Apa Perbedaan PAUD, TK dan Playgroup? Inilah Penjelasan Selengkapnya

Daftar Isi [Tampilkan]
Masirawan.Com -  Apa Perbedaan PAUD, TK dan Playgroup? Inilah Penjelasan Selengkapnya - Sebagai orang tua pasti Anda mempunyai keinginan untuk memberikan pendidikan anak sejak usia dini. Bahkan tak sedikit yang ingin menyekolahkan anaknya di usia 1 tahun.

Sebelum Anda menentukan anak sekolah apa? sebaiknya Anda harus mengetahui perbedaan PAUD dan TK serta Playgroup agar tidak salah dalam memilih sekolah untuk anak. Bukan hanya itu saja Anda juga harus mencarikan Playgroup, TK atau PAUD Terdekat agar Anda lebih cepat untuk memantau perkembangan anak.
Apa Perbedaan PAUD, TK dan Playgroup? Inilah Penjelasan Selengkapnya

Inilah Perbedaan PAUD, TK dan Playgroup

1. PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini atau yang sering dikenal sebagai PAUD sangat diperuntukkan untuk anak yang berusia 1-8 tahun karena sudah diatur pada Pasal 28 UU Sidiknas No.20/2003 ayat 1. Anak dalam usia tersebut merupakan masa dimana anak ingin mengenal banyak hal yang ada disekitar mereka. Anda bisa memasukkan anak ke dalam PAUD agar mendapatkan ilmu baru serta kecerdasannya dapat terasah.

Playgroup dan TK masih dalam satu lembaga dengan PAUD, sedangkan perbedaannya, Playgroup pada jalur non formal dan TK pada jalur formal, hanya itu yang membedakannya.

2. Playgroup/Kelompok Bermain

Kelompok bermain atau playgroup merupakan lembaga pendidikan yang diperuntukkan anak yang berusia dibawah 5 tahun. Pengajar (guru) akan memberikan pelajaran yang dapat menstimulasi kecerdasan motorik, kognitif dan sosial agar anak semakin aktif. Semua sistem pembelajaran dikemas sangat baik, sederhana dan menyenangkan agar anak bisa melakukan banyak hal serta bereksplorasi. Dalam playgroup tidak ada pelajaran yang memberatkan pikiran anak, karena pada kurikulum dirancang khusus agar anak dapat berinteraksi dengan temannya.

3. Taman Kanak-Kanak/TK

TK (Taman Kanak-kanak) terdapat dua kelas yaitu TK Kecil dan TK Besar. Pendidikannya dimulai pada anak berusia 5-6 tahun. Pembelajarannya butuh 1 tahun agar bisa melanjutkan ke tk besar. Sedangkan metode pembelajarannya dikemas sangat formal. Anak akan masuk ke kelas dan diberikan berbagai macam materi karena pada usia berikutnya masuk di jenjang SD (Sekolah Dasar). Materi pada taman kanak-kanak meliputi budi pekerti, keterampilan, bahasa, musik. membaca, agama, menulis, berhitung dan masih banyak lagi.

Mungkin itu saja pembahasan tentang perbedaan PAUD, TK dan Playgroup semoga bisa menjadi referensi serta menambah pengetahuan Anda (orang tua) agar dapat memilihkan pendidikan yang tepat untuk usia anak saat ini. Jangan lupa untuk dishare agar lebih bermanfaat lagi.

Belum ada Komentar untuk "Apa Perbedaan PAUD, TK dan Playgroup? Inilah Penjelasan Selengkapnya"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel