Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

Cara Mengurus STNK yang Hilang 2019

Cara Mengurus STNK yang Hilang 2019 - Apakah Anda mengalami kehilangan STNK? pasti sangat pusing sekali apabila Anda mengalami hal buruk tersebut. Karena Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sangat penting sekali ketika Anda bepergian menggunakan kendaraan bermotor.

Cara Mengurus STNK yang Hilang 2019

Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan bukti pendaftaran kendaraan yang berisi identitas kepemilikan. Di dalam surat identitas kepemilikan berisi nomor polisi, nama dan alamat pemilik, selain itu juga terdapat identitas motor yang berisi merk/tipe motor, model/jenis tahun pembuatan motor dan masih banyak lagi, jadi STNK sangat penting sekali bagi seorang pengendara.

Saat Anda tidak memiliki STNK karena mengalami kehilangan, berarti Anda tidak memiliki identitas yang sah atas kepimilikan sepeda motor. Anda pun akan ditilang polisi apabila ketahuan mengendarai sepeda motor tanpa adanya Surat Tanda Nomor Kendaraan. Makin pusing lagi sudah kehilangan STNK ditambah lagi ditilang oleh polisi. Pasti Anda tidak ingin ditilang? Tenang saja, Anda bisa mengurus STNK yang hilang dengan prosedur yang benar.


Cara Mengurus STNK Motor Sendiri

Anda bisa mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain (calo). Menurut data dari Divisi Humas Mabes Polri, biaya untuk mengurus pemembuat STNK baru sebagai pengganti STNK yang hilang sebesar Rp. 50.000-Rp.80.000, apabila Anda menggunakan jasa calo pasti biayanya akan lebih mahal.

Sebelum mengurus berkas di kantor polisi ataupun mengurus pengganti STNK yang hilang di SAMSAT, alangkah baiknya Anda selalu membawa bolpoin/pena sendiri dengan tinta hitam. Memang pihak SAMSAT maupun kepolisian sudah menyediakan bolpoin sendiri, namun, pasti dengan jumlah yang sangat terbatas sehingga memungkinkan Anda mengatri agar bisa mengisi formulir pendaftaran Surat Tanda Nomor Kendaraan yang baru.

Berikut ini prosedur membuat STNK baru karena STNK yang lama hilang :

1. Buat Laporan Kehilangan STNK di Kantor Polisi Terdekat

Saat Anda mengalami kehilangan STNK, sebaiknya langsung melapor ke kantor polisi terdekat, disana akan dibuatkan surat keterangan kehilangan dan surat tersebut harus Anda bawa untuk membuat STNK yang baru.

2. Siapkan Kelengkapan Berkas

Terdapat berbagai berkas kelengkapan sebagai syarat administratif yang harus Anda persiakan, dokumen/berkas tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Fotokopi STNK yang hilang
  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • BPKB (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan kehilangan STNK dari polisi (kantor polsek atau polres)

3. Datang ke Kantor SAMSAT

Jika Anda sudah melengkapi semua berkas untuk persyaratan administratif, silahkan Anda bawa ke SAMSAT. Sistem Manunggal Satu Atap (SAMSAT) merupakan tempat pengesahan STNK dari tiga instansi antara Dinas Pendapatan Provinsi, PT Jasa Raharja dan Polri. Dibawah ini cara mengurus STNK baru di SAMSAT:

4. Cek Fisik Kendaraan

Langkah pertama saat di kantor SAMSAT adalah mengecek fisik kendaraan motor dari nomor kerangka sampai mesin. Setelah selesai, hasil cek fisik difotokopi.

  • Mengisi formulir pendaftaran
Saat mengisi formulir pastikan semuanya benar dan lengkap, selanjutnya diserahkan ke loket STNK hilang disertai dengan berkas kelengkapan administratif.

  • Mengurus cek blokir
Cek blokir adalah mengurus surat keterangan STNK yang hilang dari SAMSAT, didalamnya berisi keterangan tentang keabsahan STNK, misal tidak dalam kondisi pencairan atau diblokir, maka Anda harus melampirkan cek fisik kendaraan.

  • Mengurus pembuatan STNK baru
Untuk mengurus pembuatan STNK baru karena STNK yang lama hilang, Anda harus menyerahkan semua kelengkapan berkas dan surat keterangan hilang dari SAMSAT di loket Bea Balik Nama Dua (BBN II).

  • Bayar pajak kendaraan
Anda harus membayar pajak kendaraan, jika sudah membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, maka Anda tidak perlu membayar lagi.

  • Biaya membuat STNK baru
Menurut PP No. 50 tahun 2010, biaya STNK baru sebagai berikut :

Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih dengan biaya Rp. 75.000
Kendaraan bermotor roda 2, roda 3 dan angkutan umum dengan biayaRp. 50.000
Pengesahan STNK Gratis tanpa biaya

5. Mengambil STNK dan SKPD

Jika semua langkah sudah Anda lakukan. Anda tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir dan serahkan ke bagian pengambilan STNK baru, lalu tunggu adanya panggilan untuk ambil STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan STNK lagi, sebaiknya Anda buat salinan berupa fotokopi surat-surat seperti SIM, STNK, KTP dan BPKB. Semua surat yang sudah di salin sebaiknya disimpan pada tempat yang menurut Anda aman.

Untuk Anda yang mengalami kehilangan STNK dan tidak memiliki salinan/fotokopinya dan belum memegang BPKB karena sepeda motor Anda masih kredit. Tenang ada cara mengurus STNK hilang Tanpa Fotokopi STNK.


Cara Mengurus STNK yang Hilang Tanpa Fotokopi STNK dan belum memegang BPKB Motor

Pada cara ini sangat tepat untuk Anda yang tidak memiliki fotokopi STNK yang hilang dan belum memegang BPKB sepeda motor. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan berkas untuk persyaratan administrasi

Untuk mengurus STNK yang hilang. Anda diwajibkan untuk melengkapi berkas sebagai persyaratan administratif, dibawah ini berkas-berkas yang harus Anda dapatkan :

2. Surat Pengantar dari Dealer atau Surat BPKB

Untuk Anda yang memiliki sepeda motor masih keadaan kredit (belum lunas) dan belum memegang BPKB. Anda bisa mendapatkan fotokopi surat pengantar maupun BPKB dari dealer tempat Anda membeli sepeda motor.

3. Siapkan KTP

Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi. Data KTP harus sama dengan data di STNK yang hilang.

4. Buat Surat Keterangan Kehilangan Dari Kepolisian

Anda harus memiliki surat keterangan kehilangan dari polsek atau polres terdekat saat Anda mengalami kehilangan STNK.

5. Legalisir fotokopi BPKB dari dealer

Sebelum membawa semua berkas ke SAMSAT, sebaiknya Anda melegalisir fotokopi BPKB yang didapat dari dealer ke kantor polisi. Caranya sangat mudah, Anda tinggal datang ke bagian pengesan di polres dengan membawa fotokopi BKPB dan membawa KTP yang sesuai dengan BPKB.

6. Datang ke SAMSAT

Apabila Anda sudah melengkapi semua berkas administratif. Silahkan langsung datang ke kantor SAMSAT untuk membuat STNK baru karena yang lama hilang. Prosedur mengurus STNK hilang tanpa fotokopi dan BPKB sama seperti prosedur yang sudah MAS IRAWAN jelaskan diatas.

Pesan

Sangat mudah sekali bukan untuk mengurus STNK yang hilang, baik menggunakan fotokopi SNTK maupun yang tidak memiliki fotokopian tersebut. Alangkah baiknya selalu fotokopi berkas-berkas penting agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa langsung mengurus STNK hilang tanpa harus ke dealer terlebih dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa komentar pada kolom komen dibawah.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.
Dilarang berkomentar dengan memberi link dan akan di anggap spam!