Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Format dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Format dengan Mudah 100 % di Jamin Berhasil - Kartu memori bisa disebut kartu sd atau micro sd merupakan komponen di sebuah perangkat ponsel. Dengan adanya kartu memori, anda bisa menambah kapasitas penyimpanan di ponsel anda yang sebelumnya terbatas. Sehingga, anda dapat menyimpan berbagai file video, foto, dokumen dan file yang memiliki ukuran besar, tanpa memiliki rasa khawatir mengurangi kapasitas penyimpanan di internal ponsel anda.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Format dengan Mudah


Selain untuk menyimpan file di ponsel, kartu memori merupakan komponen yang bisa digunakan berbagai macam perangkat, seperti mikrokontroler, kamera digital, kamera DSLR dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kartu sd/kartu memori harus selalu dalam kondisi prima agar bisa digunakan dengan baik.

Namun, biasanya kartu memori mengalami gangguan yang mengakibatkan kerusakan. Rusak tersebut mengharuskan anda agar melakukan format semua data yang sudah tersimpat di kartu memori. Rugi sekali apabila di dalam kartu memori anda banyak file penting yang tersimpan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, saya akan berbagi tentang cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa format dengan mudah dan bisa anda lakukan dirumah.

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Format:


1. Membersihkan kartu memori


Pada cara pertama ini bukan berarti anda membersihkan kartu memori dengan cara manual. Bagaimana caranya? Pertama, keluarkan kartu memori di ponsel anda. Coba anda lihat di lempengan tembaga yang berwarna keemasan di bawah kartu memori. Biasanya lempeng tersebut kotor, maka akan mengakibatkan sukar kartu memori yang terdeteksi oleh ponsel.

Untuk membersihkan, anda bisa menggunakan penghapus pensil yang warna putih atau warnanya terang. Lalu, gosoklah bagian lempeng tersebut dengan cara perlahan sampai terlihat bersih dan mengkilap. Selanjutnya, coba masukkan kartu memori anda ke slot yang tersedia lalu nyalakan ponsel anda. Periksa apakah kartu sd/kartu memori sudah bisa dibaca oleh ponsel atau belum bisa dibaca.

2. Bersihkan bad sector pada kartu memori


Anda bisa memperbaiki kartu memori tanpa format ialah membersihkan bad sector pada kartu memori menggunakan laptop atau PC. Bad sector biisa juga menjadi masalah karena rusaknya hard disk di komputer dan menjalar ke kartu memori anda.

Untuk caranya, hubungkan kartu memori yang rusak ke laptop menggunakan card reader atau bisa dengan card reader eksternal, lalu klik kanan di nama kartu memori yang sudah terbaca di Windows Explorer, dan pilih Properties -> Tools -> Check now. Berikan centang pada "Automatically fix file system error" beserta "Scan for and attempt recovery of bad sector". Klik tombol start agar bisa memulai proses pembersihan pada bad sector. Selain untuk perbaiki kartu memori, cara ini juga bisa memperbaiki usb flashdisk rusak.

3. Menggunakan Command Prompt


Memperbaiki kartu memori rusak bisa menggunakan fitu secara default pada Windows, di Command Prompt. Cara untuk membuka Command Prompt bisa menggunakan OS Windows 7 ke atas, klik Start Menu > ketikan "cmd" (tanpa tanda kutip) pada bar pencarian. Jika menggunakan windows XP, klik start, pilih run, lalu ketik "cmd" (tanpa tanda kutp) dan tekan enter di keyboard, lalu Command Prompt akan terbuka.

Sebelum menuju langkah berikutnya, cek partisi di kartu memori anda menggunakan Windows Explorer, seperti, kartu memori yang terbaca di G: lalu pada Command Prompt, ketik "chkdsk <partisi kartu memori>:/f" (tanpa kutip), lalu tekan enter di keyboard. Berdasarkan contoh, ketik "chdsk g: /f". lalu tunggu Windows mendeteksi masalah yang ada di kartu memori. Jika ada layar komputer muncul "Windows Has Made Corrections To The File System". maka kartu memori yang rusak sudah sukses di perbaiki. Cara tersebut bisa dilakukan untuk flashdisk juga.

4. Scan menggunakan Antivirus


Mengecek kartu memori menggunakan komputer, bisa dengan scan di antivirus kemungkinan kartu memori anda ada virusnya. Karena data di kartu memori tidak bisa dibaca akibat adanya virus yang menyerang memori card yang memblokir akses kartu agar dibaca pada ponsel.

Cara scanning virus di kartu memori, anda bisa menggunakan berbagai jenis antivirus yang sudah terinstall di laptop/komputer, seperti Smadav, Avira, AVG dan masih banyak lagi. Jika proses scanning sudah selesai, ternyata kartu memori benar-benar terserang virus, bersihkan virus itu, kemudian pasang kartu memori tersebut ke ponsel anda.

5. Format kartu memori


Kenapa harus diformat ? sedangkan anda tidak mau format kartu memori, cara format merupakan cara yang paling ampuh untuk memperbaiki kartu memori yang rusak apabila cara diatas tidak ada yang bisa memperbaiki kartu memori.

Untuk cara format kartu memori, anda bisa masuk ke menu Setting di Android. Kemudian pilih Storage, lalu pilih "Erase SD Card". Sistem android akan menghapus dan membersihkan isi pada dalam kartu memori secara otomatis. Kartu memori sudah bersih dan maka bisa dipakai kembali seperti semula.

Mengenai kartu memori rusak, bisa jadi ada beberapa faktor, berikut beberapa penyebab kartu memori rusak yang wajib anda ketahui.

1. Kualitas kartu memori tidak bagus

poin pertama ini sangat penting ketika anda ingin membeli kartu memori, salah satu yang harus di pertimbangkan ialah memilih merk kartu memori. Semakin terkenal merk kartu memori maka semakin baik kualitas kartu memori tersebut, namun kartu memori yang memiliki kualitas bagus  maka harganya juga akan tergolong mahal. Tetapi dengan hal tersebut tentunya kartu memori akan sangat awet dan bertahan lama serta tidak gampang rusak.

Namun, anda jangan terpatok dari merknya saja. Jangan percaya jika ada yang jual kartu memori merk terkenal dengan harga tergolong murah. Sudah dipastikan, bahwa kartu memori tersebut memiliki kualitas KW atau palsu.

2. Umur kartu memori sudah lama

Meski kartu memori anda memiliki kualitas bagus, tetapi jika kartu memori sudah dipakai belasan tahun, maka performanya juga akan menurun. Penurunan performa tersebut akan berdampak di rusaknya kartu memori.

3. Penggunaan kartu memori yang tidak tepat

Menggunakan kartu memori ada cara tersendiri, khusus ketika anda akan melepas kartu memori dari ponsel. Anda tidak bisa melakukan dengan cara mencabut atau melepas kartu memori begitu saja. Anda harus eject manual di ponsel saat ingin mencabut kartu memori. Sama seperti anda ingin melepas flashdisk dari laptop atau komputer. Caranya masuk ke Setting, pilih Storage > Micro SD > Unmount SD Card.

Dengan melakukan cara tersebut, jika ada data yang dipakai di kartu memori, maka sistem Android akan memberhentikan proses pembacaan data. Hal yang berbeda bisa terjadi kartu memori dilepas. Data yang akan dipakai diberhentikan secara paksa, dan akan berakibat fatal kartu memori akan mudah rusak.

Mungkin itu saja tentang cara memperbaiki kartu memori tanpa format, silahkan bagikan artikel ini pada sosial media dibawah, sekian dan terimakasih sudah berkunjung di Masirawan.com.
Saya selaku admin, sangat berterima kasih sekali kepada anda pembaca setia, apabila artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial dibawah ini. Salam masirawan.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel