Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dari Pengalaman Pribadi 2019

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dari Pengalaman Pribadi 2019- Sangat mudah sekali klaim asuransi mobil yang lecet dengan mengikuti prosedur yang benar serta sudah ditetapkan oleh pihak asuransi atau pengcover uang mobil anda sejak pertama kali membeli. Tidak ada salahnya kalau anda ingin mencoba mengajukan claim mobil yang lecet ke pihak asuransi.
Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dari Pengalaman Pribadi

Salah satu penyebab seseorang ingin klaim asuransi adalah karena mobilnya lecet ketika berkendara, memang mobil sangat rawan sekali dengan hal tersebut karena bisa saja ketika dijalan mengalami senggolan, apalagi anda terjebak didalam macet pasti resiko bersenggolan dengan kendaraan lain semakin besar. Lebih parahnya lagi kalau mobil anda cicilannya belum lunas atau masih kredit, tentu hal tersebut bisa membuat anda menjadi sedih sekali. Asuransi sangat penting, tetapi kalau memang anda belum yakin dengan asuransi tidak apa-apa.

Saat ini, sangat banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai program asuransi untuk mobil. Mulai dari yang mudah untuk mengklaimnya sampai yang merepotkan. Namun, pada pembahasan kali ini tidak menyebutkan pihak asuransi mana pun, karena pada kesempatan kali ini hanya share bagaimana cara mudah klaim asuransi mobil lecet dari pengalaman pribadi.

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet agar Cepat di Proses


Dengan mengklaim asuransi menjadi solusi utama untuk melakukan perbaikan mobil dari kerusakan kecil sampai kerusakan yang besar. Asuransi sangat membantu dalam keadaan yang mendesak dan bisa menghemat pengeluaran anda.

Meski pengajuan proses klaim tidak sembarangan. Pihak asuransi akan mempelajari terlebih dahulu bagaimana kronologi dan apa penyebabnya. Karena setiap kerusakan pada mobil harus di kalim dengan prosedur yang benar, ketentuan dan persyaratan berlaku yang sudah ditetapkan perusahaan asuransi.

Jadi anda harus mengikuti prosedurnya secara benar dan meneri konsekuensi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Lalu bagaimana untuk meminimalkan klaim asuransi yang merepotkan? Tenang dibawah ini merupakan langkah-langkah klaim asuransi mobil lecet dengan benar.

1. Menghubungi Pihak Asuransi


Sebelum anda melakukan pengajuan ke perusahaan asuransi atas musibah pada mobil anda yang mengalami kerusakan, langkah pertama adalah dengan menghubungi pihak asuransi dan nantinya akan cover semua kerugian yang anda alami. Proses dalam pelaporan klaim biasanya bisa anda lakukan maksimal 3 kali dalam 24 jam setelah kejadian.

Untuk menghubungi pihak asuransi, anda bisa melalui sms, telepon atau via email. Namun jika anda memiliki waktu luang atau dari posisi anda berada dekat dengan perusahaan asuransi, sebaiknya langsung datang saja ke perusahaan tersebut. Agar respon serta prosesnya lebih cepat untuk ditindak lanjuti.

Dalam hal tersebut tidak sedikit orang yang ingin menghubungi perusahaan asuransi. Justru mereka lebih suka memperbaiki mobil sendiri karena tidak merepotkan.

2. Memberikan Bukti Foto


Melampirkan bukti foto asli dari mobil anda yang mengalami lecet merupakan salah satu syarat yang harus anda lakukan ketika ingin mengajukan klaim asuransi. Karena dengan bukti foto menjadi acuan utama pihak asuransi untuk memproses dan yakin dengan klaim yang anda lakukan.

Dengan mengajukan laporan saja tidak cukup untuk melakukan klaim asuransi. Pihak asuransi pasti tidak akan mudah percaya untuk menerima klaim. Usahakan mengirim laporan disertai bukti foto yang sedetail mungkin.

Jangan bermain-main klaim ke perusahaan asuransi. Hal itu bisa merugikan anda di masa depan. Apabila anda mengajukan klaim baru, pastinya anda akan mengalami kesulitan karena reputasi anda jelek yang pernah dilakukan pada masa lalu.

3. Mengisi Formulir Pengajuan Klaim


Cara mengklaim asuransi mobil lecet berikutnya dengan mengisi formulir pengajuan klaim. Anda akan diberi form aplikasi dari perusahaan asuransi untuk diisi dan anda bisa menjelaskan hal apa saja yang ingin anda laporkan. Usahakan untuk mengisi selengkap mungkin, jangan sampai terlewatkan satu pun.

Semakin lengkap data akan semakin baik, karena penjelasan anda pada form klaim nantinya akan dijadikan acuan utama untuk proses pembayaran. Pihak asuransi pasti mengikut sertakan form tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangannya.

4. Memberikan Informasi dengan Jelas


Ketika anda diberikan beberapa pertanyaan dari pihak asuransi, anda harus menjelaskan sedetail mungkin dan jangan sampai anda memberikan keterangan yang bisa memunculkan pertanyaan berikutnya.

Anda harus menghindari penjelasan yang tidak masuk akal. Dengan jawaban yang tidak masuk akal karena mudah dibaca oleh lawan bicara (pihak asuransi). Sebaiknya anda harus menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri yang tinggi.

Rasa percaya yang tinggi bisa meyakinkan pihak asuransi. Tapi bagi anda yang tidak ingin ribet, cukup mencari solusi lain dengan memperbaiki sendiri.

5. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan


Anda harus melampirkan dokumen pendukung karena sangat wajib sekali, dengan melampirkan dokumen agar bisa menunjang proses mengklaim. Dokumen tersebut seperti dokumen tanggung jawab dari pihak ketiga dan dokumen kecelakaan.

Usahakan melengkapi kedua dokumen tersebut agar prosesnya dilakukan dengan cepat dan anda jangan membolak-balik dalam melengkapi dokumen yang belum ada. Dibawah ini penjelasan dokumen apa saja yang harus dilengkapi:

  • Dokumen Tanggung Jawab dari Pihak Ketiga (Jika Ada)
Dokumen tersebut digunakan sebagai tuntutan untuk mendapatkan ganti rugi. Selain itu bisa digunakan untuk jaminan bahwa terjadinya kerusakan pada mobil anda disebabkan pihak ketiga.

Dokumen pelengkap yaitu surat pernyataan kalau anda tidak memiliki asuransi. Belajar dari pengalaman, beberapa perusahaan asuransi di Indonesia tidak akan mengeluarkan biaya untuk ganti rugi apabila pihak ketiga sudah memiliki asuransi.

Adanya dokumen tersebut sangat penting dan menjadi salah satu syarat pertama. Dokumen lainnya yang harus dilengkapi meliputi STNK, KTP, SIM dan surat keterangan dari pihak polisi.
  • Dokumen Kecelakaan
Dokumen kecelakaan adalah formulir klaim yang sudah diisi secara lengkap. Pengajuan klaim yang baru bisa diproses pihak asuransi, apabila anda memegang polis dengan benar dan mengisi form klaim selengkap mungkin.

Selanjutnya anda harus wajib menyertakan foto copy polis asuransi mobil tersebut. Dokumen tersebut digunakan untuk membuktikan keikutsertaan anda sebagai nasabah dari perusahaan asuransi. Selain it, digunakan pengecekan pembayaran sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

Silahkan foto copy SIM, SIM digunakan bahwa anda sudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian untuk mengendarai mobil, selanjutnya anda harus foto copy STNK untuk membuktikan bahwa mobil anda benar milik anda sebagai pembuat klaim.

Dokumen terakhir adalah surat keterangan dari pihak polisi yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan, sebelum memutuskan untuk memberikan ganti rugi.

Mungkin itu saja tentang cara klaim asuransi mobil agar diproses dengan cepat, semoga anda bisa mempelajari lebih dalam lagi. Dengan adanya artikel ini menjadi referensi anda yang ingin mengklaim asuransi mobil. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel