Skip to main content

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana Empuk Dan Lembut Terbaru 2019

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana Empuk Dan Lembut Terbaru 2019 - Banyak orang yang bertanya, Bagaimana Cara Membuat Donat Kentang ? Apa Bahan Donat Kentang tepat sekali disini akan berbagi tentang Resep Membuat Donat Kentang Empuk Dan Lembut Anti Bantat, resep donat biasanya menggunakan tepung terigu dengan beberapa tambahan bahan lainnya. Pasti anda sudah pernah dong mencoba donat yang berbahan dari kentang, pasti dijamin empuk, enak dan lezat bagi siapa saja yang ingin memakannya.

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana Empuk Dan Lembut Terbaru 2019

Untuk membuat donat kentang empuk dan lembuh dibilang mudah sedikit susah, bagi yang belum pernah membuat donat kentang bisa saja membuat pusing kepala. Pertama tentu saja yang biasanya membuat gagal adalah dari komposisi dan jumlah bahan yang tidak sesuai. Ada beberapa perbedaan jumlah kentang, tepung, ragi, dan mentega yang memang biasanya digunakan membuat adonan resep donat kentang yang nantinya bisa menjadikan bantat. Kalau donat sudah bantat biasanya yang membuat donat akan malas untuk memakan donat kentang yang sudah dibuat tadi.

Selain bahan yang dipersiapkan untuk membuat donat kentang, tentu ada beberapa hal yang wajib anda ketahui. Misalnya kondisi ragi apakah masih bagus dan bisa membuat adonan kentang menjadi mengembang secara sempurna. Suhu telur ayam juga berpengaruh terhadap adonan untuk pembuatan donat kentang. Suhu kentang juga harus anda perhatikan. Kentang yang hangat juga bisa mempengaruhi ragi sehingga adonan bisa menjadi bantat. Untuk tips dalam membuat donat bisa anda simak dibawah ini.

Tips Rahasia Donat Kentang Anti Bantat


  • Harus menggunakan tepung yang berprotein tinggi. Tepung yang bagus yaitu tepung cakra atau tepung untuk membuat roti atau mie.
  • Telur ayam yang digunakan untuk membuat adonan jangan bersuhu dingin, kalau sudah di masukkan ke dalam kulkas, sebaiknya taruhlah diluar sampai beberapa menit dalam suhu ruangan.
  • Adonan donat diuleni atau diaduk dengan tangan sampai adonan menjadi elastis. Jadi kalau adonan untuk donatnya ditarik tidak akan putus dan bisa melar seperti karet.
  • Jika sudah diuleni/diaduk sebaiknya di diamkan dan tutupi menggunakan serbet kain basah atau plastik supaya adonan donat kentang bisa mengembang secara sempurna.
  • Suhu saat proses membuat donat kentang sangat berpengaruh besar sekali. Semakin dingin suhu didalam ruangan akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sesuaikan saja, sebagai patokan adonan yang mengembang kurang lebih 2 kali sebelum di diamkan.
  • Minyak goreng harus banyak saat akan menggoreng adonan donat, menggunakan api sedang saja supaya donat yang akan dibuat tidak cepat gosong.

Resep/ Bahan-Bahan Donat Kentang Empuk Dan Lembut :

  • Tepung Terigu 1/2kg
  • Kentang 200 gram (kentang sudah dikukus dan dalam keadaan suhu normal)
  • Telur ayam 4 pcs (diambil kuningnya saja)
  • Ragi/ fermipan 11 gram
  • Mentega 75 gram
  • Gula halus 100 gram
  • Garam 1/4 sendok kecil
  • Air dingin 100ml atau secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Susu bubuk

Langkah-langkah Membuat Donat Kentang

  1. Ayak tepung terigu kalau diperlukan sampai halus dan terbebas dari kuman.
  2. Ambil wadah untuk membuat adonan dan masukkan tepung terigu dengan, ragi, gula halus dan susu bubuk. Aduklah dengan menggunakan spatula sampai bahan resep donat kentang merata.
  3. Tuang kentang yang sudah dihaluskan dengan 4 butir kuning telur ayam dan air dingin, kemudian di aduk menggunakan tangan sampai tercampur dengan rata.
  4. Masukan garam dapur dan mentega kemudian diaduk lagi dengan menggunakan tangan sampi benar-benar tercampur dan permukaan adonan sampai terlihat licin.
  5. Diamkan adonan yang sudah kalis supaya mengembang, didiamkan kurang lebih 21 sampai 30 menit. Sebaiknya bagian atas ditutupi menggunakan serbet atau plastik.
  6. Jika sudah, ambil adonan donat kentang secukupnya, lalu bentuk bulatan dan beri lubang di tengahnya seperti bentuk donat pada umumnya.
  7. Ulangi terus sampai adonan resep donat kentang habis, jika semua sudah di bentuk maka tunggu kurang lebih 20 menit sampai 30 menit agar adonan tersebut mengembang dan empuk.
  8. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng donat kentang.
  9. Masukkan donat yang sudah di bentuk kemudian anda goreng sampai berubah warna kecoklatan dan lalu dibalik agar matangnya merata. Sebaiknya ketika menggoreng menggunakan supit sambil agak diputar biar bagian tengan tidak berantakan.
  10. Setelah matang, anda bisa angkat dan tiriskan sebelum ditaburi dengan gula halus.
Itulah cara membuat donat kentang yang empuk dan lembut anti bantat, tidak sulit bukan untuk membuat donat berbahan kentang, anda bisa mempraktekkannya dirumah, jika ada pertanyaan silahkan untuk berkomentar dibawah, atau anda bisa membagikannya di media sosial.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar