10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Parah Dengan Mudah

10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Parah Dengan Mudah - Aki merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan, hal ini dikarenakan aki salah satunya sumber listrik untuk menghidupkan semua elektronik yang ada di kendaraan, seperti lampu dan lainnya. dan ketika aki rusak atau soakk tentu semua fungsi dari rangkaian elektronik yang ada di kendaraan bisa mati total karena tidak adanya sumber daya listrik.

10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Parah Dengan Mudah

Jagalah kondisi aki kering agar tetap dalam keadaan yang baik karena hal terpenting yang bisa di lakukan agar fungsi utama dari aki tetap bisa di gunakan setiap saat. Dalam sebuah industri otomotif, aki merupakan sumber listrik bertenaga DC yang bisa disebut juga sebagai Aki MF Battery, karena pada dasarnya perawatan aki kering itu sangat mudah sekali.

Karena untuk saat ini banyak pabrik otomotif yang menggunakan aki kering sebagai sumber listrik pada kendaraan mereka. Walau begitu yang namanya barang elektronik tentu memiliki batasan umur, oleh karena itu, anda harus sedikit mengerti bagaimana cara merawat aki dan cara memperbaiki aki kering yang rusak agar bisa digunakan kembali.

Seperti diatas yang saya sampaikan, dalam merawat sebuah aki kering bisa dibilang sangat budah sekali dari pada merawat aki basah. Bahkan ketika anda lupa mengecek pun tidak menjadi masalah, karena aki kering tidak perlu cairan seperti di aki basah. Namun dari harga aki kering tergolong mahal dibandingkan aki basah. Nah bagi anda yang ingin mengetahui untuk cara memperbaiki aki kering silahkan simak dibawah ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

1. Alat dan Bahan

Sebelum lanjut ke bagaimana cara memperbaiki aki kering, sebaiknya anda harus mengetahui dahulu apa saja yang harus di siapkan agar ketika membongkar sebuah aki tidak perlu ribet untuk mencari alat yang akan digunakan untuk memperbaiki nantinya, dan bahan apa saja yang akan diperlukan sebagai berikut :
  1. Untuk memperbaiki aki kering agar berhasil, tentunya anda harus membeli air aki (zuur) dan pastikan air yang dikhususkan mengisi aki baru bukan untuk ditambahkan cairan aki.
  2. Siapkan obeng minus (-) atau anda bisa sediakan pencukit agar untuk membukan tutup aki bagian atas.
  3. Siapkan kain lap untuk digunakan mengelap apabila ada cairan air aki yang menetes atau jatuh ke bagian yang tidak anda inginkan.
  4. Sealent atau anda bisa menggunakan lem tembak/plastik untuk merekatkan bagian tutup aki
  5. Terakhir, sediakan suntikan tinta printer atau sejenisnya untuk digunakan memasukan air zuur kedalam wadah (box) aki kering.
Cek kembali agar tidak ada bahan atau sebuah alat yang tertinggal agar ketika memperbaiki aki kerin bisa berjalan dengan lancar. Jika sudah dipastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah lengkap maka anda bisa lanjut untuk membongkar aki dan bisa mulai untuk memperbaikinya.

2. Melepas Aki dari Mobil atau Motor

Sebelum memperbaiki aki, tentunya anda harus melepas terlebih dahulu aki tersebut dari kendaraan anda. Yang perlu anda perhatikan adalah melepas kutub positif (+) terlebih dahulu di aki mobil/motor. Hal ini bertujuan ketika anda sengaja menjatuhkan kunci dan mengenai bagian kutub negatif (-) dengan kutub positif (+) masih menempel di aki biasanya akan menimbulkan percikan api yang bisa membuat anda menjadi kaget.

3. Siapkan dan Bersihkan

Jika aki kering sudah lepas dari kendaraan motor atau mobil, sebaiknya anda membersihkan bagian luar aki terlebih dahulu, sehingga saat mulai membongkar kotoran yang ada dibagian atas tidak menjatuhi yang tidak seharusnya terkena kotoran tersebut. Adapun cara membersihkannya bisa dibilang sangat mudah karena anda hanya mengusap bagian yang kotor menggunakan kain lap yang sudah disediakan tadi.

4. Membuka Penutup Aki

Cara memperbaiki aki kering yaitu dengan membuka tutup aki bagian atas sampai terbuka. Dalam hal ini bisa menggunakan dengan obeng yang sudah disediakan tadi, namun biasanya penutup ini tergolong sulit karena sangat kencang, oleh karena itu anda harus sabar agar kondisi tidak semakin parah karena adanya kesalahan yang tidak anda inginkan dan mengakibatkan kondisi aki semakin rusak parah.

5. Mengisi Air Aki (Zuur)

Siapkan kain lap dan suntikan yang sudah disediakan pada langkah awal tadi. Jika sudah tersedia, anda bisa cek terlebih dahulu kondisi aki dan pastikan lubang karet pada aki sudah terbuka semuanya. Biasanya dalam hal ini ada 3 sampai 10 lubang karet yang sesuai dengan kapasitar ampere. Lalu bagaimana mengisi air zuur ?

Anda bisa memasukan cairan air (zuur) tersebut ke dalam suntikan dan kemudian masukan ke dalam setiap lubang dengan menyuntikan jarum tadi ke dalam lubang karet sampai 1cm di bawah lubang aki tersebut. Sementara itu, lakukan langkah tersebut hingga lubang karet terisi kembali. Jika semuanya sudah selesai maka tutup kembali bagian lubang karet.

6. Memasang Tutup Aki

Apabila semua lubang karet sudah tertutup seperti semua, anda bisa lakukan pengeleman menggunakan lem yang sudah disediakan untuk menutup kembali penutup yang sudah di buka menggunakan obeng tadi. Pastikan saat mengelem tidak ada bagian yang tertinggal agar tidak ada udara yang bisa masuk atau keluar.

7. Mengisi Daya Listrik Aki

Proses untuk memperbaiki aki selanjutnya adalah dengan mengisi tegangan daya atau bahasa bengkel menyebut dengan setrum aki, perlu anda ketahui, proses ini biasanya ada dua metode yang bisa digunakan untuk mengisi arus listrik pada aki yang sudah diperbaiki. Dua metode tersebut ialah mengisi aki dengan di cas atau disetrum dengan menggunakan jamper.

8. Mengisi Daya dengan di Setrum

Pada setiap bengkel aki biasanya sudah disediakan sebuah alat untuk mengisi arus listrik pada aki, dan sama halnya mengisi daya batre di ponsel, ketika mengisi daya aki kering juga mengunakan alat yang terbuat dari adaptor. Akan tetapi kapasitas amperenya jauh lebih besar dan pengisiannya pun akan cepat.

9. Mengisi Daya dengan Jamper Aki

Untuk melakukan cara ini anda harus menyiapkan aki lain yang dalam keadaan baik, lalu bagaimana caranya ?, caranya cukup mudah sekali karena anda hanya memerlukan jumper aki dengan menggunakan kabel dari kutub (+) aki lain ke kutub (+) aki yang sesudah diperbaiki serta kutub (-) aki lain ke kutub (-) ke aki yang sesudah di perbaiki tadi. Kemudian anda nyalakan mesin dan diamkan 30 menit atau 1 jam.

10. Pengecekan

Pengecekan merupakan cara terakhir, dimana hal ini, anda memerlukan sebuah alat agar mengetahui apakah aki yang telah diperbaiki sudah ada setrum atau belum. Apabila sudah, berarti proses memperbaiki aki kering diatas sudah berhasil. Namun tidak berarti memang aki tersebut sudah harus untuk diganti. Saran saya, apabila cara diatas berhasil dan aki bisa digunakan untuk menyalakan motor atau mobil, sebaiknya dibiarkan selama 15 sampai 30 menit dalam posisi stasioner agar tegangan yang baru bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraan anda.

Mungkin anda sudah bisa memahami cara memperbaiki aki kering yang rusak di kendaraan roda empat maupun roda dua, sebaiknya anda juga harus menjaga keadaan aki agar bisa bertahan lama karena daya tahan dari aki kering tergolong lama dari pada aki basah, hal ini yang menyebabkan aki kering menjadi sangat mahal.

0 Response to "10 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Parah Dengan Mudah"

Posting Komentar

Peraturan dalam berkomentar

1. Dilarang menggunakan kata kotor
2. Gunakan bahasa yang sopan
3. Dilarang menyebarkan SARA
4. Dilarang berkomentar dengan memberikan link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel