Cara Mengurus Asuransi Motor Kredit Hilang dan Perhitungannya

Cara Mengurus Asuransi Motor Kredit Hilang dan Perhitungannya - Pada artikel kali ini merupakan pengalaman dari saya yang mengalami kehilangan sepeda motor. Saya ambil motor dengan masa kredit 3 tahun dan berjalan masih 9 bulan. Lalu bagaimana cara pengurusan motor kredit hilang? dibawah ini saya memberitahukan ke Anda dengan bercerita.

Cara Mengurus Asuransi Motor Kredit Hilang dan Perhitungannya

Hal pertama yang harus saya lakukan adalah dengan menelpon pihak leasing FIF, lalu saya disuruh ke polsek terdekat untuk meminta/membuat surat pelaporan hilang. Ketika saya berada di polsek ternyata disana banyak sekali orang yang melapor dan diantaranya mengalami kejadian yang sama seperti saya. Selanjutnya saya diajak ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) motor hilang ditemani dua pihak polisi, lalu saya menceritakan kejadian dan mencari tiga saksi antaranya dua satpam dan satu tukang parkir, setelah selesai saya harus kembali ke polsek untuk dibuatkan surat tanda penerimaan laporan.

Proses selanjutnya masih di polsek terdekat untuk dibuatkan surat bukti penahanan kunci motor dan stnk, setelah sudah saya pergi ke pihak leasing untuk memberikan surat lapor hilang kendaraan. Pihak asuransi membawa materai 3 buah dan menggambar tempat kejadian serta mengisi formulir. Ada beberapa berkas yang harus dilengkapi seperti :
  1. Surat tanda pelaporan dari polsek ( sudah selesai)
  2. Blokir stnk dari samsat ( masih proses dan sedikit memakan biaya serta waktu)
  3. STNK dan Kunci motor yang sudah ada tanta terima penahanan dari pihak polisi
  4. Fotokopi KTP.

Proses Blokir STNK

1. Meminta surat pengantar dari polsek tempat saya melapor dan diurus oleh polisi yang menyurvey ke tkp hilangnya motor. Surat pengantar pun sudah dibuatkan oleh pihak polisi. Sebagai info, ketika ke polsek sebaiknya pergi hari rabu saja, karena pada hari lain biasanya jadwal piket jaga polisi ada yang off.

2. Selanjutnya saya pergi ke polda untuk membuat surat disposisi blokir stnk. Dari polda pun disuruh kembali lagi tiga hari kerja. setelah tiga hari saya pun kepolda dan suratnya sudah jadi.

3. Apabila semua sudah selesai, saya lanjut ke samsat. Disana pun disuruh balik lagi hari besok untuk mengambil surat blokirnya karena tidak bisa langsung jadi dihari itu. Setelah surat blokir sudah jadi saya pun ke pihak leasing (asuransi FIF). Dan di informasikan akan keluar 3-4 minggu dari berkas lengkap dan uang bisa keluar.

Perhitungan Asuransi 

Untuk yang menggunakan asuransi motor TLO : enam bulan awal diganti 100 persen, enam bulan kedua 95 persen, tahun kedua 85 persen, tahun ketiga 75. Dikurangi 10 persen dari resiko sendiri.

Sebagai contoh motor saya yang hilang nilainya RP 24.900.000 hilang di enam bulan ke dua maka perhitungannya : 95% x 24.900.000 = 23.655.000 - 2.490.000(10 persen dari harga sepeda motor) = 21.165.000

Untuk Anda yang kredit seperti saya, uang dari total yang didapatkan diatas dikurangi hutang pokok kredit sepeda motor dan dikurangi administrasi. yang pastinya dapat dibawah dp. Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan dan mohon maaf kalau sedikit membingungkan dalam penulisan. Sekian dan terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengurus Asuransi Motor Kredit Hilang dan Perhitungannya"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel