Cara Daftar Google News untuk Tingkatkan Visitor Organik

Masirawan.ComCara Daftar Blog ke Google News dan Tingkatkan Visitor Organik - Google News adalah layanan google dari berbagai situs yang menyediakan konten berita serta konten yang sedang trending dan bisa dinikmati secara gratis. Setiap Blogger pasti menginginkan bisa di terima oleh Google News, karena dengan mendaftar di google news bisa mendatangkan puluhan ribu visitor organik dari pencarian google.



Lebih hebatnya lagi, apabila Anda sudah terdaftar google news maka tidak perlu menggunakan trik SEO untuk bisa jadi page one di pencarian google. Pertama kali rilis Google News hanya tersedia bahasa Inggris saja, namun saat ini sudah support berbagai macam bahasa dan salah satunya terdapat Bahasa Indonesia.

Kelebihan Google News untuk Blog

Apabila Anda sudah mendaftarkan blog ke Google News maka akan mendapatkan banyak kelebihan, seperti dalam pencariaan google, situs Anda yang membahas berita akan dimasukkan ke kanal khusus berita dan akan diprioritaskan dalam pencarian dari pada situs lainnya. Dibawah ini kelebihan yang bisa Anda dapatkan seperti :

  1. Artikel Cepat Terindeks oleh Mesin Pencari Google
  2. Trafik Organik Meningkat hingga Puluhan Ribu
  3. Mudah Page One Tanpa Trik SEO
  4. Meningkatkan Penghasilan Adsense

Persyaratan Diterima Google News

Untuk mendaftar Google News ada beberapa persyaratan seperti blog sudah diverifikasi oleh Google Webmaster Tools. Namun ada seleksi lainnya karena google news menginginkan update berita yang memiliki kualitas sangat bagus. Sama halnya mendaftar Google Adsense, Anda bisa diterima dan bisa juga di tolak. Nah, dibawah ini ada beberapa persyaratan yang bisa Anda lakukan agar kesempatan diterima ketika mendaftar Google News lebih besar.

1. Menggunakan Domain TLD (Top Level Domain)

Dengan menggunakan domain custom (TLD) agar blog Anda lebih berkualitas dan memiliki nilai tersendiri, karena dengan menggunakan Top Level Domain dianggap lebih serius dalam mengelola situs.

2. Menggunakan CMS

Sebaiknya menggunakan wordpress self hosting atau CMS untuk mendaftar Google News. Karena dengan menggunakan CMS lebih banyak fitur plugin sehingga lebih mudah membuat situs yang lebih sempurna. Untuk Anda yang menggunakan blogger.com jangan khawatir karena masih bisa mendaftar Google News dengan mengikuti persyaratan yang ada.

3. Memiliki Tampilan yang Bagus

Dengan menggunakan template yang baik dan bagus tujuannya agar blog Anda terlihat lebih profesional, sebaiknya menggunakan tema berita yang rapi dan enak dipandang dan akan lebih baik apabila Anda menggunakan template premium.

4. Kelengkapan Navigasi Blog

Melengkapi navigasi blog tujuannya agar menunjang kepercayaan dari blog yang Anda miliki. Kelengkapan navigasi meliputi About, Contact Us, TOS, Disclaimer dan Sitemap. Google News pun merekomendasikan kelengkapan navigasi pada blog sebelum Anda mendaftarkannya.

5. Memiliki Banyak Penulis

Pihak Google News sangat merekomendasikan sebuah situs harus memiliki banyak penulis agar situs tersebut bisa update setiap harinya. Apabila mengerjakan situs sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa akun untuk menjadi penulis bayangan.

Terdapat rekomendasi lain untuk update lebih maksimal, misal Anda menggunakan 5 penulis, maka dalam satu hari Anda harus update 15 tulisan (artikel) dari berbagai penulis dan membahas topik yang berbeda. Jangan menggunakan 1 penulis untuk menulis 15 artikel.

Lebih sulitnya lagi saat review Google News, Anda harus lebih sering update artikel setiap hari karena masa review Google News 3 - 30 hari lamanya. Jadi terus genjot artikel dengan 250 - 350 kata, lebih banyak kata maka lebih baik dan usahakan tulisan original (unik).

6. Blog Berumur

Dalam artian berumur, blog Anda harus memiliki umur setidaknya 6 bulan sebelum didaftarkan ke google news. Karena google news sangat ketat dalam menyeleksi situs agar bisa tampil di kanal berita. Jadi blog yang berumur 6 bulan atau lebih sangat saya rekomendasikan.

7. Kelengkapan lain

Agar blog dapat dipercaya dan memiliki performa yang sangat baik, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak menggunakan plugin yang berlebihan di Wordpress agar situs Anda memiliki loading yang cepat. Jangan lupa untuk submit ke webmaster untuk menunjang kualitas blog Anda.

Cara Mendaftar Google News

Jika Anda sudah menerapkan persyaratan diatas tujuannya untuk lebih mudah di terima Google News. Apabila Anda belum menerapkan dan ingin mendaftar silahkan Anda coba dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke Google PartnerDash
2. Pilih Blog yang akan di Daftarkan dan Klik "Request Inclusion in News Indeks"

3. Lengkapi General Information sesuai konten blog Anda dan lengkapi Site Information sebagai contohnya seperti gambar dibawah ini.
4. Pada Categories dan News Sections Information, Anda bisa mengikuti seperti yang saya contohkan pada gambar dibawah ini. Jika sudah Klik Submit.

5. Apabila Anda melihat tulisan Inclusion Request Submitted berarti Anda berhasil Mengajukan Pendaftaran.

Setelah Anda berhasil mengajukan pendaftaran situs ke Google News, tinggal Anda menunggu reviw google selama 30 hari. Selama proses review sebaiknya Anda terus update artikel umik setiap harinya. Mungkin hanya itu saja tentang persyaratan dan cara mendaftar google news untuk blog. Semoga bermanfaat jangan lupa untuk berkomentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar Google News untuk Tingkatkan Visitor Organik"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel