20 Perlengkapan Rekreasi Sekolah yang Wajib di Bawa

Apa saja persiapan/perlengkapan rekreasi sekolah wajib dibawa ? Ada 17 Perlengkapan Rekreasi Sekolah yang Wajib di Bawa untuk Anak - Rekreasi atau biasanya di sebut sebagai study tour adalah salah satu media belajar luar sekolah yang untuk mengajak siswa berinteraksi secara langsung dengan budaya di tempat tersebut, menambah wawasan dan pengetahuan, meningkatkan ketrampilan dan ketangkasan siswa, menambah teman baru dan menikmati suasana yang mengasyikan di tempat tersebut. Bahkan mengenal salah satu Universitas tertentu untuk para murid SMA/SMK yang sebentar lagi akan menjadi mahasiswa.

20 Perlengkapan Rekreasi Sekolah yang Wajib di Bawa

20 Perlengkapan Rekreasi Sekolah Wajib di Bawa


Rekreasi sekolah umumnya memakan waktu yang hingga berhari-hari bahkan menginap di penginapan, anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan rekreasi sekolah yang hanya dibutuhkan saja ketika dalam perjalanan. Anda bisa membawa tas ransel untuk membawa semua barang wajib dan tas kecil untuk menaruh dompet dan ponsel. Saat anda mengikuti rekreasi, anda harus bisa bertanggung jawab untuk menjaga semua barang yang telah anda bawa.

1. Uang Saku Secukupnya


Uang saku secukupnya wajib anda siapkan, Terlebih jika anda tidak tahu atau tidak mengenali tempat yang akan didatangi apakah ada ATM atau toko terdekat yang menerima pembayaran menggunakan kartu. Namun, sebaiknya anda tidak membawa uang yang berlebihan untuk menghindari dari tindak kejahatan.

2. Baju Ganti Seperlunya


Anda harus membawa baju seperlunya dan harus dipertimbangkan. Selain agar anda tidak kesulitan dalam membawa dan menata terlalu banyak pakaian, ruang untuk membawa oleh-oleh dalam tas pun maka tersedia sangat banyak. Sesuaikan baju ganti dengan tempat rekreasi yang akan di datangi. Misal, jika ingin pergi ke daerah pegunungan, maka anda harus bawa baju tebal dan kaus kaki. Namun jika anda pergi ke pantai sebaiknya bawa baju tipis dan kacamata.

3. Uang Receh


Membawa uang receh seperti koin atau pecahan uang seribu dan dua ribu sebaiknya anda persiapkan untuk berjaga-jaga. Misal untuk diberikan ke pengemis yang menghampiri anda atau membeli permen dan camilan.

4. Alat Komunikasi


Membawa alat komunikasi seperti ponsel sangatlah penting, namun bijaklah dalam menyimpan serta menggunakannya. Jangan sampai membawa ponsel malah menimbulkan tindak kejahatan yang bisa merugikan anda dan orang yang ada disekitar. Simpan nomor tour guid, nomor guru dan kantor polisi terdekat, anda bisa mencarinya di google atau bertanya pada masyarakat sekitar lokasi rekreasi.

5. Kamera Jika di Perlukan


Bawalah kamera untuk mengabadikan momen tertentu jangan sampai ketinggalan, karena dengan kamera anda bisa memotret kenangan serta pengalaman saat melakukan kunjungan rekreasi sekolah. Kamera yang anda bawa tidak perlu yang mahal. Cukup dengan kamera ponsel atau pocket saja, yang terutama simpel serta mudah dibawa.

6. Packing


Packing harus disiapkan dari H -2 atau H -3 agar anda bisa memikirkan barang apa saja yang penting untuk dibawa. Sebaiknya jangan dilakukan pada H -1 agar tidak berburu-buru dan menghindari kelupaan untuk membawa barang yang penting anda bawa.

7. Bekal Makan dan Minum


Selain bisa menghemat, membawa bekal makan dan minum sendiri bisa menjamin kebersihannya. Siapkan bekal makanan di kotak makananmu dan botol air minum jika ketika perjalanan rekreasi sekolah selama seharian, anda bisa bawa bekal makanan yang tidak mudah basi.

8. Makanan Kecil


Agar tidak mengurangi uang jajan, anda bisa membawa makanan kecil dari rumah. Dengan membawa makanan kecil pastinya efektif untuk menahan lapar selama di dalam kendaraan. Siapkan bahan makanan yang memiliki gizi yang cukup untuk anda, seperti : kacang-kacangan, cracker dan susu. Namun, bawalah secukupnya saja agar tidak menambah beban di tas anda.

9. Obat-obatan


Membawa obat wajib hukumnya saat anda mengikuti kegiatan rekreasi sekolah, terutama bagi anda yang membutuhkan obat-obatan tertentu. Bawalah minyak kayu putih, antimo, plester dan obat maag. Berbagai perlengkapan P3 anda akan siap sedia dimana pun dan kapan pun.

10. Peralatan Mandi


Membawa peralatan mandi yang diperlukan, cukup membawa sampo sachet, sabun mandi, odol, sikat gigi dan handuk kecil, atau bisa menambah bawaan seperti parfum, tabir dan deodoran.Selain peralatan mandi, anda juga bisa membawa make up seperti pelembab wajah, cologne, lipstik dan masih ada lainnya yang penting untuk di bawa.

11. Sandal Jepit


Wajib untuk membawa sanda jepit meski terlihat sepele. Anda bisa menggunakan sandal jepit saat akan mandi, wudhu dan berjalan-jalan santai mengelilingi tempat rekreasi.

12. Sepatu


Membawa sepatu yang cocok dan nyaman untuk di pakai seperti sneaker, atau sesuaikan sepatu yang cocok untuk di tempat rekreasi tertentu.

13. Kacamata


Dengan membawa kacamata bisa melindungi mata anda dari hewan maupun sinar matahari yang terik.

14. Jaket


Dengan membawa jaket bisa menghangatkan tubuh anda di keadaan dingin, jangan lupa membawa jaket tebal dan mudah untuk dilipat.

15. Payung


Anda juga bisa membawa payung untuk melindungi dari hujan, sebaiknya bawalah payung yang kecil saja agar tidak merepotkan anda ketika perjalanan.

16. Peralatan Ibadah


Bagi anda yang beragama islam, jangan lupa membawa peralatan ibadah, karena anda harus beribadah 5 waktu dalam sehari. Memang di masjid pasti disediakan peralatan ibadah, namun akan menyita waktu dan harus menunggu antrian.

17. Sisir


Meski sepele, namun sisir sangat penting sekali untuk penampilan anda agar terlihat rapi.

18. Jam Tangan


Jangan lupa untuk membawa jam tayang, karena dengan adanya jam tangan anda bisa mengetahui waktu dengan cepat dan mudah.

19. Alat Dokumentasi


Alat dokumentasi seperti kamera untuk mengambil momen tertentu dan video untuk perekam suara juga perlu anda bawa, jangan lupa juga untuk membawa buku catatan serta bolpoin untuk mencatat segala aktifitas.

20. Barang Kecil yang di Perlukan


Selain semua barang penting di atas, berikut macam barang kecil yang anda perlukan, seperti headset wajib anda bawa untuk mendengarkan musik di dalam kendaraan. Sleeping mask agar anda dapat tidur kapan pun di bus tidak dimatikan, permen bisa menjadi penyegar nafas anda, kaus kaki wajib anda bawa ketika di suasana dingin, neck pillow agar anda menjadi nyaman, tissue bawah atau kering, tissue kering untuk menghapus keringan dan tissue basah untuk membersihkan apa saja, jangan lupa bawa jam tangan, sarung tangan dan masih banyak lagi.
Saya selaku admin, sangat berterima kasih sekali kepada anda pembaca setia, apabila artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial dibawah ini. Salam masirawan.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel