Apa itu Adsense? Inilah Penjelasan dan Istilah Lengkapnya

Apa itu Adsense? Inilah Penjelasan dan Istilah Lengkapnya - Adsense adalah program kerjasama iklan yang menggunakan media internet dari Perusahaan Google. Dengan mengikuti program periklanan Google Adsense, maka anda sebagai pemilik blog atau situs yang sudah mendaftar dan telah disetujui menjadi Publisher Adsense, maka anda diperbolehkan memasang berbagai bentuk unit iklan pada halaman blog. Sebagai pemilik blog, anda akan mendapatkan uang dari pembagian hasil antara blog dengan Google Adsense, apabila ada pengunjung yang melakukan klik iklan di halaman blog atau bisa disebut sebagai PPC (Pay Per Click/Bayar Per Klik).
Apa itu Adsense? Inilah Penjelasan dan Istilah Lengkapnya

Selain iklan yang dibayar per klik, Google Adsense juga menyediakan Adsense for Search (Adsense untuk Pencarian) dan Referral (Iklan arahan). Pada jenis Adsense untuk pencarian, anda sebagai pemilik blog bisa memasang kotak pencarian Google. Pemilik blog akan mendapatkan pemasukan uang dari Adsense apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian lewat kotak pencarian tersebut, lalu akan muncul hasil pencarian dan disertai klik iklan. Untuk iklan arahan, pemilik blog akan mendapatkan pemasukan sesudah klik pada iklan yang berlanjut dengan tindakan tertentu dari pengunjung yang sudah disepakati antara pemasang iklan dan google tersebut.

15 Istilah dalam Adsense

1. Ad Copy

Apakah anda pernah melihat iklan baris pada koran? kata-kata dalam iklan yang disebut dengan naskah atau Ad Copy.

2. Ad Blocker

Sebuah software yang ada di browser dan berfungsi mencegah munculnya pop-up, banner dan iklan interaktif yang lainnya.

3. Ad View/Impression

Tampilan iklan yang bisa anda lihat di webpage, email atau newsletter. Pada dunia internet sangat banyak sekali perusahaan yang jual iklan berdasarkan jumlah tampilan. Seperti ada sebuah perusahaan yang jual space iklan "$200 for 30.000 impression". Dalam artian, dengan harga $200 iklan anda akan tampil dan dilihat 30.000 kali oleh pengguna di internet. Perlu anda ingat, bukan berarti 30.000 dilihat oleh pengguna yang berbeda, namun bisa saja pengunjung melihat iklan berulang kali dengan cara di refresh pada halaman web dan hal itu dianggap sebagai impression/view baru.

4. Ad Space

Ad Space adalah ruang iklan yang kosong pada halaman website.

5. Ad Rotation

Iklan yang digilir atau dirotasi. Sebagai contoh, anda dan 3 orang lainnya ingin promosikan "Produk Sabun B" dengan cara beli iklan di sebuah media percetakan secara patungan. Nah, agar mendapatkan prospek yang adil, anda dan 3 teman bisa membuat iklan rotasi di web yang sudah dipilih. Untuk rotasi 5 link affiliate yang berbeda secara digilir memerlukan script atau program yang harus di pasang pada server hosting.

6. Affiliate

Orang yang membantu jual produk orang lain dan mendapatkan sebuah komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan.

7. Affiliate Marketing

Pemasaran yang dilakukan oleh seorang affiliate untuk mempromosikan atau memasarkan produk di internet.

8. Affiliate Agreement

Sebuah kontrak antara seorang pemilik jasa/produk dengan seorang affiliate. Biasanya dalam kontrak terdapat syarat dan ketentuan dengan bisnis. Dokumen kontrak ini merupakan sebuah perjanjian legal yang mengikat.

9. Affiliate Fraud

Kegiatan ilegal yang dilakukan oleh seorang affiliate demi menghasilkan uang.

10. Affiliate Program Directory

Sebuah situs yang berisi berbagai macam program affiliate.

11. Affiliate Program

Model bisnis yang membayar upah ke seseorang yang telah berhasil mendapatkan penjualan untuk pemilik produk melalui link tertentu.

12. Affiliate Program Manager

Tugas seorang affiliate program manager adalah menjaga hubungan dengan seorang affiliate agar teratur, menjalankan program marketing dan menjawab semua pertanyaan yang menyangkut masalah affiliate pada program perusahaan.

13. Affiliate Solution Provider

Sebuah usaha pihak ketiga yang menyediakan database support, software, link tracking dan affiliate ID serta jasa pembayaran untuk pemilik produk yang berkaitan dengan program affiliate.

14. Affiliate URL

link atau alamat khusus berisi kode untuk bisa mengenali prospek dan hasil penjualan milik seorang affiliate.

15. Affiliate Software

Software yang digunakan oleh seorang affiliate manager untuk melaporkan dan memantau (prospek, klik, penjualan dan pendaftaran) yang dihasilkan oleh affiliatenya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang apa itu adsense beserta penjelasan dan isitilahnya, apabila bermanfaat silahkan dishare dan komen dibawah. Sekian dan terima kasih.

(inspirasi penulisan: satriamultimedia)

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Adsense? Inilah Penjelasan dan Istilah Lengkapnya"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel