7 Penyebab Sepeda Motor Mogok yang Wajib Anda Ketahui

7 Penyebab Sepeda Motor Mogok yang Wajib Anda Ketahui - Ketika anda berkendara menggunakan motor dan tiba-tiba mogok dijalan, mungkin membuat anda menjadi jengkel. Lebih jengkel lagi kalau tempat bengkelnya sangat jauh dari lokasi anda.
7 Penyebab Sepeda Motor Mogok yang Wajib Anda Ketahui

Dari pada marah, sebaiknya anda belajar tentang penyebab mogoknya sepeda motor. Ketika jauh dari bengkel, anda bisa mengatasinya sendiri. Dibawah ini merupakan 7 penyebab mogoknya sepeda motor.

7 Penyebab Sepeda Motor Mogok

1. Setelan klep tidak tepat

Motor mogok bisa saja diakibatkan oleh setelan klep yang tidak tepat. Bisa saja setelan klep terlalu rapat atau memiliki celah, mesin bisa saja cepat panas dan akselerasinya berkurang. Setelan yang pas adalah klep yang renggang agar mesin akan memiliki suhu yang tidak panas.

2. Saringan udara kotor

Perlu anda ketahui kalau fungsi filter udara pada motor ialah sebagai penyaring udara yang masik ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan debu dan kotoran. Campuran udara yang disaring harus menyatu dengan baik dengan bahan bakar.

Namun, apabila filter kotor, bisa membuat udara tidak bersih dan bisa saja ada debu. Hal tersebut membuat mesin tidak bisa bekerja secara maksimal. Tarikan gas motor akan berat dan mogok.

3. Salah dalam memilih bahan bakar

BBM (Bahan Bakar Minyak) di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis dan tergantung dari kandungan oktan. Setiap mesin pasti memiliki keinginan untuk asupan yang bisa membuatnya menjadi lebih maksimal. Pemilihan bahan bakar yang tepat seperti oktan tinggi berada diatas kisaran 92. Dengan oktan yang tinggi, proses pembakaran akan lebih sempurna dan polutan lebih kecil.

4. Mesin terlalu panas

Mesin motor yang panas bisa menjadi alasan kenapa motor bisa mogok. Karena sistem pembakaran atau adanya gesekan antara piston dengan liner boring. Panas tidak bisa diredam dengan pelumas sehingga suhunya cepat naik,

5. Sirkulasi oli tersumbat

Hal ini juga bisa menyebabkan motor menjadi panas, sirkulasi oli yang tersumbat sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan. Mogok adalah tahap pertama dari sirkulasi oli dalam mesinnya tersumbat. Jadi, banyak bagian mesin yang menjadi panas dan kering, lalu hal tersebut menyebabkan piston memuai dan macet di liner boring

6. Hilangnya pengapian pada komponen motor

Hilangnya pengapian membuat mesin tidak dapat menyala. Pengapian berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan baik, maka mesin anda tidak bisa hidup. Ituah penyebab hilangnya api pada proses pengapian datang dari komponen motor seperti CDI, koil, sepul dan usi.

7. Tangki tersumbat

Tutup tangki ada lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi. Apabila lubang kecil tersumbat, akibatnya ialah sirkulasi udara tidak ada sama sekali. Maka, bahan bakar tidak bisa mengalir turun dan mesin akan mogok.

Itulah 7 penyebab motor mogok, jangan lupa untuk di share pada sosial media dibawah. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel