Cara Menghitung Denda Pajak STNK Online Terbaru 2019

Cara Menghitung Denda Pajak STNK Online Terbaru 2019
Cara Menghitung Denda Pajak STNK Online Terbaru 2019 - Apakah anda telat membayar stnk? atau anda lupa untuk perpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan tidak tahu berapa denda yang harus dibayarkan, sebaiknya anda hitung terlebih dahulu agar bisa mengetahui estimasi pembayaran dari STNK yang terkena pajak. Jadi tidak bisa dikelabuhi oleh oknum yang berseragam.
Cara Menghitung Denda Pajak STNK Online Terbaru 2019

Perlu anda ketahui untuk kendaraan bermotor yang sudah terdaftar dan telat melakukan pembayaran pajak sesuai dengan tanggal saat berakhirnya masa PKB, dikenakan sanksi administratif dendanya 2 persen perbulan dari pokok pajak paling lama 24 bulan.

Jadi dalam 3 bulan terlambat membayar pajak berarti sanksi administratif sebesar 6% (enam persen), begitupun seterusnya sampai maksimal 48% (dua tahun) meski anda tidak bayar pajak sampai beberapa tahun, sanksi yang akan dikenakan tetap 48%. Dibawah ini contoh menghitung denda pajak stnk yang telat membayar satu bulan, siapkan kalkulator.

Cara Menghitung Denda Pajak STNK

PKB
Pokok : 231.000 (silahkan cek nominal PKB di STNK)
Denda administrasi : 2% x 231.000 = 4620
Jumlah = 231.000 + 4620 = 235.620

SWDKLLJ
Pokok : 35.000
Denda administrasi : 32.000
Jumlah : 35.000 + 32.000 = 67.000

Jumlah total PKB yang harus anda bayar adalah 235.620 + 67.000 = Rp.302.620

Lumayan totalnya yang harus anda bayar apabila telat, maka dari itu sebaiknya selalu bayar Pajak Kendaraan Bermotor sebelum jatuh tempo agar tidak terkena sanksi administratif.

Selalu gunakan kemudahan yang sudah disediakan Pemerintah Daerah, misalnya seperti kantor samsat jauh dari rumah anda, sebaiknya anda datang saja ke mobil keliling samsat atau samsat outlet terdekat.

Apabila anda tidak memiliki waktu yang luang, silahkan gunakan layanan e-samsat untuk membayar PKB, karena dengan struk pembayaran yan keluar dari mesin ATM sudah bisa dijadikan bukti kalau anda sudah membayar PKB tanpa harus menukar dengan SKPD, jika memang diperlukan, anda datang saja ke kantor samsat untuk menukarkan struk tadi dengan SKPD.

(sumber : kangibay/Dinas pendapatan prov. jabar) Otomotif

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Denda Pajak STNK Online Terbaru 2019"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pengunjung
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...