Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

Cara Mengatasi Laptop atau PC Tidak Bisa Masuk Bios 100% Berhasil

Cara Mengatasi Laptop dan PC Tidak Bisa Masuk Bios 100% Berhasil - Apakah saat ini laptop atau pc tidak bisa masuk bios? Pasti sedang mencari penyebab dan cara mengatasi tidak bisa masuk pada semua jenis bios di laptop dan pc. Masalah yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah laptop tidak bisa masuk bios atau bisa disebut dengan gagal booting.
Cara Mengatasi Laptop atau PC Tidak Bisa Masuk Bios 100% Berhasil
Ketika laptop anda tidak bisa masuk ke BIOS, maka laptop anda tidak bisa digunakan, karena tidak bisa masuk ke halaman awal windows. Saat laptop tidak bisa masuk ke menu BIOS, maka layar laptop akan berwarna biru dan terdapat tulisan error, hal ini lah yang dinamakan Blue Screen.

Apa itu Blue Screen?

Bluescreen adalah saat anda akan melakukan restart pada komputer/laptop dan di layar tersebut akan muncul warna biru dan terdapat tulisan error.

Penyebab Laptop atau PC Tidak Bisa Masuk BIOS


Sangat banyak sekali kondisi yang menyebabkan laptop mengalami blue screen dan tidak bisa masuk BIOS. Anda tidak perlu khawatir karena dari berbagai faktor yang menyebabkan laptop tidak bisa masuk BIOS, pasti ada cara untuk mengatasi masalah yang satu ini. Dengan menggunakan langkah-langkah tertentu anda bisa mengembalikan laptop seperti semula.

1. Software tidak Kompatibel

Software yang anda install tidak kompatibel dan bisa menyebabkan masalah pada laptop. Software yang tidak kompatibel dengan laptop bisa menyebabkan tidak bisa masuk ke BIOS. Kemungkinan anda baru saja menginstall software dan bisa juga software tersebut mengalami error.

2. Ada Masalah di BIOS

Faktor kedua ini yang memungkinkan anda tidak bisa masuk ke BIOS adalah adanya masalah pada BIOS itu sendiri. Masalah pada BIOS ini yang menyebabkan laptop anda menjadi tidak bisa masuk ke BIOS.

3. HDD tidak Terdeteksi

Hardware yang tidak bisa terdeteksi oleh laptop juga bisa menyebabkan laptop anda tidak bisa masuk ke BIOS. Harddisk merupakan bagian yang penting pada laptop anda. Harddisk bisa mempengaruhi booting pada laptop anda. Kalau memang harddisk yang menyebabkan tidak bisa memasuki BIOS, maka saat laptop/komputer yang dihidupkan akan muncul sebuah tulisan Disk Boot Failure.

4. Penggunaan Secara Berlebihan

Penggunaan laptop berlebihan dapat menyebabkan laptop anda mengalami overheat. Overheat pada laptop bisa menyebabkan error bahkan mati total. Tanda-tanda ketika laptop rusak karena digunakan secara terus-menerus adalah laptop anda tidak bisa masuk ke Windows atau gagal booting.

5. Masalah pada VGA dan Memori

Selain harddisk, ternyata VGA dan Memori pada laptop bisa bermasalah dan menyebabkan tidak bisa masuk BIOS (gagal booting). Jika memang benar masalahnya pada memori maka laptop anda akan berbunyi "beep" secara berulang saat akan menyalakan laptop. Apabila masalah ada pada VGA, maka laptop anda tidak memunculkan apa pun (tidak ada tampilan).

6. Terserang Virus

Banyaknya berbagai macam virus, ada juga virus yang menyebabkan laptop gagal booting. Laptop yang terkena virus akan mengalami kerusakan pada sistem. Virus tersebut yang menyebabkan laptop rusak dan tidak bisa masuk ke BIOS. Hal ini menyebabkan laptop gagal booting dan tidak bisa masuk ke menu utama Windows.

7. Sistem Windows Corupt

Tidak bisa masuk BIOS mungkin saja karena ada file sistem pada windows yang hilang, maka laptop anda mengalami tidak bisa booting. Selain file sistem windows yang corrupt (rusak), harddisk yang mengalami rusak dapat memberikan dampak buruk pada laptop, harddisk yang mulai rusak bisa menyebabkan laptop gagal booting.

Cara Mengatasi Laptop atau PC Tidak Bisa Masuk BIOS

1. Menggunakan dengan Cara Manual

Untuk mengatasi masalah yang pertama kenapa tidak bisa masuk BIOS adalah dengan menggunakan cara sederhana atau manual. Dengan menggunakan cara ini anda bisa memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk BIOS.

2. Mengatasi karena Software

  1. Silahkan masuk mode safe.
  2. Ketika laptop dihidupkan, anda tekan tombol.
  3. Periksa software (Perangkat Lunak) yang menyebabkan laptop gagal booting.
  4. Hapus software yang menurut anda mencurigakan dan berbahaya.
  5. Buka Control Panel pada laptop.
  6. Uninstall saja program yang menurut anda berbahaya.
  7. Kemudian silahkan di restart.

3. Mengatasi karena Memori dan VGA

  1. Lepas terlebih dahulu memori dan kartu VGA pada laptop/pc.
  2. Silahkan anda bersihkan pada memori dan kartu VGA menggunakan kain halus dan bersih.
  3. Jika sudah, pasangkan kembali VGA dan memori.
  4. Jika cara diatas masih belum berhasil, coba untuk memasang memori pada slot yang lain.
  5. Apabila komputer terdapat lebih daru satu memori, amka anda harus melepas keduanya terlebih dahulu dan menukar posisinya.
  6. Jika masih tetap belum berhasil dan anda mendengar suara "beep" pada CPU. maka ganti VGA dan memori dengan yang lain.
  7. Apabila CPU laptop/pc sudah terlihat lebih baik, namun monitor belum bisa tampil, maka anda harus mengganti VGA pada monitornya.

4. Mengatasi karena Overheat

  1. Buka CPU, lalu cek kondisi fan processor dan heatsink pada CPU, apakah berjalan dengan baik atau sebaliknya.
  2. Apabila fan berputar normal itu tandanya kalau fan processor masih berfungsi dengan baik, hal ini berarti tidak ada masalah pada Fan Processor.
  3. Apabila Fan tidak bisa berputar, maka anda harus coba untuk membersihkan Fan Processor tersebut. Karena gara-gara fan yang kotor bisa menyebabkan kerusakan pada laptop.

5. Mengatasi karena File Corupt

  1. Periksa memori dengan cara melepas harddisk yang terpasang pada CPU.
  2. Jika sudah anda cek, silahkan pasang kembali seperti posisi awal.
  3. Coba untuk memasuki menu BIOS.
  4. Selanjutnya, gantilah firstboot ke DVD-ROM atau ke Flashdisk.
  5. Restart laptop anda.
  6. Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas dan apabila memang sudah benar maka akan muncul tulisan "press any key to boot...". Anda bisa menekan tombol apa saja.
  7. Klik "repair your computer".
  8. Jika anda sudah melakukan beberapa langkah diatas dan masih tidak berhasl, anda harus install ulang sistem operasi pada laptop anda.

6. Mengatasi karena Virus

  1. Masuk ke windows dengan mode safe.
  2. Silahkan buka dan jalankan antivirus.
  3. Scan laptop menggunakan antivirus tersebut, tunggu prosesnya sampai selesai.
  4. Selanjutnya, jika anda menemukan virus berupa malware atau sejenisnya, anda harus hapus file atau program yang terkena virus tersebut.
  5. Silahkan restar laptop/pc anda.

7. Mengatasi karena HDD

Harddisk yang tidak bisa terbaca dapat menyebabkan tidak bisa memasuki BIOS. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan cara dibawah ini.
  1. Pastikan kabel IDE atau SATA yang ada pada CPU terpasang secara benar.
  2. Pastikan settingan antara Mastern dan Slaver pada bagian Jumper tak tertukar.
  3. Pastikan harddisk sudah terdeteksi BIOS.
  4. Pastikan harddisk bekerja secara maksimal. Jika harddisk bekerja maksimal, bagian tersebut akan bergetar ketika anda menyentuhnya.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang penyebab dan cara mengatasi laptop dan pc tidak bisa masuk ke BIOS. Selain penyebab yang sudah saya sebutkan diatas, mungkin saja masih banyak penyebab lain yang belum diketahui.


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.
Dilarang berkomentar dengan memberi link dan akan di anggap spam!