Kunjungi terus masirawan.com, karena kami update setiap hari.

Berapakah Biaya Ternak Lele di Kolam Terpal ? Inilah Analisa Beserta Keuntungannya

Berapakah Biaya Ternak Lele di Kolam Terpal ? Inilah Analisa Beserta Keuntungannya - Pada informasi kali ini mengenai tentang biaya ternak lele di kolam terpal, berapakah keuntungan yang di dapatkan dan berapa lama modal tersebut bisa kembali ke anda, setelah mengeluarkan modal usaha untuk beternak ikan lele.

Berapakah Biaya Ternak Lele di Kolam Terpal ? Inilah Analisa Beserta Keuntungannya


Sebaiknya anda memperhatikan analisis ini, karena merupakan standart yang di terapkan pada ternak lele di kolam terpal yang sudah di buat dan berjalan rutin selama berhari-hari. Jadi informasi yang saya berikan ini asli adanya dari petani yang budidaya lele di kolam terpal, sehingga anda bisa memperkirakan untung dan ruginya jika ingin memulai usaha dengan beternak ikan lele di kolam terpal.

Walau anda seorang pemula dalam bisnis ternak lele, anda akan sangat mudah memahami tentang berapa biaya ternak lele di kolam terpal yang murah. Dibawah ini analisis lengkap:

1. Pembuatan Kolam Terpal Bulat

Untuk membuat kola terpal bulat diameternya 3 meter untuk 1 kolam terpal dan biayanya Rp. 2.000.000, dengan kolam terpal bulat yang diameternya 3 meter anda bisa menampung bibit ikan lele sebanyak 5.000 di dalam kolam tersebut.

2. Biaya Untuk Produksi Pembesaran Ikan Lele

Untuk membeli benih ikan lele dengan jumlah 5.000 benih, harga satuannya 100/ekor dan totalnya Rp. 500.000. Sedangkan untuk pakan ikan lele selama 3 bulan dengan jumlah 400 kg, harga satuannya Rp. 9.500/Kg dan total biayanya Rp. 3.800.000. Untuk obat ikan lele Rp. 200.000 dan total semua biaya yang harus dikeluarkan ialah Rp. 4.500.000.

Biaya ternak lele yang saya jelaskan di atab merupakan biaya dikeluarkan masa panen 2.5 bulan, jadi untuk satu siklus bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp. 4.500.000.

3. Harga Jual Panen Ikan Lele

Panen ikan lele yang ditunggu-tunggu bagi petani ikan lele di dalam terpal, dengan mendapatkan Food Copration Ratio sebesar 0,8 dan menghasilkan ikan lele kurang lebih 7 Kwintal.

Hal ini didapatkan dengan menghitung biaya pakan :(bagi) hasil panen, dengan gambaran seperti dibawah ini:

- Biaya Pakan untuk lele ( 400 Kg : 500Kg) = 0,8 FCR
- Harga jual rata-rata sekitar 18.000 per Kg ikan lele

Jadi anda bisa mendapatkan Rp. 8.500.000 dalam beternak ikan lele.

4. Keuntungan Ternak Lele di Kolam Terpal Bulat

Untuk menghitung keuntungan dalam bisnis ternak lele, anda bisa menggunakan rumus:

Hasil -(kurang) biaya produksi, contohnya seperti dibawah:

Rp. 8.500.000 - Rp. 4.500.000 = 4.000.000

Jadi, dalam bisnis ikan lele di dalam kolam terpal bulat anda bisa mendapatkan keuntungan Rp. 4.000.000 dalam satu kali siklus.

5. Kapan Modal Anda Bisa Balik?

jika dilihat pada analisa di atas, maka untuk balik modal bisa terpenuhi dalam dua siklus yaitu sekitar 5 bulan.

Ini adalah hitungan 1 kolam produksi, bagaimana jika anda memiliki 20-30 kolam ikan lele? pasti keuntungannya akan berlipat ganda.

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele ? saya sudah membagikan cara lengkapnya di Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula, pada artikel tersebut anda bisa belajar secara perlahan dan memahaminya, agar ketika anda ternak lele maka agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika anda mengalami kegagalan maka jangan berputus asa, karena semua pasti membutuhkan proses yang panjang agar mendapatkan hasil yang maksimal, terus berdoa dan berusaha semaksimal mungkin.

Jangan lupa bagikan artikel ini melalui sosial media dibawah, sekian dan terima kasih.


Previous
« Prev Post