Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Menu di Blog untuk Pemula (Panduan Part 2)

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Menu di Blog untuk Pemula (Panduan Part 2) - Anda pasti bingung ketika sudah memiliki blog, namun belum paham dengan fungsi dan kegunaan dari menu-menu/Dashboard dari Blogger.com. Pada blog sangat banyak sekali menu-menu dan hampir semua menu tersebut penting untuk anda ketahui.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Menu di Blog untuk Pemula (Panduan Part 2)

Pada kesempatan kali ini Masirawan.com akan membagikan pengertian-pengertian dari menu yang ada di blog. Anda akan melihat menu seperti dibawah ketika anda berada di form utama blog.

Fungsi dan Kegunaan menu-menu di Blog:

Untuk anda yang masih baru mulai di dunia blogging pasti bingung tentang fungsi dan kegunaan di masing-masing menu di blog, dulu pertama kali saya terjun ke dunia blogging juga bingung tentang fungsi dan kegunaan menu di blog, namun pada kesempatan kali ini saya akan membagikannya untuk anda yang baru terjun di dunia blogging. Ingat ! tidak ada kata terlambat.

1. Menu Postingan


Pada menu postingan, anda bisa menulis artikel, hapus artikel, edit artikel, dan masih banyak lagi. Menurut seseorang blogger yang sudah profesional sebaiknya di dalam artikel memiliki 500 kata jika lebih banyak kata maka kesempatan untuk di urutan pertama pencarian google semakin terbuka.

2. Menu Statistik


Di Statistik anda bisa akan bisa melihat berapa pengunjung yang membaca/mengunjungi di blog mulai dari penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu dan history penayangan sepanjang waktu. Selain itu, anda juga bisa melihat dari mana pengunjung itu datang ke blog di form sumber lalu lintas.

3. Menu Komentar


Pada menu komentar, anda bisa melihat siapa saja yang berkomentar di blog anda, anda memiliki hak untuk membalas, menghapus komentar orang lain jika komentar tersebut menurut anda melanggar peraturan, seperti berkomentar dengan kata kotor, s*ra dan sebagainnya. Jika ada yang berkomentar dan memberikan link aktif, sebaiknya anda hapus saja, karena hal tersebut dianggap spam oleh google.

4. Menu Halaman


Menu ini sangat penting, pada Menu Halaman anda bisa menambahkan informasi tentang blog anda, kontak person, privacy policy, disclaimer dan sitemap. Dengan adanya menu-menu halaman seperti yang saya jelaskan tersebut, maka blog anda bisa didaftarkan ke Google Adsense dan harus ditinjau terlebih dahulu.

5. Menu Tata Letak


Tata Letak merupakan menu untuk menambahkan widget seperti postingan akhir atau postingan paling banyak dilihat dan masih banyak lagi. Selain itu di menu tata letak anda bisa menambahkan favicon, mengganti nama blog, gambar dan deskripsi blog.

6. Menu Tema


Menu ini menurut saya anda harus memiliki sedikit pemahaman tentang HTML, namun menurut saya sebaiknya anda membeli template premium saja karena fiturnya lengkap dan anda tanpa butuh skill pemograman. Untuk membeli template saya sarankan di sugeng.id, kompi ajaib, arlinadzgn dan masih banyak lagi.

7. Menu Setelan


Di dalam menu setelan sangat banyak sekali menu-menu bisa mengubah domain, tanggal, waktu, tempat, menambahkan penulis, admin dan yang paling penting anda juga bisa import dan backup artikel blog anda.

Mungkin itulah tentang fungsi dan kegunaan menu di blog, semoga bermanfaat dan menambah ilmu baru untuk anda yang baru belajar di dunia blogger. Sekian dan terima kasih, jika bermanfaat silahkan bagikan pada sosial media dibawah ini.


Previous
« Prev Post