Cara Cek Klik Tidak Valid pada Google Adsense

Daftar Isi [Tampilkan]
Masirawan.Com - Cara Mengecek Klik Tidak Valid pada Google Adsense -  Ciri-ciri klik tidak valid pada Adsense biasanya ditandai nilai BPK yang rendah, Invalid klik biasanya terjadi karena ada unsur kesengajaan dari pengunjung di blog Anda. Sebagai Publisher pasti adanya kejadian klik tidak valid pada iklan pasti bisa membuat Anda menjadi rugi.

Cara Cek Klik Tidak Valid pada Google Adsense


Kenapa Klik Tidak Valid Adsense Bisa Terjadi?

Klik tidak valid pada iklan Adsense, Admob ataupun iklan Youtube disebabkan oleh pengunjung yang mengeklik iklan tersebut tanpa menunggu halaman terbuka secara penuh, dan yang terjadi Adsense pun membaca kegiatan tersebut sebagai klik yang tidak valid.

Jika terjadi kegiatan invalid klik yang terlalu berlebihan bisa mengancam keselamatan akun Adsense milik Anda, karena dengan terjadinya invalid klik yang banyak bisa menyebabkan akun Adsense di banned. Untuk menghindari kejadian yang buruk sebaiknya selalu berhati-hati ketika Anda membagikan blog ke media sosial, karena kemungkinan klik tidak valid bisa terjadi akibat pengunjung yang iri dengan keberhasilan Anda. Lalu dibawah ini adalah beberapa ciri klik tidak valid pada Adsense.


4 Ciri-Ciri Aktivitas Klik Tidak Valid Google Adsense

1. Naiknya CTR (Click Through Rate)

Ciri yang pertama ditandai dengan naiknya nilai % (persen) pada CTR, apabila nilai CTR pada adsense Anda mencapai 10% ataupun keatas sudah dipastikan klik iklan tidak valid. Sedangkan rendahnya nilai CTR antara 2-5 persen menandakan kalau tidak ada kecurangan pada klik iklan.

Untuk Anda yang mengalami kenaikan CTR sampai 10 persen keatas, namun Anda tidak melakukan kecurangan sama sekali dan pengunjung (trafik organik) berasal dari google. Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak melanggar, karena saya sudah pernah mengalaminnya. Perlu Anda ketahui bahwa CTR dalam Bahasa Indonesia disebut Rata-Rata Klik dan Tampilan (RKT).

2. Mendapatkan Klik Banyak tetapi Penghasilan Kosong

Mendapatkan klik banyak pada iklan pasti bisa menjadi mimpi seorang blogger, tapi sangat tidak wajar kalau Anda mendapatkan banyak klik iklan namun penghasilan tidak ada sama sekali. Sebagai contoh, anda mendapatkan 50 klik namun pada taksir penghasilan hanya mendapatkan Rp. 500 bahkan Rp. 0 dan sudah dipastikan terjadi invalid klik.

3. Penghasilan Naik Drastis Namun hanya Sementara

Penghasilan bisa naik drastis dan turun secara drastis juga. Sebagai contoh, Terjadi aktivitas pada adsense seperti Anda mendapatkan penghasilan Rp. 200.000 dan tidak lama kemudian turun menjadi Rp. 80.000. Dengan melihat aktivitas tersebut, sudah dipastikan adanya invalid klik namun proses dari google hanya sedikit lebih lambat. Hal tersebut bisa terjadi bukan karena kesalahan google, melainkan adanya unsur yang disengaja oleh pengunjung blog Anda.

4. Klik Tidak Sebanding dengan Trafik Blog

Apa yang dimaksud klik tidak sebanding dengan trafik blog? Begini penjelasannya, misalkan pada adsense Anda memiliki 1000 tayangan iklan di blog dan yang klik hanya 3-10 pada iklan maka sudah dipastikan tidak terjadi invalid klik. Sedangkan aktivitas yang tidak wajar seperti Anda menampilkan 1000 tayangan dan mendapatkan 500 klik pada iklan Adsense. Jika terjadi hal tersebut sebaiknya Anda melepas iklan pada blog terlebih dahulu sampai RKTnya turun.


Cara Mengecek Klik Tidak Valid di Google Adsense

1. Masuk ke Google Adsense
2. Klik Pembayaran, pada Transaksi klik Melihat Transaksi


3. Setelah itu Anda akan melihat tulisan Traffic Tidak Valid - Adsense untuk Konten dan samping kanan tulisan tersebut terdapat nilai rupiah seperti yang saya tandai dengan kotak merah pada gambar dibawah adalah penghasilan yang tidak valid.


Cara Mengatasi Klik Tidak Valid pada Google Adsense

Sebelum terjadinya invalid klik Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada dibawah ini, agar terhindar dari blokir atau banned. antisipasinya sebagai berikut ini :

1. Bertindak dengan Tanggap

Bertindak dengan tanggap dalam artian, jika Anda sudah terlanjur mengalami invalid klik sebaiknya melepas iklan yang ada di blog terlebih dahulu agar kondisinya lebih kondusif dan RKTnya menurun. Bisa dikatakan bahwa cara ini paling bagus untuk menghindari banned.

2. Menggunakan fitur "Situs yang diijinkan"

Dengan menggunakan fitur yang diijinkan bertujuan untuk menampilkan iklan serta menghindari orang yang tidak bertanggung jawab di situs dan akan diabaikan oleh google.

3. Cek Akun Adsense secara Berkala

Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan sebaiknya Anda selalu mengecek adsense secara rutin agar mengetahui aktivitas yang terjadi pada akun adsense milik Anda.

4. Install Ekstensi di Browser Chrome

Silahkan Anda pasang ekstensi Adsense Publisher Toolbar pada browser Google Chrome di PC/Laptop dan Anda juga bisa install aplikasi Google Adsense di GooglePlay, tujuannya untuk memasang aplikasi agar Anda bisa cek secara rutin, realtime dan dapat menindak lanjuti kesalahan yang terjadi.

Mungkin hanya itu tentang cara mengetahui invalid klik atau klik tidak valid google adsense, dengan adanya artikel ini semoga Anda bisa berhati-hati dan akun adsense aman dari orang yang iseng. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar dibawah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Klik Tidak Valid pada Google Adsense"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel