Skip to main content

4 Cara Bermain Kentrung (Gitar Ukulele) Senar 3 dan Senar 4 Bagi Pemula

4 Cara Bermain Kentrung (Gitar Ukulele) Senar 3 dan Senar 4 Bagi Pemula - Kentrung atau bisa disebut ukulele merupakan alat musik yang sangat digemari oleh penyanyi jalanan, khususnya di kota besar yang ada di Indonesia. Ukulele bentuknya ringan dan lebih kecil dari pada gitar pada umumnya dan memiliki senar 4 atau senar 3.
4 Cara Bermain Kentrung (Gitar Ukulele) Senar 3 dan Senar 4 Bagi Pemula

Ukulele sangat mudah sekali untuk dimainkan, anda sebagai seorang pemula pasti bisa memainkannya tanpa memerlukan waktu yang lama. Apabila anda belum memiliki gitar ukulele, sebaiknya membeli di toko gitar dari 70 ribu - 250 ribu itu yang paling murah, sedangkan yang paling mahal bisa sampai jutaan rupiah.

Langkah dasar bermain Ukulele/Kentrung


1. Menyetel Senar Ukulele

Hal yang paling utama adalah tuning (menyetel senar ukulele). Jika senar tidak seteam dengan benar dan baik, maka nada dari ukulele suaranya akan sangat fals. Jadi sebelum anda memainkannya wajib memperhatikan senarnya terlebih dahulu, apakah sudah di seteam/setel apa belum.

2. Hafal Chord Dasar Ukulele

Chord (kunci) merupakan hal dasar dalam memainkan ukulele, untuk chordnya sangat banyak sekali, kunci dari ukulele senar 3 dan ukulele senar 4 sangat berbeda sekali. Anda bisa mempelajari kunci ukulele dibawah ini.

Ukulele senar 3
Ukulele senar 4

3. Memetik atau Menggenjreng Senar Ukulele

Memetik dan menggenjreng merupakan 2 cara dalam memainkan ukulele dan tidak dimainkan secara sembarangan, perlu trik sendiri agar suara yang dihasilkan menjadi enak didengar. Untuk penggunakn ukulele sangat jarang sekali dengan cara dipetik, melainkan kebanyakan digenjreng. Ketika menggenjreng kentrung pasti menggunakan clipers/pick yang lentur, pilih ukuran yang sesuai selera anda agar ketika memainkan kentrung mengalami tidak kesulitan.

4. Optimis dalam Belajar Ukulele

Anda yang menginginkan bisa bermain ukulele tidak memerlukan bakat sama seklai. Hampir semua orang bisa memainkannya dengan belajar secara otodidak. Dengan usaha yang kuat dalam mempelajari ukulele, suatu saat anda pasti bisa menguasai gitar ukulele.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, teruslah belajar dan menghafal semua kunci-kunci dasarnya. Sekian dan terima kasih, Jangan lupa untuk dishare.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar