Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali Terbaru

Daftar Isi [Tampilkan]
Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali merupakan salah satu wisata yang berlokasi di Br. Tinggan Pelaga Petang, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kab. Badung, Bali, Indonesia. Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan di hari biasa maupun hari libur. Tempat Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali ini sangat indah dan bisa memberikan ketenangan jiwa dari pada di hari-hari anda sebelumnya.

Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali Terbaru


Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Sangat disayangkan apabila anda berada di Kota Badung namun tidak mengunjungi Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali yang memiliki pesona keindahan alami.

Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali sangat cocok untuk mengisi liburan anda, apalagi saat libur panjang seperti liburan nasional, atau libur yang lainnya. Keindahan Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali sangat bisa dinikmati dari dekat maupun kejauhan ketika anda berada di wisata tersebut.

Pura Puncak Manggu di Petang Badung Bali


1.Lokasi


Dimana kah lokasi Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali ? seperti yang saya tuliskan diatas bahwa lokasinya di Br. Tinggan Pelaga Petang, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kab. Badung, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda tetap bingung dimana lokasi Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali saya menyarankan anda mencari dengan mengetikan Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali di pencarian google maps yang terpasang di ponsel pintar anda.

2. Daya Tarik


Pura Pucak Mangu adalah Pura Kahyangan Jagat dengan 2 fungsi yaitu Pura Catur Loka Pala dan Pura Padma Bhuwana. Di Pura Pucak Mangu beliau dipuka di Meru Tumpang Lima dengan disebut Batara Pucak Mangu dengan upacara piodalan setiap Purnamaning Sasih Kapat. Pura Pucak Mangu terdapat dua pura penataran yaitu Pura Penataran di Ulun Danu Beratan berada di Kabupaten Tabanan dan Penataran di Desa Tinggan Kecamatan Petang Kab. Badung.

Penataran Pura Puncak Mangu didirikan tahun 1555 Saka atau 1633 Masehi di tepi danau beratan karena bisa disebut Pura Ulun Danu Beratan. Pura ini berada di sebelah Pura Danu Beratan. Pura tersebut bersebelahan dengan Pura Dalem Purwa. Penataran Pura Pucak Mangu kedua didirikan tahun 1752 saka atau dalam masehi tahu 1830 oleh Cokorda Nyoman Mayun.

Di samping upacara piodalan tiap tahun juga selalu diadakan upacara ngebekin. Fungsi upacara ngebekinialah sebagai sara pemujaan pada tuhan sebagai Dewa Sangkara untuk memohon agar hasil tumbuhan terutama padi dapat panen dengan baik. Dewa Sangkara adalah maifestasi tuhan sebagai penjaga tumbuhan. Banten pokok dalam upacara ngebekin ialah Banten Sorohan Pelupahan.

Upacara adat ngebekin bertujuan memohon tirtha ngebekin. Umat dari delapan kelompok pemaksa setiap upacara ngebekin membawa sujang yaitu potong bambu yang hijau sebagai tempat tirtha.

Tirtha ngebekin tidak boleh digunakan untuk nyiratang atau diminumkan ke manusia. Tirtha Ngebekinhanya untuk kasiratang kepada sawah dan tumbuhan pertanian. Tirtha ngebekin itulah sebagai simbol pemeliharaan segala tumbuhan pertanian sebagai sumber umat manusia.

3. Fasilitas


Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali memiliki bermacam fasilitas lengkap diantaranya, area parkir kendaraan, restoran, rumah makan, kamar mandi, penginapan, villa dan masih banyak lagi. Jadi anda jangan takut karena fasilitas di Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali sangat lengkap sekali.

4. Transportasi


Wisatawan yang berasal dari Kota Badung pasti tidak bingung untuk datang ke Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali. Akan tetapi bagaimana wisatawan yang berasal dari luar kota atau luar negeri, tentu mereka bingung serta takut tersesat. Tapi anda jangan khawatir bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, karena saya memiliki solusi yang terbaik.

Anda bisa menggunakan transportasi pribadi untuk berwisata ke Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Anda dapat meminta panduan ke Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali melalu Google Maps yang sudah terpasang di ponsel pintar anda. Dengan menggunakan kendaraan pribadi akan menambah pengalaman yang sangat seru.

Akan tetapi jika anda menggunakan kendaraan seperti bus umum dan angkutan, anda bisa berhenti di terminal bus Petang. Setelah itu anda bisa melanjutkan dengan jasa ojek untuk menuju ke Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali.

Saran dan Tips

Sebelum anda menuju ke wisata sebaiknya cek kondisi cuaca terlebih dahulu agar tidak mengganggu anda dalam melakukan jalan-jalan ke jalan legian tersebut. Anda bisa mempersiapkan bekal dan air minum jika anda memiliki uang yang pas-pasan, karena di tempat tersebut harga makanan biasanya tidak sesuai harga di kantong.

Jika anda sering sakit seperti flu, jangan lupa membawa perlengkapan kesehatan seperti tissue, pbat-obatan yang penting, antiseptik dan masih banyak lagi.

Tips liburan agar lebih seru !!

1. Ajak teman yang suka bercanda/humoris


Ketika anda liburan untuk mengisi sela-sela yang kosong, contohnya, jika pesawat terbang mengalami delay atau bahkan bisa saja ada hal yang merusah suasana (mood) hati anda.

Dengan mengajak teman yang suka bercanda bisa menjadi salah satu solusi terbaik, mereka bisa menghiburmu ketika sedang bosan atau bahkan marah. Apalagi jika di tempat yang susah untuk dijangkau teknologi, yang paling efektif yaitu bercanda dengan teman, keluarga, pacar dan dijamin suasana hati kamu akan menjadi ceria.

2. Berfoto pose lucu

Mengabadikan moment ketika berkunjung kewisata merupakan hukumnya wajib, tapi agar lebih seru, tidak ada salahnya jika anda mencoba berfoto yang lucu/unik. Jika ada air terjun, maka anda berposela dibawahnya seakan anda kejatuhan air, jangan sampai melanggar aturan atau merusak barang disekitar wisata tersebut.

3. Bermain permainan yang menyenangkan

Hal sederhana biasanya menjadi sesuatu yang berdampak sangat besar. Begitu pula dengan bermain permainan yang tidak biasa saat berwisata, permainan bisa apa saja yang ada disekitarnya. Misalnya sedang trip, saling berbalas tebakan atau pantun sederhana, terkadang aneh tapi bisa mengurangi kebosanan dan menambah keseruan tersendiri.

4. Mencoba hal baru

Dengan mencoba hal baru bisa mengurangi kebosanan ketika anda berwisata, misalkan ketika trip anda bisa sambil menyanyi, padahal anda tidak pernah bernyanyi.

Jangan lupa untuk dishare.

Belum ada Komentar untuk "Wisata Pura Puncak Mangu di Petang Badung Bali Terbaru"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel