Profil Kabupaten Lamongan Lengkap (Update Terbaru)

Profil Kabupaten Lamongan Lengkap (Update Terbaru) - Kabupaten Lamongan, merupakan salah satu nama Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sejarah lamongan juga sangat unik, tata letaknya pun berada di pesisir pulau jawa timur yang berbatas dengan Laut Jawa. Kecamatan di Kabupaten Lamongan terdiri dari 27 Kecamatan, yang terbagi atas sejumlah 474 Kelurahan/Desa. Bahasa Khas Lamongan yaitu menggunakan bahasa ngoko, untuk kekayaan alam kabupaten lamongan sangat beragam sekali dari sektor pertanian, perikanan dan ada juga pabrik yang mulai hadir di kabupaten lamongan.

Profil Kabupaten Lamongan Lengkap (Update Terbaru)
id.wikipedia.org


Dalam geografis Kabupaten Lamongan terletak di 6 derajat sampai dengan 7 derajat Lintang Selatan dan diantara garis bujur timur 122 derajat, dan luas wilayah Kabupaten Lamongan kurang lebih 1.812,8 km atau dalam persen 3.78% luas dari Provinsi Jawa Timur. Karena letaknya di pesisir, Lamongan memiliki panjang garis pantai sepanjang 47 km dengan wilayah laut seluas 902,4 km.

Daratan di Kabupaten Lamongan terdapat Sungai Bengawan Solo yang membentang dari barat sampai ke timur yang biasanya menyebabkan banjir disaat musim hujan. Sedangkan bagian besar pada kawasan pesisir utara berupa bukit kapur putih, dengan warna putih tersebut sehingga terkesan tandus.

Profil Kabupaten Lamongan

Secara garis besar daratan di Kabupaten Lamongan dibedakan menjadi 3 karakteristik seperti :

1. Bagian Tengah Selatan merupakan daratan rendah yang agak subur, membentang dari kecamatan Kedungpring, Babat, Pucuk, Sukodadi, Lamongan, Deket, Tikung, Sugio, Maduran, Sarirejo dan Kembangbahu.

2. Bagian Selatan & Utara merupakan pegunungan kapur yang berbatu dengan tingkat kesuburan sedang, kawasan ini terdiri dari bebearapa kecamatan seperti Kecamatan Mantup, Ngimbang, Sambeng, Sukorame, Bluluk, Modo, Brondong, Paciran dan Solokuro.

3. Bagian Tengah Utara merupakan daerah yang rawan banjir, kawasan ini meliputi kecamatan Laren, Sekaran, Glagah, Karanggeneng, Kalitengah, Turi, Karangbinangun. Saat musim hujan hampir di kawasan ini selalu mengalami banjir.

Kekayaan Alam Kabupaten Lamongan

1. Sektor Pertanian Tanam Pangan Dan Perikanan

Kabupaten Lamongan memiliki lahan sawah luas sekitar 83.213 hektar. Prestasi dari Kabupaten Lamongan di tahun 2006 pernah memberi kontribusi produksi gabah 776.085 ton (Produksi gabah terbesar ke 2 di Jawa Timur) dan penghasil jagung terbesar nomer 5 di Jawa Timur. Untuk sektor perikanan sawah tambak didukung 22.422,49 hektar yang mampu memberi produksi ikan, untuk ikan laut sebanyak 19.994 nelayan dan memiliki 5.385 kapal yang mampu menangkap ikan terbesar nome r 3 di Jawa Timur.

2. Sektor Industri

Di sektor industri, untuk potensi keunggulan Kabupaten Lamongan banyak ditopang sektor industri rumah tangga dan usaha mikro kecil menengah pada saat 2006, di kabupaten lamongan ada 13.676 unit industri non formal dan 445 unit industri normal yang semuanya memberi kontribusi yang tidak sedikit terhadap ekonomi daerah serta perayapan tenaga kerja.

3. Sektor Kontruksi / Bangunan

Untuk sektor bangunan merupakan unggulan di Kabupaten Lamongan, hal ini menunjukkan laju cepat pembanggunan prasarana di Lamongan, baik jalan, jembatan, sarana irigasi, gedung dan pelabuhan untuk menyeberang (ASDP), Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan kawasan industri.

4. Sektor Perdagangan

Kabupaten Lamongan memiliki besar volume perdagangan yang cukup besar di pertambangan, pertanian serta penggalian, yang merupakan salah satu potensi unggulah yang harus di dukung dengan sistem pemasaran yang baik dan dukungan insfrastruktur yang baik juga.

5. Sektor Keuangan

Perekonomian di Kabupaten Lamongan masih besar ditopang sektor pertanian yang mengakibatkan laju pertumbuhan ekonomi di lamongan di bawah rata-rata. Berdasarkat data 5 tahun terakhir 2002-2006 struktur ekonomi di Lamongan belum mengalami perubahan yang signifikan. Meski demikian sektor pertanian semakin turun dan  faktor dagang seperti hotel dan restoran cenderung meningkat drastis.

6. Sektor Jasa

Pembangunan Wisata Bahari Lamongan (WBL) nampak memberikan pengaruh besar, dengan kunjungan wisatawan 650.000 per tahun merupakan potensi dari daerah yang besar untuk dikembangkan serta bersinergi dengan objek wisata lain seperti wisata religi berizarah ke makan sunan drajat.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, profil dari kabupaten lamongan, jika ada kesalahan atau masukkan silahkan berkomentar pada kolom dibawah.

0 Response to "Profil Kabupaten Lamongan Lengkap (Update Terbaru)"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel