Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

Cara Mengetahui Knalpot Bocor pada Motor, Penyebab dan Dampaknya dengan Mudah

Cara Mengetahui Knalpot Bocor pada Motor, Penyebab dan Dampaknya dengan Mudah - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengetahui, penyebab dan dampak knalpot motor yang bocor. Knalpot merupakan sistem pembuangan gas. Kerusakan atau kebocoran pada komponen yang satu ini bisa menyebabkan tenaga motor berkurang dan nadanya makin bising.
Cara Mengetahui Knalpot Bocor pada Motor, Penyebab dan Dampaknya dengan Mudah
Keberadaan knalpot pada motor bisa meredam suara yang ada di ruang bakar mesin. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana suara motor tanpa knalpot. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda sebagai pemilik sepeda motor melakukan perawatan secara berkala terutama di bagian knalpot. Dengan perawatan pada knalpot agar mencegah terjadinya karat dan menyebabkan kebocoran di knalpot.

Penyebab Knalpot Motor Bocor

Bocornya knalpot bisa di sebabkan beberapa faktor. Salah satunya ada karat. Sisi knalpot yang berkarat dari air kotor bercampur dengan kotoran yang menempel terlalu lama pada knalpot sehingga menyebabkan lubang atau korosi.

Faktor lain yaitu adanya sistem kondensasi. Keadaan dalam dan luar knalpot mempunyai temperatur yang berbeda, maka dapat terjadinya karat di sistem pembuangan gas mesin motor tersebut. Terlebih saat keadaan hujan dengan kandungan garam yang sangat tinggi.

Selain itu, air bisa mengendap pada sistem pembuangan dan menyebabkan karat. Pada umumnya air bisa mengendap apabila anda sering berkendara di jalan dengan kecepatan rendah.

Dampak Knalpot Motor Bocor

Apabila knalpot sepeda motor bocor, akan banyak hal yang bisa saja terjadi di keadaan motor anda, terutama sisi performanya. Kebocoran atau kerusakan knalpot pada knalpot ini akan menimbulkan suara yang sangat bising dan tenaga motor anda dapat berkurang.

Kebanyakan kasus yang sudah terjadi, efek dari knalpot bocor bisa terasa seperti sepeda motor mati sendiri saat anda mencoba menyalakannya, terasa berat pada tarikan, boros bbm dan bisa terjadi letupan kecil pada knalpot motor saat menutup gas. Jika semua efek dari knalpot bocor dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dalam jangka waktu yang panjang.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan cara mengetahui knalpot bocor, penyebab dan dampaknya. Jangan lupa untuk di share pada media sosial dibawah ini. Sekian dan terima kasih.


Previous
« Prev Post