10 Makanan Khas Lamongan Yang Enak Dan Patut Anda Coba

10 Makanan Khas Lamongan Yang Enak Dan Patut Anda Coba - Di Kota ini sangat banyak sekali kuliner yang sangat enak, terutama makanan khas lamongan, jangan diragukan lagi soal rasa makanan yang ada di salah satu kota berada Jawa Timur, dari makanan tersebut bisa anda jadikan oleh-oleh khas lamongan juga. Dalam membuat kuliner khas lamongan sangat memiliki kesulitan tersendiri dalam pembuatannya.

10 Makanan Khas Lamongan Yang Enak Dan Patut Anda Coba

Meski proses dalam pembuatan makanan khas lamongan sulit dan memerlukan waktu yang panjang, namun, untuk makanan di kota lamongan ini tergolong masih pas dikantong, dari hal itulah menjadikan kota lamongan menjadi tempat kuliner murah dan enak.

Makanan Khas Lamongan :


1. Soto Lamongan

Makanan khas lamongan yang pertama yaitu Soto Lamongan, siapa yang tidak mengenal makanan enak yang satu ini. Bahkan tak sedikit orang yang menyatakan bahwa soto lamongan yang enak di Indonesia selain dari Makasar yaitu Coto.

Soto dari Kota Lamongan memiliki ciri-ciri yang khas serta membedakan dari soto dari daerah lain, ciri khas yang menonjol pada makanan satu ini yaitu dari kuah sotonya yang berwarna kuning dan dalam bumbuh kuah tersebut diberi rempah-rempah yang khas.

Rasa yang disajikan makanan khas lamongan ini yaitu dari rasa gurih yang sangat menonjol sekali. Pada makanan Soto Lamongan disajikan dengan tambahan irisan kol, daun bawang, suwiran ayam dan irisan telur ayam yang menambah kenikmatan tersendiri bagi yang memakannya.

2. Tahu Campur

Makanan satu ini juga menjadi khas di jawa yaitu Tahu Campur, namun kali ini kita membahas Tahu Campur khas lamongan. Tahu Campur yang ada di lamongan ini dibuat dengan bahan dasar seperti perkedel ketela pohon, lontong, tahu, bihun dan daging sapi yang sudah di campur dengan berbagai sayuran seperti daun selada dan kecamba.

3. Nasi Boran

Nasi Boranan adalah salah satu makanan khas lamongan yang paling banyak di gemari, karena dari sisi lokasi sangat mudah sekali untuk ditemui, nasi boran terdiri dari lauk pauk, daging ayam, tahu tempe, ceker ayam, telur dadar dan masih banyak lagi.

Jika anda ingin membeli nasi boran khas lamongan, anda bisa memiliki lauk pauk yang sesuai anda inginkanm misalnya anda ingin membeli ikan telur dadar dan nasi saja maka di perbolehkan. Untuk membeli nasi boran sebaiknya anda membeli dengan menyebutkan seperti contoh : "beli nasi boran 10 ribu ikannya telur dadar", kenapa harus begitu ? karena jika anda tanpa menyebutkan nominal bisa saja anda salah paham, karena harga yang tidak sesuai.

4. Wingko Babat

Makanan khas lamongan yang ke empat yaitu Wingko Babat, makanan satu ini merupakan makanan tradisional dari lamongan yang masih populer sampai saat ini, bahan wingo tersendiri yaitu kelapa, ketan dan beberapa bahan penambah kenikmatannya.

Wingko Babat memiliki cita rasa yang manis dan gurih ketika dimakan. Makanan ini berbentuk bulat dan pipih serta berwarna kecoklatan. Wingko Babat menjadi salah satu oleh-oleh khas lamongan yang patut anda bawa.

5. Perkedel

Perkedel dari lamongan sangat berbeda dengan perkedel pada daerah lain, karena dari bahan pembuatannya perkedel memang dibuat sama. Namun, dari segi penyajian perkedel di lamongan memiliki warna yang kuning dari pada perkedel pada umumnya.

6. Bandeng Colo

Makanan satu ini berupa ikan bandeng yang dihidangkan dengan sup kuning dan sayuran. Makanan satu ini memiliki rasa sedikit pedas dan memiliki rasa yang gurih ketika anda memakannya, Bandeng colo juga bisa di sebut colo-colo karena dari sambal pedasnya yang dicampur dengan rasa masam dari jeruk nipis.

7. Rawon

Rawon khas lamongan merupakan salah satu makanan yang enak di Jawa Timur, bumbunya juga sama dengan daerah lain dengan menggunakan kluwak sebagai pemberi warna hitam pada makanan rawon ini.

Perbedawaan rawon yang ada dilamongan dengan rawon daerah lainnya terletak dari bumbu disajikan. Jika memasak rawon menggunakan kunyi, maka tidak di rawon khas lamongan ini justru ditambahi kunyit.

8. Jumbrek

Jumbrek juga menjadi makanan khas lamongan, makanan satu ini adalah makanan tradisional yang memiliki banyak penggemarnya dari berbagai usia, jumbrek menjadi salah satu jajan tradisional yang dari bahan dasar tepung berah dicampur dengan santan kelapa dan gula jawa. Makanan khas ini biasanya berbentuk kerucut dan dibungkus dengan daun siwalan serta dikukus sampai matang.

Jumbrek ini memiliki rasa yang manis dan tekstur sangat lembut dan ketika dimakan anda bisa menikmati kelezatannya dari jubrek ini.

9. Marning

Marning saya sangat rekomendasikan untuk anda jika mencari oleh-oleh khas lamongan untuk sahabat, saudara dan keluarga yang anda sayang. Oleh-oleh khas lamongan ini dibuat dari bahan jagung yang dikeringkan dahulu kemudian digoreng sampai garing. Marning memiliki rasa yang gurih serta memiliki tekstur yang renyah. Intinya makanan ini cocok dimakan bersama keluarga tersayang.

10. Es Dawet Siwalan

Es Dawet Siwalan minuman khas lamongan yang sangat menyegarkan, minuman satu ini dibuat dari bahan santan kelapa, gula jawa dan tepung beras serta tidak lupa bahan utamanya yaitu siwalan.

Minuman satu ini memiliki rasa yang manis dan sangat segar bagi peminumnya, anda bisa mencobanya ketika berada dilamongan ketika udara yang panas dan anda meminum es dawet siwalan ini, maka anda akan merasakan kesegaran dari es tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada anda, tunggu pembahasan saya tentang makanan khas daerah lainnya hanya masirawan.com

0 Response to "10 Makanan Khas Lamongan Yang Enak Dan Patut Anda Coba"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel