah, lalu bersihkan bagian atas pada keyboard dengan cara mengusap secara perlahan dan halus.

6. Keringkan Keyboard Laptop

Jika semuanya sudah selesai, tunggu keyboard sampai kering dan hindari tempat yang kotor dan berdebu.

Untuk membersihkan laptop bisa dilakukan 1 minggu 1 kali. Namun jika Anda menggunakan laptop setiap hari sebaiknya membersihkan laptop minimal 3 kali dalam 1 minggu. Sedangkan untuk tips merawat keyboard agar awet sangat mudah sekali. Simak sebagai berikut :

Tips Merawat Keyboard Laptop


  1. Gunakan pelindung keyboard agar terhindar dari cairan dan debu. Meski tidak bisa melindungi secara maksimal, setidaknya bisa meminimalkan hal buruk yang akan terjadi.
  2. Jangan merokok sambil menggunakan laptop. Karena secara tidak sadar kotoran dari rokok tersebut jatuh ke keyboard dan masuk ke cela-celanya.
  3. Selalu bersihkan keyboard dengan vacuum cleaner mini minimal 3 kali dalam 1 minggu. Untuk alatnya bisa Anda dapatkan di toko online.
  4. Hindari menekan keyboard secara keras, biasanya hal tersebut bisa terjadi ketika bermain game online. Alangkah baiknya gunakan keyboard eksternal yang dikhususkan untuk memainkan game. Karena jika menggunakan keyboard laptop bisa merusak sensitifitas tombolnya.
  5. Jangan menggunakan laptop berdekatan dengan benda cair ataupun tempat berdebu.

Penutup

Mungkin hanya itu saja tentang cara membersihkan keyboard pada laptop ataupun komputer beserta tips merawatnya dengan benar. Selalu rawat keyboard Anda, karena apabila keyboard mengalami kerusakan pasti akan sangat mengganggu aktivitas multitasking. Sekian dan terima kasih jangan lupa untuk di bagikan ke sosial media.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar