Cara Klaim Asuransi Sepeda Motor FIF Agar Proses Cepat

Cara Klaim Asuransi Sepeda Motor FIF Agar Proses Cepat - Bagi Anda yang suka mengendarai sepeda motor harus memiliki asuransi, karena bisa menutupi biaya ketika Anda mengalami kehilangan ataupun kerugian pada motor Anda. Pasti Anda akan sangat bingung untuk mencari biaya ganti rugi. FIFGroup memiliki jenis asuransi motor yang terbaik di Indonesia. Asuransi tersebut melayani pembiayaan dan asuransi pada kendaraan beroda dua dengan merek Honda. Karena pertumbuhan pada merek sepeda motor tertentu terus menaik. Asuransi FIF memberikan pelayanan professional dan sangat prima. Hal itu juga berlaku untuk syarat dan prosedur klaim Asuransi FIF.

Cara Klaim Asuransi Sepeda Motor FIF Agar Proses Cepat

Apa itu Asuransi Motor FIF?

Sebagai penyedia layanan asuransi untuk pembiayaan pada motor Honda yang resmi, pastinya FIFGroup akan terus berusaha untuk membuktikan kinerja dengan memberikan nilai ril dan bukti melalui asuransi motor. Asuransi FIF menawarkan servis regular untuk kendaraan yang hilang atau mengalami kerusakaan akibat kecelakaan dengan angka kebih dari 75 persen dari biayanya. Ada juga layanan asuransi untuk pelanggan asuransi yang meninggal dunia karena mengalami kecelakaan.

Prosedur Klaim Asuransi Motor FIF

Prosedur dan syarat untuk klaim asuransi FIF sangat mudah sekali. Yang paling utama adalah laporan Anda harus memenuhi syarat. Berkas laporan harus lengkap dengan surat pendukung seperti surat keterangan kehilangan dari Polisi Sekitar (Polsek) dimana saat Anda mengalami kehilangan motor. Bukan di Polisi Sekitar yang dekat tempat tinggal Anda. Sebagai contoh, Anda datang ke Surabaya dan sepeda motor hilang di Surabaya Selatan, maka anda harus mencari surat keterangan dari Polsek Surabaya Selatan. Ada beberapa syarat untuk memenuhi keterangan kecelakaan atau kehilangan sepeda motor seperti dibawah ini.


  1. Langkah awal Anda harus memberi laporan untuk klaim paling lambat 3 hari 24 jam sejak Anda mengalami kecelakaan atau kehilangan terhadap sepeda motor di kantor cabang FIF terdekat,
  2. Mempersiapkan dokumen penting seperti :
  • Laporan kerugian yang Anda alami dan diisi lengkap serta ditandatangani pelapor,
  • STNK,
  • Surat keterangan dari Polsek,
  • Fotokopi SIM,
  • Fotokopi KTP pemiliki sepeda motor.
Sesudah menyerahkan semua berkas laporan secara lengkap, selanjutnya petugas asuransi FIF akan menanyai (wawancara) ke Anda atas laporan kerusakan atau kehilangan yang Anda alami. Maka petugas asuransi FIF akan menyuruh Anda kembali ke Polisi sekitar (Polsek) untuk cari surat memblokir  STNK. Surat tersebut biasanya bisa Anda dapatkan setelah seminggu melaporkan kehilangan motor. Dan syarat tersebut khusus Anda yang mengalami kehilangan sepeda motor.

Selanjutnya, surat tersebut harus Anda berikan ke petugas Asuransi FIF dan selanjutnya akan di kirim ke Polda saat Anda mengalami kehilangan. Anda sebagai pelapor bisa ke Samsat tinggal mengurus proses pemblokiran. Untuk proses pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta pihak asuransi FIF yang mengurusnya. Apabila pihak asuransi yang mengurusnya maka Anda harus membayar biaya administrasi.

Apabila surat blokir STNK dari polsek dan surat keterangan kaditserse dari Polda untuk asus kehilangan/pencurian sudah lengkap, Maka Anda harus melengkapo pelaporan dengan syarat seperti dibawah ini.

  • Kunci Kendaraan
  • BPKB asli
  • Faktur pembelian sepeda motor
  • 2 blanko kuitansi dengan tandatangan dan 1 lembar harus dengan materai
  • Surat penyerahaan hak atas memiliki sepeda motor.
Biasanya saat membeli sepeda motor dengan sistem kredit sudah otomatis mendapatkan layanan asuransi FIF untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Untuk jumlah ganti rugi kerusakan sepeda motor milik Anda, berdasarkan perhitungan dari asuransi FIF. Bergantung dengan kapan Anda mengalami kehilangan sepeda motor. Apabila sepeda motor hilang dalam waktu 6 bulan, maka pihak FIF akan mengganti kerugian dengan sejumlah biaya sesuai dengan harga pasaran sepeda motor pada saat itu. Sebagai contoh, Anda mengalami kehilangan sepeda motor Vario reguler, maka anda akan diganti dengan uang kurang lebih 14,3 Juta Rupiah. Uang yang diberikan ke Anda adalah uang yang dicarikan dari FIF dikurangi dengan jumlah hutang angsuran Anda sebagai pemilik sepeda motor. Biasanya hal tersebut diberikan kepada pemilik yang membeli motor dengan cara kredit.

Syarat dan prosedur klaim asuransi fif cukup mudah sekali apabila Anda memenuhi syarat dari asuransi tersebut. Banyak sekali orang yang tidak mengerti untuk melakukan klaim saat mengalami kehilangan atau kerugian pada sepeda motor saat Anda masih membeli dengan cara kredit. Pengganti biaya akan dilakukan dengan prosedur yang berlaku. Untuk kendaraan bermotor roda dua yang kredit biasanya mendapatkan asuransi Total Lost Only (TLO) yang berlaku untuk memberi ganti rugi baik kehilangan atau kecelakaan yang menyebabkan kerugian 75 persen. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang klaim asuransi motor FIF dan prosedurnya secara lengkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel