Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya Terbaru Yang Wajib Anda Ketahui

Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya Terbaru Yang Wajib Anda KetahuiKetika ke Surabaya anda jangan lewatkan Wisata yang satu ini yaitu Tugu Pahlawan Surabaya, sebagai cap identitas Kota Surabaya yang menjadi bukti perjuangan warga surabaya saat melawan penjajah Belanda, monumen ini menjadi saksi bisu ketika 10 November dan hingga sekarang dijadikan sebagai Hari Pahlawan.




Sejarah Tugu Pahlawan

Peristiwa 10 November dimana pertempuran pertama pasukan Indonesia melawan penjajah Belanda setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan menjadi pertempuran terbesar dalam sejarah revolusi Republik Indonesia.

Berawal dari pasukan penjajah Belanda yang tidak mengakui kedaulatan Indonesia serta mengibarkan bendera Belanda di atas Hotel Yamato, akhirnya membuat pemuda Surabaya untuk naik ke atas Hotel Yamato untuk merobel warna biru di bendera Belanda dan menjadikan warna Merah Putih saja.

Kemudian di susul insiden pertempuran pertama antara rakyat Indonesia dengan Inggris yang memuncak setelah terjadi kesalah pahaman dan menyebabkan terbunuhnya Jenderal AWS Mallaby, Marahnya pihak Inggris kepada Indonesia dan menggantikan Jenderal AWS Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 yang meminta untuk rakyat Indonesia menyerahkan senjata dan menyerahkan diri dengan kedua tangan diatas.

Ultimatum yang menurut pejuang Indonesia telah menginjak-nginjak harga diri rakyat dan sebuah penghinaan dan akhirnya di tolak oleh Indonesia dengan alasan Republik Indonesia kala itu sudah berdiri, akhirnya pada tanggal 10 November 1945, Inggris melakukan serangan yang berskala sangat besar dan kemudian mengarahkan sekitar 30.000 Infantri berupa Tank, Pesawat Terbang, Kapal Perang dan membombardir Kota Surabaya dengan meriam.

Rakyat Surabaya sangat bersemangat untuk melawan pihak Inggris dan mengakibatkan banyak korban yang meninggal, Bung Tomo menjadi tokoh penting karena menjadi pelopor semangat pemuda Indonesia di kala itu.


Lokasi Tugu Pahlawan

Jl. Pahlawan, Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan/ Museum 10 November

Area Museum Tugu Pahlawan ini dibuka hari senin-jum'at jam 08.00-14.30, sedangkan sabtu-minggu jam 08.00-13.30 dengan tiket masuk Rp. 5.000 untuk umum.

Fasilitas

Museum, Taman, Lapangan Upacara, Mini Kafetaria, Area Parkir, Penjual makanan.

Museum 10 November

Ada sebuah museum unik yang berbentuk piramida kecil yang menyimpan benda-benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Surabaya. Museum ini dibangun dibawah tahan lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter dan dikenal dengan nama Museum 10 November.


Pengunjung akan dipungut biaya untuk memasuki Museum ini, Namun, untuk pelajar dan mahasiswa tidak dipungut biaya jika menunjukan kartu pelajar anda.

Semoga Bermanfaat, sekian untuk artikel kali ini.

Tips liburan agar lebih seru !!

1. Ajak teman yang suka bercanda/humoris

Ketika anda liburan untuk mengisi sela-sela yang kosong, contohnya, jika pesawat terbang mengalami delay atau bahkan bisa saja ada hal yang merusah suasana (mood) hati anda.

Dengan mengajak teman yang suka bercanda bisa menjadi salah satu solusi terbaik, mereka bisa menghiburmu ketika sedang bosan atau bahkan marah. Apalagi jika di tempat yang susah untuk dijangkau teknologi, yang paling efektif yaitu bercanda dengan teman, keluarga, pacar dan dijamin suasana hati kamu akan menjadi ceria.

2. Berfoto pose lucu

Mengabadikan moment ketika berkunjung kewisata merupakan hukumnya wajib, tapi agar lebih seru, tidak ada salahnya jika anda mencoba berfoto yang lucu/unik. Jika ada air terjun, maka anda berposela dibawahnya seakan anda kejatuhan air, jangan sampai melanggar aturan atau merusak barang disekitar wisata tersebut.

3. Bermain permainan yang menyenangkan

Hal sederhana biasanya menjadi sesuatu yang berdampak sangat besar. Begitu pula dengan bermain permainan yang tidak biasa saat berwisata, permainan bisa apa saja yang ada disekitarnya. Misalnya sedang trip, saling berbalas tebakan atau pantun sederhana, terkadang aneh tapi bisa mengurangi kebosanan dan menambah keseruan tersendiri.

4. Mencoba hal baru

Dengan mencoba hal baru bisa mengurangi kebosanan ketika anda berwisata, misalkan ketika  trip anda bisa sambil menyanyi, padahal anda tidak pernah bernyanyi.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya Terbaru Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar lah dengan bahasa yang sopan/tidak mengandung kata buruk.
3. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel