Skip to main content

Cara Blog Domain TLD Bisa Di Buka Tanpa WWW

Masirawan.Com - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara custom domain agar bisa dibuka tanpa WWW. Karena membuka blog tanpa menggunakan WWW bisa mempersingkat domain Anda agar mudah di ingat oleh pengunjung. sebelum menuju ke tutorialnya sebaiknya Anda harus mengetahui apa itu WWW.

Cara Blog Domain TLD Bisa Di Buka Tanpa WWW


Apa itu WWW ?

WWW (World Wide Web) adalah informasi di internet yang digunakan sebagai pengenal global yang bisa disebut dengan pengidentifikasi Url atau kumpulan web yang membagikan informasi dari seluruh dunia dan bisa digunakan secara bersama.

Kembali ke topik pembahasan. Di ambil dari pengalaman saya dulu saat masih pemula dalam dunia blogger dan sekarang pun masih tetap pemula hehe, ketika saya ingin membuka blog tanpa menggunakan WWW malah blog saya mengalami error 404 dan setelah saya coba menambahkan WWW ternyata blog saya bisa dibuka secara normal. Kenapa hal itu bisa terjadi?  ada 2 (dua) alasan yang signifikan antara Anda belum menyetel custom domain atau belum setelan dns.

Cara agar Blog Bisa di Akses Tanpa WWW

Cara ini hanya berlaku untuk Anda yang menggunakan domain TLD pada blog, sedangkan Anda yang menggunakan domain bawaan (.blogspot.com) sudah secara otomatis bisa dibuka tanpa menggunakan WWW. Sebenarnya cara ini hanya untuk mengalihkan saja, bukan menghilangkan WWW.

  1. Masuk ke Blogger.com
  2. Pilih Setelan, lalu klik Dasar
  3. Silahkan klik Edit tepat samping kanan alamat blog
  4. Selanjutnya beri centang pada kolom kotak disamping tulisan Alihkan namadoman.com ke www.namadomain.com seperti contoh gambar dibawah, jika sudah selesai beri centang silahkan klik Simpan.
  5. Selesai, Anda berhasil melakukan custom domain.
Setelah Anda berhasil men-custom domain, silahkan coba untuk masuk ke blog Anda tanpa menggunakan WWW, jika berhasil pasti bisa masuk ke blog tanpa mengalami error 404, sebagai contoh saya menuliskan link masirawan.com dan secara otomatis menuju ke www.masirawan.com, nah, apabila anda mengalami hal seperti yang saya contohkan berarti Anda sudah berhasil untuk melakukan custom domain.

Sedangkan untuk setting DNS, saya rasa Anda sudah melakukannya dengan benar, jadi pada artikel kali ini tidak masuk dalam pembahasan, Apabila Anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas namun masih tidak berhasil silahkan komentar dibawah, sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar