Skip to main content

Apa itu IPK? Inilah Jawabannya, Tips Dapatkan IP Tinggi dan Cara Menghitung IPK

Apa itu IPK? Inilah Jawabannya, Contoh dan Cara Menghitung IPK - Banyak sekali mahasiswa baru  belum mengetahui yang namanya IP dan IPK. Namun ada yang lebih penting yaitu bagaimana cara mendapatkan IPK tinggi/bagus. Selain nilai yang bagus, Anda juga harus tahu cara menghitung IP semester yang sudah ditempuh.

Apa itu IPK? Inilah Jawabannya, Tips Dapatkan IP Tinggi dan Cara Menghitung IPK

Apa itu IPK?

IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif atau GPA (Grade Point Average) merupakan ukuran kemampuan mahasiswa/i sampai pada periode tertentu serta dihitung berdasarkan jumlah SKS yang sudah ditempuh. Ukuran nilai tersebut dikalikan dengan nilai bobot mata kuliah, lalu dibagi dengan jumlah SKS mata kuliah yang telah diambil pada periode tersebut.

Tips Mendapatkan IPK Tinggi/Bagus

Sangat banyak sekali yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan Indeks Prestasi (IP) Tinggi diantaranya sebagai berikut:

  1. Rajin Belajar
  2. Rajin Masuk Kuliah/Mengikuti Perkuliahan
  3. Kerjasama dengan dosen.
Sebelum perkuliahan awal semester dimulai biasanya dosen akan memberitahu mahasiswa tentang  sistem penilaian selama kuliah berlangsung dan aturan yang dibuat akan disepakati oleh dosen dan mahasiswa/i. Hal tersebut dinamakan sebagai kontrak kuliah. Sebagai contoh penilaian yang diambil oleh dosen adalah 10% tugas, 10% kehadiran, 30% UTS (Ujian Tengah Semester) dan 50% UAS (Ujian Akhir Semester). Namun biasanya tentang kontrak kuliah/penilaian bisa dirubah apabila mahasiswa meminta untuk mengubahnya.

Kehadiran mahasiswa sangat penting dalam mengikuti perkuliahan, karena bisa mendapatkan materi kuliah dan ada penilaian tersendiri yang diberikan oleh dosen yaitu keaktifan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. UTS (Ujian Tengah Semester) diadakan setelah kuliah berjalan 7 kali pertemuan pada setiap mata kuliahnya. Sedangkan UAS (Ujian Akhir Semester) akan diselenggarakan setelah UTS/7 kali pertemuan. Nah mungkin hanya itu tentang cara mendapatkan ip tinggi selanjutnya MAS IRAWAN akan membahas cara menghitung nilai IPK.

Cara Menghitung IPK

Sebelum menghitung IPK Anda harus tahu tentang perwakilan angka dari huruf yang telah didapatkan. A = 4, B = 3, C = 2 , D = 1, E = 0 untuk nilai D dan E tidak lulus maka dari itu Anda harus mengulang. Sedangkan untuk menghitung nilai IPK. Silahkan dijumlah semua nilai IP dari semester satu sampai akhir dan jumlah semua IP tersebut dibagi dengan jumlah IP. Gambarannya sebagai berikut :

Nilai IP Semester 1 = 3.00
Nilai IP Semester 2 = 2.80
Nilai IP Semester 3 = 3.40
Nilai IP Semester 4 = 3.20
Nilai IP Semester 5 = 3.10
Nilai IP Semester 6 = 2.00
Nilai IP Semester 7 = 3.90
Nilai IP Semester 8 = 3.80
IPK = 3,0 + 2,8 + 3,4 + 3,2 + 3,1 + 2,0 + 3,9 + 3,8 = 25.2 : 8 = 3.15
Maka nilai IPK Anda adalah 3.15

Penutup

Semoga informasi tentang apa itu IPK dan cara menghitung IPK bisa bermanfaat untuk Anda yang mahasiswa baru/ lama. Jika ada kesalahan dalam penulisan di atas, silahkan komentar melalui pada kolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar