11 Tips Liburan untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

10 Tips Liburan untuk Ibu Hamil Apa Saja ? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan untuk anda melakukan babymoon atau berlibur sama pasangan sebelum menyambut kehadiran buah hati, pentingnya refreshing untuk ibu hamil agar tidak mengalami rasa bosan ketika dirumah saja, pastinya ada tempat wisata yang cocok untuk ibu hamil yang aman dan nyaman.

11 Tips Liburan untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui


Terdapat berbagai macam tips traveling untuk ibu hamil, namun pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 10 tips yang paling penting untuk ibu hamil yang ingin liburan.

11 Tips Liburan untuk Ibu Hamil :

1. Pilih Lokasi Tujuan


Liburan ke tempat wisata lokal merupakan salah satu pilihan tepat jika anda tidak berencana banyak berjalan-jalan selama liburan. Penerbangan yang lama bisa sangat tidak menyenangkan untuk anda yang sedang hamil, sebagai gantinya anda bisa liburan ke tempat wisata yang dekat saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju ke wisata tersebut.

Lebih baiknya, pilih lokasi wisata yang bisa dicapai dengan jalur darat atau anda ingin memuaskan petualangan dengan memilih destinasi wisata dengan naik pesawat yang hanya butuh waktu dua sampai tiga jam. Ini akan membantu anda jika jarak tempuh untuk menuju ke bandara tidak jauh, sebaiknya anda harus booking hotel terlebih dahulu untuk menginap agar bisa mengatur waktu secara efisien.

Akan lebih baik jika anda mengetahui klinik terdekat ketika anda liburan. Coba untuk tidak pergi jauh dan carilah sebanyak-banyaknya informasi sebelum berangkat berwisata.

Jangan pergi berwisata ke tempat yang mewajibkan anda divaksin. Jika anda masih ingin pergi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum anda berwisata. Dokter akan memberikan informasi tentang vaksin apa saja yang bisa di terima.

2. Rencanakan Secara Matang


Pikirkan terlebih dahulu apa yang anda butuhkan ketika akan melakukan liburan. Buatlah daftar yang berisi apa saja yang wajib anda bawa untuk berjaga-jaga. Tentu hal yang penting ialah perlengkapan untuk persalinan ibu hamil.

Namun, jangan buat liburan anda dengan singkat. Buatlah perjalanan yang santai sehingga anda punya banyak waktu untuk istirahat dan pergi ke toilet di rest area terdekat. Ini berlaku jika penerbangan anda ditunda.

Jika penerbangan ditunda, lebih baik gunakan waktu untuk beristiharat sejenak atau tidur siang, sebaiknya anda membawa bantal kecil agar bisa digunakan untuk tidur dengan nyaman.

3. Berkemas Secara Bijaksana


Kondisi yang nyaman adalah hal utama untuk ibu yang sedang hamil. Contohnya dengan menggunakan aksesoris, sepatu dan baju yang nyaman dan tepat.

Jika anda suka dengan berjalan kaki, bawalah sepatu yang nyaman dipakai saat digunakan untuk berjalan kaki, seperti sepatu keds karena mudah sekali untuk di lepas dan pasang.

Jangan lupa untuk membawa plester, karena sepatu yang nyaman juga bisa membuat kaki menjadi lecet. Sepatu tanpa hak sangat pas untuk berjalan dimalam hari, namun jenis sepatu tersebut tidak dianjurkan jika anda ingin melakukan jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.

Jika anda ingin pergi dalam waktu lama misal seperti berminggu-minggu, pastikan anda membawa pakaian yang cukup dikenakan untuk beberapa waktu ke depannya, karena perut anda pasti akan bertambah besar. Terdapat baju renang khusus ibu hamil yang bisa anda bawa untuk berwisata, usahakan jangan terlalu ketat/ sempit.

Kemas semua pakaian yang dapat menjaga tubuh anda tetap dingin ketika di cuaca panas dan jangan lupa bawa jaket atau baju hangat agar anda tidak kedinginan saat cuaca sedang dingin.

Daftar barang bawaan yang bisa menjadi referensi :
  • Air putih, penting untuk menjaga cairan di dalam tubuh ketika perjalanan jauh.
  • Camilan sehat seperti buah-buahan kering, biskuit gandum, energy bar.
  • Hand sanitizer dan Tissue basah
  • Diary kehamilan
  • Kartu identitas (Passport/SIM/KTP)
  • Surat dari doket, sangat penting jika anda di usia kehamilan lebih dari 28 minggu, biasanya berisi tentang penjelasan atau konfirmasi bahwa anda layak terbang. Karena banyak perusahaan penerbangan yang menyediakan form online yang wajib ditanda tangani oleh dokter
  • Resep dokter
  • Asuransi perjalanan anda
  • Detail nomor telepon keluarga.

4. Menikmati Perjalanan


Jika anda liburan dengan kereta, kapan, mobil atau pesawat, ada beberapa tips yang bisa menjadikan perjalanan lebih nyaman.

Lakukan perenggangan setiap satu jam agar menghindari dari pembengkakan, kram kaki dan perut terasa panas, jika memungkinkan, anda berdiri dan berjalan dekat saja. Jika anda berlibur menggunakan mobil, coba berhenti di rest area setiap setengah jam ketika berkendara.

Anda bisa menggunakan 'Stocking kompresi' yang bisa menjaga sirkulasi darah tetap lancar jika anda liburan menggunakan penerbangan. Jika punggun terasa nyeri, coba letakkan bantal kecil maupun sweater yang digulung di punggung bagian bawah ketika anda mau duduk. Jangan lupa untuk membawa camilan dan air ketika perjalanan.


5. Santai Ketika Perjalanan


Kehamilan merupakan alasan yang tepat untuk bersantai serta rileks dari pekerjaan.

Sebelum anda hamil, pasti bebas melakukan apa saja dari aktivitas yang membutuhkan tenaga seperti, berjalan-jalan hingga belanja selama berjam-jam. Saat hamil, anda sebaiknya tidak melakukan hal yang membutuhkan energi sangat banyak. Istirahat cukup akan membuat anda menikmati liburan secara menyenangkan.

Saat liburan, seringlah untuk istirahat beberapa jam sekali. Duduk dan nikmati suasana disekitar, ini memberikan anda cukup waktu untuk memulihkan tenaga agar bisa melanjutkan perjalanan untuk liburan.

Jangan malu untuk memberi tahu pasangan anda jika merasa lelah, karena kenyamanan adalah hal yang paling utama ketika berliburan.

Jika merasa lelah, coba untuk bersantai sambil membaca buku, bersantai dengan cara berenang atau berendam di air hangat serta sambil menikmati makanan yang ada dihotel.

6. Kuliner di Tempat Liburan


Liburan merupakan kesempatan anda untuk menikmati berbagai macam makanan yang baru, seperti icip buah yang lezat, roti yang matang dan makanan dengan rasa baru merupakan hal yang asik dan dapat anda lakukan saat melakukan liburan. Saat anda hamil, ada beberapa yang bisa anda lakukan untuk mencegah dari sakit saat ingin mencoba kuliner baru.

Makan menu yang sehat memang terasa lebih mudah ketika anda sedang berlibur. Makan banyak buah serta sayuran. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang banyak serta dapat mencegah dari sakit sembelit. Jika anda tidak yakin dengan kebersihan air di tempat libuean, hindari untuk memakan buah dan sayur yang tidak di kupas sendiri.

Kemas banyak camilan yang sehat dalam tas seperti cereal bar, biskuit gandum dan buah kering merupakan contoh camilan yang wajib anda bawa. Dengan begitu anda bisa memakannya kapan pun dan dimana pun.

Jika anda hanya bisa makan yang kebetulan tidak ada di tempat liburan, cobalah untuk memakan bawaan yang ada didalam koper anda. Dengan begitu anda tidak merasa kelaparan.

Salah satu hal yang penting dengan meminum banyak air agar terhindar dari dehidrasi, terutama anda sedang hamil. Selalu bawa botol yang berisi air ketika anda bepergian. Minum air dapat mengurangi mual.

7. Istirahat Jika Merasa Lelah


Karena hamil bisa membuat anda mudah lelah, saat berlibur lebih baik anda sering untuk beristirahat. Tak perlu malu jika anda ingin beristirahat. Bukankah inti dari liburan ialah bersantai? jika anda lelah serta tidak menikmati suasana, itu bukan liburan yang sesungguhnya.

Banyak istirahat tidak akan menghilangkan momen. Faktanya jika anda banyak melakukan istirahat, anda punya banyak tenaga untuk mengunjungi berbagai macam lokasi wisata. Jika anda hamil bisa sering beristirahat untuk mengurangi pembengkakan di kaki anda.

Anda akan pergi ke toilet secara sering dari pada biasanya. Jika anda khawatir karena kebersihan di tolet terdekat, anda bisa membawa tissu antiseptik.

8. Melakukan Hal Berbeda


Kehamilan merupakan waktu tepat untuk menikmati liburan tanpa terburu-buru. Namun anda bisa menikmati beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dengan pelan.

Contoh dengan berjalan-jalan ke pantai bisa menambah suasana tenang. Mungkin anda akan menyukai untuk menonton pertunjukan atau berjalan mengelilingi kota.

Jika anda lebih suka dengan kegiatan seperti bergera, lakukan berbagai macam aktivitas seperti renang, berjalan kaki dan yoga.

Anda bisa melakukan kegiatan yang mungkin tidak bisa anda lakukan jika buah hati telah lahir. Anda bisa berlibur dengan pasangan, gunakan kesempatan tersebut untuk makan malam romantis dengan pasangan. Namun, jika anda liburan bersama teman, anda bisa pergi liburan ke tempat spa dan memanjakan diri. Pastikan beri tahu terapi jika anda sedang hamil.

Jika ada kegiatan yang membutuhkan banyaknya tenaga, pastikan anda menanyakan hal tersebut kepada dokter.

9. Cermat Dalam Memilih Liburan


Tentu saja ada beberapa hal yang harus anda hindari ketika sedang hamil, Kegiatan yang beresiko seperti naik kuda, sky air dan berseluncur disalju, sebaiknya hindari kegiatan tersebut.

Scuba diving dan sejenis olahraga tersebut harus anda hindari karena gelembung udara bisa berbentu dalam aliran darah dan bisa berpindah ke bayi. Snorkling merupakan pilihan yang aman dan lebih murah.

Taman hiburan merupakan pilihan terbaik, terutama jika anda bersama anak atau balita, tapi sekali lagi gunakan akal sehat dan hindari wahana yang bisa membuat terluka/berbahaya seperti wahana roler coaster tentnya tidak baik untuk balita.

Mandi di air hangat merupakan pilihan yang baik untuk anda, tetapi jangan gunakan air yang terlalu panas, jangan berendam di 'hot tub' atau bersauna karena kegiatan tersebut sangat berbahaya jika dilakukan oleh ibu hamil.

10. Perhatian Dari Orang Lain


Coba untuk tidak merasa malu jika orang lain memperhatikan perut buncit anda dari pada melihat wajah anda disaat liburan. Di daerah Mediterania, ibu hamil sangat dipuja dan bisa menjadi pusat perhatian dan mereka akan bersikap sangat sopan pada anda.

Jika anda benar-benar tidak suka untuk menjadi pusat perhatian, temukan cara lain dalam menangani ketika ada orang asik yang ingin menyentuh perut anda.

Cobalah menikmati liburan, Jika ada yang menawarkan kursi sebaiknya di terima saja atau ada yang membukakan pintu untuk anda, jangan takut untuk menerima bantuan orang lain.

11. Manja Ke Pasangan


Jangan malu jika anda menginginkan untuk mengambil sesuatu kepada pasangan anda, karena hal tersebut mempermudah anda ketika menginginkan sesuatu, namun anda merasa lelah.

Mungkin itu saja tips liburan untuk ibu hamil, jangan lupa untuk dishare.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel