Skip to main content

10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Dijamin 100% Berhasil

10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Dijamin 100% Berhasil - Anda ingin membersihkan AC Mobil atau Evaporator AC Mobil? Tenang pada kesempatan kali ini akan membahas selengkap mungkin. Sebelumnya pada zaman saat ini pasti semua mobil sudah dilengkapi dengan AC, karena sangat penting sekali, apalagi pada negara Indonesia yang beriklim tropis, dan beberapa wilayah di Indonesia sangat panas sekali seperti di Sarabaya, Semarang dan Jakarta. Oleh karena itu, penjual ac mobil juga semakin banyak.
10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Dijamin 100% Berhasil

AC mobil memiliki berbagai komponen didalamnya, salah satunya evaporator. Evaporator berfungsi untuk menghembus udara dingin ke arah kabin. Sehingga kabin mobil anda terasa sejuk ketika perjalanan dekat maupun jauh.

Evaporator memiliki bentuk kotak dan terdapat ruang lika-liku. Pada lika-liku tersebut yang biasanya menjadi sarang kotoran dan memengakibatkan kinerja AC mobil tidak bisa bekerja secara maksimal. Lalu apa yang terjadi? Suhu mobil anda yang dihembuskan evaporator tidak dingin lagi.


Penjelasan Evaporator AC Mobil


Biasanya, evaporator ac mobil letaknya di bawah dashboard mobil. Evaporator yang terletak dibawah maka sering kali membuat evaporator mudah terkena kotoran dan debu. Untuk mengatasi masuknya kotoran dan debu di evaporator, pada era saat ini sudah banyak sekali mobil yang dilengkapi filter AC. Namun, Biasanya pemasangan filter AC tidak maksimal, karena kotoran dan debu yang sangat kecil, sehingga dengan mudahnya masuk ke evaporator.

Fungsi Evaporator AC Mobil


  • Memastikan kondisi AC masih bekerja secara baik atau tidak.
  • Memberikan udara dingin pada seluruh kabin mobil.
  • Mengubah freon dari cair menjadi gas dingin, sehingga pada kabin mobil terasa dingin.

Manfaat Membersihkan Evaporator AC Mobil


Anda sebagai pemilik mobil, wajib sekali untuk membersihkan pada bagian evaporator secara berkala. Sehingga anda bisa menerima manfaatnya, dibawah ini kelebihan membersihkan evaporator mobil sebagai berikut:
  • Evaporator menjadi tahan lama atau awet.
  • Hemat biaya, karena tidak perlu mengganti evaporator yang baru.
  • Sirkulasi udara dari AC Mobil menjadi lancar dan udaranya tetap dingin di dalam kabin.

Inilah Akibat Evaporator AC Mobil Kotor

  • Evaporator menjadi beku dan mengakibatkan ac tidak bisa bekerja maksimal.
  • Sirkulasi pada AC Mobil tidak lancar, sehingga suhu udara dalam kabin terasa lembab atau panas.
  • Evaporator tidak awet dan menyebabkan kerusakan pada komponen AC Mobil lainnya.
  • Sensor temperatur suhu ac menjadi tidak stabil, sehingga suhunya bisa berubah-ubah.
  • Menimbulkan panas berlebihan pada kompresor AC Mobil karena evaporator tidak bekerja maksimal.

Langkah-langkah Membersihkan Evaporator AC Mobil



1. Matikan Mesin Mobil


Apabila anda ingin membersihkan evaporator, pastikan terlebih dahulu kalau mobil anda dalam keadaan mati. Karena anda harus membongkar mesin agar bisa membersihkan evaporator. Siapkan semua peralatan untuk membersihkan, seperti sikat gigi dan masih banyak lagi.

2. Mengetahui Letak Evaporator


Evaporator biasanya berada di belakang atau bawah dashboard. Namun, letak evaporator menyesuaikan merek dan tipe mobil anda. Sebaiknya baca buku panduan dari mobil anda, karena semua informasi tentang mesin ada di dalam buku panduan tersebut.

3. Buka Filter atau Evaporator AC Mobil


Silahkan buka filter ac secara berhati-hati. Anda bisa mengikuti buku panduan tersebut. Apabila filter ac mobil anda kotor, sebaiknya anda ganti dengan filter baru agar kinerja AC Mobilbisa maksimal. 

Apabila kotoran yang menempel sedikit pada filter ac mobil, maka anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran tersebut. Lakukan perlahan saja agar tidak merusak komponen ac lainnya.

4. Botol Spray


Dengan menggunakan kaleng spray bisa membersihkan evaporator pada mobil. Cukup mengocok kaleng spray, lalu sisipkan kaleng dekatkan ke blower ac mobil agar semprotan spray bisa mengenai ke bawah blower.

5. Membuka Ventilasi AC dan Kaca Mobil


Langkah selanjutnya, silahkan buka kaca mobil dan ventilasi ac agar udara dari luar bisa masuk ke dalam mobil. Pastikan kalau anda melakukan hal ini ditempat yang tidak terlalu berdebu.

6. Hidupkan Mesin Mobil


Hidupkan mesin mobil anda, karena dengan menghidupkan mesin mobil maka ac menyala secara otomatis. Silahkan putar suhu ac ke suhu yang paling tinggi dan tiupan blowernya yang paling kencang. Tujuan tersebut agar anda bisa merasakan putaran blower, apakah sudah bekerja dengan baik atau belum. Jika hembusan angin masih pelan, maka anda harus periksa kembali pada bagian filter ac. Matikan mobil anda, dan silahkan cari pada bagian yang bermasalah.

7. Semprot dengan Cairan Pembersih


Apabila sudah tidak ada kendala pada evaporator, anda bisa menyemprotkan cairan pembersih ke bagian bawah blower, dengan menyemprot cairan tersebut bertujuan agar filter ac menjadi bersih. Cairan yang disemprot akan menjadi busa. Biarkan busanya sampai mengeluarkan air dari ventilator ac mobil.

8. Diamkan Mesin Mobil


Nyalakan mobil lalu diamkan agar busa bisa keluar dari ventilasi ac, anda cukup mendiamkan mesin mobil kurang lebih 15 - 20 menit. Pastikan pada ventilator sudah tidak ada air yang tersisa.

9. Membersihkan Lubang Ventilator


Bersihkan air yang keluar dari lubang ventilator. Anda bisa membuat air tersebut ke selokan atau got.

10. AC kembali Dingin


Setelah mendiamkan mobil selama 20 menit, anda bisa masuk ke kabin dan rasakan suhu udaranya sudah dingin atau belum. Apabila anda melakukan semua langkah secara benar, maka sudah dipastikan ac mobil anda akan kembali dingin dan bekerja secara maksimal.

Apabila anda sibuk atau masih ragu-ragu membersihkan evaporator ac sendiri. Anda bisa membawa ke bengkel dan biaya untuk membersihkan evaporator berkisar Rp. 650.000 - Rp. 850.000, namun untuk harga pasti berbeda-beda tergantung dari bengkel mobil tersebut.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar