Cara Install CI (CodeIgniter) di Xampp

Masirawan.Com - Codeigniter adalah framework php yang ringan, sederhana dan sangat mudah dipelajari, Codeigniter yang biasanya di singkat CI telah mengadopsi Model-View-Controller (MVC) serta anda bisa memisahkan logika dengan tampilan website yang ingin Anda bangun dengan menggunakan framework berbasis MVC tersebut.

Cara Install CI (CodeIgniter) di Xampp

Sebelum belajar framework codeigniter sebaiknya Anda harus mempelajari tahapan dasar dari konsep OOP (Object Oriented Programming) terlebih dahulu, karena dengan mempelajari konsep OOP mempermudah Anda dalam pemograman atau memahami cara kerja menggunakan framework CI.

Untuk Anda yang ingin mempelajari Codeigniter pasti harus menginstall framework tersebut, lalu bagaimana cara memasang CodeIgniter? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan langkah-langkah memasang/install Framework CodeIgniter dengan mudah.

Cara Install CodeIgniter di Xampp

1. Masuk ke Download CodeIgniter
2. Klik tombol Download CodeIgniter 3

3. Setelah selesai mendownload, pindahkan file CodeIgniter.zip tersebut ke Local Disk (C:) -> Xampp -> htdocs

4. Jika sudah silahkan klik kanan pada file CodeIgniter.zip, lalu klik Extract Here
5. Selesai, Anda akan melihat folder Codeigniter.

Pesan :

Untuk mempermudah dalam membuka CI di browser sebaiknya Anda menghapus versinya, misal seperti milik saya dengan nama folder CodeIgniter-3.1.10 menjadi CodeIgniter atau bisa merubah  menggunakan nama yang sesuai keingingan Anda.

Sedangkan untuk tes sukses atau tidaknya CodeIgniter yang sudah Anda install tadi, caranya cukup mudah, dengan membuka Xampp klik Start pada Apache dan MySQL, selanjutnya buka browser lalu ketik localhost/namafolder (Contoh : localhost/CodeIgniter). Jika instalasi Anda berhasil akan muncul tulisan Welcome to CodeIgniter! seperti gambar dibawah ini.


Untuk belajar CI sebenarnya sudah ada tutorial lengkapnya dengan cara klik User Guide seperti gambar diatas. Namun yang disayangkan semua tutorial tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara install codeigniter untuk pemula, kunjungi terus masirawan.com untuk mendapatkan informasi tutorial pemograman yang lainnya dan apabila Anda berhasil atau tidaknya ketika install framework CI silahkan untuk komentar dibawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Install CI (CodeIgniter) di Xampp"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel