Skip to main content

Cara Klaim Asuransi Jasindo Agar Cepat DiProses

Cara Klaim Asuransi Jasindo Agar Cepat DiProses - Asuransi sangat diperlukan untuk membiayai biaya kerusakan atau perbaikan sepeda motor ataupun mobil. Biasanya akan mendapatkan asuransi apabila Anda membeli kendaraan secara kredit. Ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai keinginan atau dengan adanya asuransi bisa ganti rugi saat Anda mengalami kehilangan ataupun kerusakan pada kendaraan. Proses klaim asuransi berbeda-beda ada yang mudah dan ada yang bikin pusing kepala. Perlu Anda ketahui, Syarat dan Prosedur klaim asuransi jasindo sangat mudah dilakukan apabila Anda melengkapi semua berkas pelapor yang dibutuhkan pihak Jasindo.

Cara Klaim Asuransi Jasindo Agar Cepat DiProses

Jenis-jenis Jaminan Asuransi di Jasindo

Ada beberapa jenis jaminan yang bisa Anda pilih di Jasindo. Jaminan asuransi jasindo yang ditawarkan meliputi kehilangan dan kerusakan yang diakibatkan seperti pencurian, kebakaran, kerusakan, tergelincir, terbalik dan kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam. Selain itu ada juga jaminan dari pihak ketiga untuk dapatkan ganti rugi terhadap sepeda motor. Jaminan dari asuransi jasindo sangat berguna untuk biaya ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan pada motor dari asuransi jasindo.

Syarat dan Prosedur Klaim Asuransi Jasindo

Ingin mengajukan asuransi di Jasindo? Anda bisa datang ke kantor cabang yang ada polis asuransi kendaraan yang diterbitkan. Sebelum ke kantor cabang, Sebaiknya Anda melengkapi semua berkas yang dibutuhkan agar bisa mengajukan klaim asuransi. Ada beberapa tahap dan syarat yang wajib dilengkapi sebagai berikut :

  1. ketika Anda mengalami kerusakan atau kehilangan memiliki batas waktu 3 hari 24 jam atau 3 x 24 jam sejak terjadinya musibah.
  2. Anda harus mempersiapkan semua berkas/surat pelapor pendukung seperti polis asuransi, surat keterangan dari pihak kepolisian saat anda mengalami kecelakaan atau kehilangan. 
  3. Fotokopi KTP, 
  4. STNK kendaraan asli.


Laporkan kejadian yang Anda alami ke pihak asuransi Jasindo di pelayanan. Proses klaim Anda akan dilakukan apabila berkas –berkas yang dibutuhkan sudah lengkap semua. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mengisi rincian dan data atas kejadian kehilangan atau kerusakan pada motor Anda. Setelah sudah mengisi data dengan lengkap, selanjutnya Anda akan bertemu petugas survey. Lalu, petugas tersebut akan memfoto kondisi motor untuk menemukan bukti akibat apa kerusakan tersebut. Sedangkan yang mengalami kehilangan maka prosesnya berbeda karena tidak ada proses memfoto motor. Ketika permintaan ganti rugi dipenuhi maka anda diberikan daftar ke bengkel rujukan yang sudah bekerjasama dengan pihak Jasindo. Anda bisa memilih bengkel yang diinginkan. Jika Anda memenuhi persyaratan yang ada maka proses klaim asuransi motor jasindo hanya dalam waktu 30 menit saja.

Proses Klaim Asuransi Jasindo untuk mobil

Untuk proses klaim asuransi jasindo pada mobil dan sejenisnya memiliki syarat dan prosedur yang berbeda seperti dibawah ini.

  1. Memberikan laporan dan nilai klaim terhadap mobil baik tertulis atau lisan. 
  2. Anda bisa melapor maksimal 3 x 24 jam setelah kehilangan atau kerusakan, sebaiknya datang saja ke kantor cabang jasindo yang terdapat polis asuransi.
  3. Memberi izin ke pihak asuransi untuk menghitung kerugian yang Anda alami
  4. Siapkan berkas-berkas pendukung untuk proses klaim mobil. Pastikan berkas yang Anda miliki sesuai dengan yang dibutuhkan.


Prosedur ganti rugi di Asuransi Jasindo

Setelah memenuhi semua persyaratan diatas, ada dua proses yang harus Anda lakukan agar mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi jasindo. Prosedur ini hanya ada pada kendaraan bermotor yang mengalami kerusakan saja. Langkah awal pergi ke bengkel, lalu, pihak bengkel akan observasi pada kondisi motor. Observasi dilakukan sesudah mengajukan spk. Pengajuan akan diterima bengkel dan persyaratan dan berkas akan diperiksa. Sedikitnya membutuhkan waktu selama satu minggu untuk prosesnya.

Anda pergi ke asuransi jasindo apabila berkas sudah lengkap. Lalu, Anda bisa memperoleh SPK yang diserahkan pada bengkel yang Anda pilih. Lalu, pihak bengkel akan menerima SPK dan memesan barang yang dibutuhkan untuk memperbaiki motor Anda. Hanya dalam waktu 2 minggu agar mendapatkan proses ganti rugi pada motor yang mengalami kerusakan. Syarat tersebut sangat mudah sekali apabila Anda melengkapi semua persyaratan dan berkas sesuai yang dibutuhkan pihak Jasindo.
Banyak yang bilang kalau proses klaim di jasindo ribet dan berbelit-belit setelah mengalami kecelakaan. Sebenarnya hal tersebut tidak berlaku apabila Anda memenuhi persyaratan. Pastikan untuk melapor maksimal 3 x 24 jam dan apabila melewati waktu tersebut, maka Anda akan sulit untuk melakukan klaim asuransi di Jasindo, karena hal tersebut sudah disepakati pada polis asuransi. Tidak hanya itu saja, untuk pengemudi yang tidak memiliki SIM dan terkena pengaruh alcohol tidak akan diproses.

Untuk Anda yang masih bingung dengan prosedur dan persyaratan klaim asuransi, Anda bisa menghubungi call center pihak Jasindo untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Jika Anda mengalami kehilangan motor, maka akan mendapatkan ganti rugi 80 persen dari harga pasaran motor Anda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan tentang klaim asuransi di Jasindo,  semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan pada social media dibawah ini. Sekian dan terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar